Article

Homepage Article Kain 10 Keistimewaan Baju Olahraga…

10 Keistimewaan Baju Olahraga Yang Dibuat Dari Bahan Spandek

Kain spandek dikenal sebagai salah satu jenis kain yang bisa dipakai untuk membuat berbagai macam keperluan termasuk baju olahraga. Selain menarik dari segi tampilan, baju olahraga yang diciptakan dari kain spandek ini sebenarnya juga menawarkan banyak keunggulan yang mungkin tidak dimiliki bahan lain lho.

Pengertian Bahan Spandek

Bahan spandek yang juga dikenal dengan nama lain elastane dapat dikategorikan kedalam jenis bahan kain yang biasa dibuat dari polimer sintetis seperti nilon atau polyester. Bahan ini umumnya memiliki ciri yang sangat khas yakni bersifat elastis dan dapat meregang hingga mencapai 5 kali dari ukuran aslinya.

Dibuat untuk menggantikan bahan karet, material spandek sendiri sebenarnya tidak dapat berdiri sendiri menjadi sebuah kain tetapi harus dikombinasikan dengan serat katun, rayon, nylon maupun serat lainnya. Meski campurannya cukup bervariasi tapi bahan yang dihasilkan umumnya terkenal sangat kuat, ringan dan fleksibel.

Beberapa karakteristik paling khas dari kain spandek yang membedakannya dengan jenis kain yang lain diantaranya:

  • Bahan kain spandek umumnya cenderung bersifat licin.
  • Bahan kain spandek ada yang tebal dan ada yang tipis. Meskipun tipis namun bahan kain ini kuat dan lebih awet jika dibandingkan dengan jenis bahan katun yang biasa.
  • Bahan spandek cenderung lebih ketat dan bahan kainnya agak panas apabila mengandung polyurethane dalam jumlah tinggi.
  • Bahan spandek lumayan nyaman saat digunakan.
  • Bahan spandek juga memiliki sifat elastis yang tinggi dan tidak membatasi ruang gerak bagi yang memakainya.
  • Bahan spandek mampu mempertahankan ukuran aslinya, sehingga jika direnggangkan tidak akan cepat rusak.
  • Bahan spandek akan menempel pada tubuh, jadi saat dikenakan akan menyesuaikan bentuk tubuh pemakainya.

Kain Spandek Untuk Baju Olahraga

Sebagai salah satu jenis kain yang berkualitas tinggi, material spandek sendiri pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai macam bahan yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Khusus untuk baju olahraga misalnya bisa menggunakan kain hyget spandek dan kain spandek balon. 

1. Kain Hyget Spandek

Kain hyget spandek merupakan salah satu jenis varian dari kain hyget yang memiliki kandungan spandek jadi karakteristiknya sedikit elastis, daya serapnya lebih kecil dibanding dengan kain drifit namun dalam proses pencuciannya mudah atau tidak perlu perawatan khusus.

Kain Spandek

Sumber : https://fitinline.com/

2. Kain Spandek Balon

Kain spandek balon merupakan sejenis kain dengan bahan spandek yang memiliki sifat stretch dan dapat dapat di printing atau di sublim. Kain ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan baselayer maupun innersuit untuk baju olahraga maupun jersey.

Kain Spandek

Sumber : https://fitinline.com/

Berdasarkan tingkat ketebalannya kain spandek balon sendiri umumnya masih dapat dibedakan lagi ke dalam berbagai tingkat ketebalan yang berbeda-beda.

  • Untuk kain spandek balon yang tebal, gramasi atau berat bahan kainnya antara 200 sampai dengan 220 gram/m2.
  • Untuk kain spandek balon yang tipis, gramasi atau berat bahan kainnya antara 150 sampai dengan 200 gram/m2.

3. Kain Spandek Katun

Kain spandek katun merupakan sejenis bahan kain yang dibuat dari campuran serat spandek dan benang katun atau kapas dengan polyurethane. Campuran kedua bahan tersebut akan menghasilkan bahan kain yang cenderung elastis, kuat dan tahan lama.

4. Kain Spandek Rayon

Spandek rayon merupakan sejenis bahan kain yang diperoleh dari campuran serat spandek dan rayon. Kombinasi keduanya menghasilkan jenis kain yang lebih lembut, adem dipakai, menyerap keringat dan lebih fleksibel di badan karena cukup mudah melar.

Selain spandek rayon terdapat pula bahan spandek semi rayon dan spandek rayon yang sama-sama dibuat dari campuran serat spandek dan rayon hanya saja presentase komposisi bahan penyusunnya sedikit berbeda.

5. Kain Spandek Nylon

Kain spandek nylon merupakan bahan kain yang dibuat dari campuran spandek dengan serat nylon. Bahan ini biasanya banyak digunakan sebagai atribut olahraga seperti baju renang dan baju atlet karena bahannya sangat ringan, elastis, lembut dan nyaman dipakai.

6. Kain Spandek PE

Kain spandek PE merupakan bahan kain yang dibuat dari bahan dasar PE (Polyester). Bentuknya sepintas tampal seperti bahan kaos tetapi lebih tipis dan dari segi harga biasanya juga relatif lebih murah.

Butuh bahan kain spandek berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos, baselayer maupun produk baju olahraga yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi kain spandek dari kami.

Kelebihan Baju Olahraga Spandek

Dengan memanfaatkan kain spandek sebagai bahan utamanya, baju olahraga yang dibuat dari kain tersebut jelas memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan pakaian yang dibuat dari bahan lainnya. Beberapa kelebihan dari pakaian spandek yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya yaitu:

1. Memiliki Daya Elastisitas Tinggi

Baju olahraga yang dibuat dari kain spandek sangat nyaman dikenakan karena bahannya mudah melar dan fleksibel. Karena sifatnya yang melar inilah  yang dibuat dari kain spandek sangat cocok diandalkan sebagai baju olahraga.

2. Teksturnya Halus dan Lembut

Baju olahraga yang dibuat dari kain spandek kebanyakan memiliki karakteristik yang halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Dengan karakteristiknya yang halus dan lembut tidak heran jika kemudian banyak orang yang tertarik menggunakan baju spandek sebagai pakaian andalan mereka.

Baju olahraga yang dibuat dari kain spandek bertekstur halus dan lentur.
Tekstur kain spandek yang halus, lembut dan lentur akan memberikan rasa nyaman pada orang yang mengenakannya.

3. Kuat dan Tidak Mudah Rusak

Kelebihan lain yang ditawarkan kain spandek yakni bahannya tergolong kuat dan tidak mudah rusak apabila terkena  keringat, air laut, dan lotion. Selain itu baju olahraga yang dibuat dari kain  spandek umumnya juga tidak mudah rusak meski ditarik karena kain akan kembali ke bentuk aslinya.

4. Bisa Mengikuti Bentuk Tubuh

Baju berbahan spandek memiliki sifat yang sangat fleksible dan jatuhnya bisa mengikuti bentuk tubuh saat digunakan untuk beraktifitas. Dengan karakteristik bahannya yang jatuh saat dipakai baju olahraga yang dihasilkan pasti akan membuat penampilan jadi makin keren.

5. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Baju olahraga yang dibuat dari kain spandek mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna. Selain itu baju yang dihasilkan umumnya juga memiliki kualitas warna yang tidak mudah pudar meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali.

  • Meski sudah dipakai dan dicuci berulang kali warna baju akan tetap terlihat baru dan bagus.
  • Dengan memakai baju berbahan spandek yang bersifat anti pudar anda juga bisa lebih berhemat karena tidak perlu sering-sering membeli baju olahraga yang baru.

6. Bahannya Tidak Menerawang

Baju olahraga yang diciptakan dari material spandek pada prinsipnya memang memiliki karakteristik yang tipis dan ringan. Meski bahannya tergolong tipis dan ringan, akan tetapi tidak menerawang.

7. Tidak Membatasi Ruang Gerak

Sesuai dengan sifat alami bahan spandek yang elastis dan mudah meregang, baju olahraga yang dibuat dengan menggunakan bahan spandek umumnya juga bersifat fleksible dan tidak membatasi ruang gerak saat digunakan.

8. Tidak Mudah Kusut

Baju berbahan spandek dapat dikategorikan ke dalam jenis pakaian yang tidak mudah kusut jadi sangat cocok diandalkan untuk aktifitas olahraga.

  • Kain spandek sendiri memiliki sifat tidak mudah kusut jadi bisa langsung dipakai tanpa perlu disetrika lebih dulu.
  • Sifat tidak mudah kusut yang ada pada baju spandek juga sangat memudahkan para pemakainya untuk memberikan perawatan pada baju olahraga.

9. Perawatannya Cukup Mudah

Mengenai cara perawatannya, baju olahraga yang dibuat dari kain spandek sebenarnya sangat mudah untuk di rawat dan dibersihkan. Untuk mempertahankan kualitas baju olahraga anda bahkan hanya perlu mencucinya secara manual dengan menggunakan tangan dan menjemurnya di tempat yang berangin.

Beberapa langkah sederhana yang bisa anda coba untuk merawat baju olahraga berbahan spandek diantaranya:

  • Segera cuci baju olahraga yang anda miliki setiap kali habis digunakan untuk berolahraga agar tidak bau dan menjadi sarang kuman.
  • Jangan lupa pisahkan baju berbahan spandek yang berwarna dengan yang putih. Begitu pula baju yang mengandung banyak kotoran dengan pakaian yang lebih bersih.
  • Untuk merawat baju olahraga yang dibuat dari bahan kain spandek, anda cukup merendamnya menggunakan detergen kemudian menguceknya secara perlahan.
  • Hindari menyikat pakaian berbahan spandek karena dapat merusak serat kain dan menjadikannya cepat molor.
  • Saat mencuci pakaian spandek anda bisa menambahkan pelembut atau pewangi pakaian agar bahan spandek tetap lembut dan wangi.
  • Hindari penggunaan mesin pengering yang ada dalam mesin cuci. Untuk mengeringkan pakaian spandek jemur dengan posisi yang benar agar warnanya tidak mudah pudar.

10. Lebih Cepat Kering

Selain cara perawatannya cukup mudah proses pengeringan baju olahraga berbahan spandek juga bisa dibilang lebih cepat.

  • Menggunakan baju olahraga yang dibuat dari kain spandek membuat anda lebih hemat energi dan waktu dari mulai menjemur hingga mengangkatnya.
  • Baju olahraga berbahan spandek sangat mudah untuk dikeringkan secara alami dengan memanfaatkan bantuan sinar matahari.

Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita, baju olahraga yang dibuat dari kain spandek sendiri pada dasarnya dapat dijumpai dalam berbagai macam desain yang bervariasi. Beberapa ada yang dibuat untuk baju renang, aerobik, yoga, jersey sepeda serta baselayer.

1. Baju Renang

Baju renang merupakan pakaian olahraga yang didesain secara khusus untuk melakukan aktivitas berenang. Baju renang yang dibuat dari kain spandek inipun umumnya memiliki tingkat keawetan yang cukup lama, tergantung dari kualitas kain spandek itu sendiri.

Berdasarkan desain dan kegunaannya baju renang sendiri secara umum dapat dibedakan ke dalam berbagai macam model dan varian.  Beberapa diantaranya yaitu berupa bikini, tankini, monokini, one piece, surfsuit, burkuni, dan fatkini.

Baju Olahraga

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Simak kembali pembahasan mengenai 7 Model Pakaian Renang Wanita Yang Bisa Anda Pilih Untuk Berenang kalau anda mau tahu lebih detail perbedaan dari tiap-tiap model baju renang tersebut.

2. Baju Aerobik

Baju aerobik merupakan sejenis pakaian yang dapat dipakai untuk mendukung pergerakan dan memaksimalkan efektivitas senam aerobik.

  • Baju aerobik yang dibuat dari kain spandek memiliki tekstur yang licin, ringan, lentur dan terlihat mengilap.
  • Karena tekturnya yang ringan dan lentur, pakaian yang dihasilkan akan memudahkan penggunanya ketika melakukan pergerakan.
  • Baju aerobik berbahan spandek pun tidak mudah berkerut dan elastis mengikuti bentuk tubuh.

Baju Olahraga

Sumber : https://www.blibli.com/

3. Baju Yoga

Baju yoga merupakan sejenis pakaian berbahan elastis yang didesain khusus untuk olahraga yoga, dengan tujuan agar penggunanya bisa lebih leluasa untuk melakukan gerakan-gerakan yoga.

  • Kelenturan bahan menjadi kriteria yang cukup penting agar tubuh lebih leluasa bergerak terutama saat melakukan pose yoga yang sulit.
  • Bahan spandek yang elastis dapat menambah keleluasaan pada pemakainya ketika melakukan aktifitas yoga.
  • Serat kain spandek yang berongga-rongga memungkinkan adanya sirkulasi udara.
  • Bahan spandek yang cepat kering juga akan membuat keringat jadi tidak berbekas di pakaian.

Baju Olahraga

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Jersey Sepeda

Jersey sepeda merupakan salah satu pakaian atau baju yang dirancang secara khusus untuk olahraga bersepeda. 

  • Jersey sepeda efektif digunakan untuk mengurangi hambatan dari udara atau angin.
  • Jersey sepeda dirancang sedemikian rupa dari bahan yang berpori untuk mengeluarkan keringat dan mengalirkan udara panas.
  • Jersey sepeda berguna untuk mengurangi potensi kecelakaan atau cidera yang tidak diinginkan saat bersepeda.

Baju Olahraga

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Baselayer

Baselayer merupakan pakaian dalam yang dibuat untuk menunjang performa olahraga baik untuk para pengendara sepeda, pelari, pesenam, maupun bodybuilder di gym. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan baselayer diantaranya:

  • Baselayer berfungsi untuk menekan otot, meningkatkan peredaran darah ke jantung, mengurangi penumpukan asam laktat (lactic acid) dan memberikan rasa nyaman pada tubuh saat melakukan aktifitas olahraga.
    • Meningkatnya peredaran darah ke jantung akan membuat tubuh  bisa bekerja lebih keras dan lebih lama.
    • Berkurangnya asam laktat membuat tubuhmu lebih cepat pulih.
  • Penggunaan baselayer saat berolahraga akan membuat tubuh lebih berkeringat. Hasilnya kelebihan cairan yang tersangkut pada jaringan, sendi dan rongga antar sel jadi berkurang.
  • Baselayer bisa dipakai untuk mengurangi nyeri dan inflamasi berkat meningkatnya aliran darah ke bagian otot-otot tubuh.
  • Penggunaan baselayer akan membantu mencegah pembengkakan yang berlebihan. Karena seperti yang sudah disebutkan di awal baselayer ini berperan penting untuk menekan otot dan membuatnya lebih kuat.
  • Lebih lanjut baselayer juga bisa dijadikan sebagai semacam stabilizing cast untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan otot-otot tubuh sekaligus mencegah terjadinya cedera saat berolahraga.

Baju Olahraga

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Kekurangan Baju Olahraga Spandek

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya baju olahraga yang dibuat dari kain spandek sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Beberapa kekurangan dari kaos spandek yang perlu anda ketahui di antaranya:

  • Baju berbahan spandek cenderung sangat sensitif terhadap panas. Jadi untuk mempertahankan kualitasnya berhati-hatilah saat menyetrikanya.
  • Baju olahraga yang dibuat dari kain spandek beberapa ada yang tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Akan tetapi hal ini juga tergantung pada komposisi bahan yang dipakai untuk membuat kain spandek.
  • Baju spandek memiliki serat yang cenderung licin dan mudah bau ketika terkena keringat jadi anda harus rajin untuk mencucinya setiap kali habis digunakan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan dari baju olahraga berbahan spandek yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan berbagai macam kelebihan yang dimilikinya, tidak heran jika sekarang banyak pakaian olahraga yang memakai kain spandek sebagai bahan utamanya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju olahraga ataupun pakaian yang lain?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan bahan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.