Article

Homepage Article Fashion Design Perbedaan Baju Bela Diri…

Perbedaan Baju Bela Diri Untuk Karate, Judo dan Taekwondo

Mengenakan seragam bela diri yang tepat menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam olahraga bela diri. Meski beberapa ada yang terlihat mirip tapi tetap saja baju yang dikenakan dalam tiap-tiap cabang seni bela diri pasti memiliki sejumlah perbedaan yang menunjukkan simbol dari masing-masing jenis bela diri tersebut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Seni Bela Diri

Seni bela diri merupakan satu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang untuk mempertahankan/membela diri karena pada dasarnya manusia mempunyai insting untuk selalu melindungi diri. Dilihat dari sejarahnya pun seni bela diri yang ada di berbagai belahan dunia konon telah lama ada dan terus berkembang dari masa ke masa.

Sebagai salah satu kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh siapapun tanpa mengenal batasan umur, seni bela diri sendiri pada prinsipnya memiliki manfaat yang sangat beragam. Beberapa diantaranya:

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular dan menjaga tekanan darah.
  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh.
  • Membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori lebih cepat.
  • Meningkatkan refleks secara konstan dan berulang.
  • Melindungi diri dari tindak kejahatan yang berbahaya.

Macam-Macam Baju Bela Diri

Berbicara mengenai seni bela diri sahabat Fitinline pasti juga sudah tahu kan kalau sampai saat ini terdapat banyak sekali cabang olahraga bela diri yang bisa anda pelajari. Tapi sebelum mulai mempelajari seni bela diri ada baiknya jika anda mengenal terlebih dahulu jenis-jenis pakaiannya.

Untuk memudahkan anda dalam menemukan pakaian bela diri yang tepat, berikut kami bagikan jenis-jenis baju yang biasa dipakai pada beberapa cabang seni bela diri seperti halnya karate, judo dan taekwondo.

1. Karategi (Karate)

Karategi merupakan baju yang digunakan untuk cabang seni bela diri karate asal Jepang. Ditinjau dari asal bahasanya nama karategi sendiri sebenarnya berasal dari dua kata yaitu karate dan gi (yang berarti baju) jadi karategi itu sendiri artinya adalah baju yang dipergunakan oleh seorang karateka.

  • Dalam istilah karate Jepang, baju karate bisa disebut juga dengan nama “DOGI”.
  • Baju karate didesain seperti “kimono” (pakaian tradisional jepang).
  • Baju karate dapat dibuat dari berbagai macam bahan yang memiliki kekuatan berbeda pula.
  • Warna dasar pakaian resmi karate adalah warna putih.

Baju Bela Diri

Sumber : https://fitinline.com/

Baju yang dipakai untuk bela diri karate umumnya juga dilengkapi juga dengan pelindung tangan, pelindung tulang kering dan juga sabuk yang dinamakan obi.

  • Sabuk ini merupakan suatu benda yang dijadikan sebagai lambang tinggi rendahnya ilmu atau tingkatan seorang karateka.
  • Sabuk karategi tersebut terdiri dari tingkatan pertama yaitu sabuk putih, kemudian lanjut ke sabuk kuning, oranye, hijau, biru, cokelat sementara yang tertinggi warna hitam.

Baju Bela Diri

Sumber : https://www.blibli.com/

Tertarik untuk membuat baju karate sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Baju Karate dari kami Di Sini.

2. Judogi (Judo)

Judogi merupakan baju yang biasa digunakan untuk seni bela diri Judo. Sama halnya dengan karate, seni bela diri ini sebenarnya juga berasal dari negara Jepang tapi pakaian yang dikenakan tetap saja berbeda. Pakaian untuk judo secara umum terdiri dari tiga jenis yaitu umagi (baju), shitabaki (celana) dan obi (sabuk).

Baju Bela Diri

Sumber : https://www.yoryushop.com/

  • Umagi (Baju)

Umagi yang dipakai dalam seni bela diri judo harus menutupi pantat ketika ikat pinggang dikenakan. Antara ujung lengan dengan pergelangan tangan selisih 5–8 cm. Lengan baju panjangnya sedikit lebihnya dari dua pertiga panjang lengan.

  • Shitabaki (Celana)

Celana yang dipakai untuk bela diri judo biasa didesain sedikit longgar. Antara ujung celana dengan pergelangan kaki selisih 5-8 cm.

  • Obi (Sabuk)

Obi alias ikat pinggang yang digunakan untuk bela diri judo harus cukup panjang sehingga masing-masing sisinya menjuntai sekitar 20-30 cm. Warna sabuknya pun bermacam-macam ada oranye, biru, hitam, cokelat, kuning dan merah putih.

Karena baju bela diri judo dirancang untuk menahan benturan tubuh akibat dibanting ke lantai, maka bahan yang dipakai untuk membuatnya kebanyakan lebih tebal dari seragam karate (karategi) atau bela diri yang lain.

Jangan lewatkan juga pembahasan mengenai 3 Jenis Kain Yang Bagus Untuk Membuat Seragam Bela Diri kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis kain yang bisa dipakai untuk membuat baju bela diri.

3. Dobok (Taekwondo)

Dobok merupakan baju yang wajib dikenakan untuk seni bela diri taekwondo yang dieja menjadi “Tae Kwon Do” atau “Taekwon-Do”. Model baju taekwondo sendiri konon terinspirasi dari pakaian tradisional Korea ” Han Dobok ” atau “Han-bok” yang sudah dimodifikasi dengan mengedepankan sisi fleksibilitas.

Baju Bela Diri

Sumber : https://www.ebay.com/

Sebagai atribut penting yang dipakai untuk bela diri taekwondo, dobok alias baju taekwondo sendiri umumnya memiliki 3 pola yang khas yakni:

  • Pola lingkaran (won) yang melambangkan surga terwujud kedalam bentuk bagian pinggang yang melingkar.
  • Pola persegi (bang) yang melambangkan alun-alun atau areal yang luas (bumi) terwujud pada ujung lengan celana yang persegi.
  • Pola segitiga (kak) yang melambangkan manusia terwujud pada bagian pinggul yang berbentuk triangul araes atau segitiga.
  • Ketiga simbol yang diintegrasikan kedalam satu desain baju taekwondo tersebut adalah dasar dari alam semesta (samilshingo) menurut tradisi Korea.

Sebagai atribut penting dalam seni bela diri taekwondo, dobok alias baju taekwondo sebenarnya juga banyak mengalami perkembangan meski tetap mempertahankan bentuk 3 dasarnya. Variasi tersebut terletak pada kerah berbentuk V yang memiliki warna sesuai tingkatan sabuk pemakainya.

  • Kerah putih digunakan untuk peserta penyandang sabuk warna putih hingga merah strip dua.
  • Kerah hitam-merah digunakan untuk peserta penyandang sabuk poom. Tingkat poom adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi masih junior usianya.
  • Kerah hitam digunakan untuk peserta penyandang sabuk hitam.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa jenis pakaian bela diri dan kelengkapannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengenal berbagai macam jenis pakaian bela diri dan mengetahui keunikan yang terdapat didalamnya semoga anda jadi lebih mudah untuk menemukan pakaian bela diri yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai model pakaian bela diri maupun pakaian yang lainnya?. Sekarang sahabat Fitinline tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.