Article

Homepage Article Fashion Design Kesalahan Memilih Kerah…

Kesalahan Memilih Kerah Baju Yang Bikin Penampilan Gemuk Dan Pendek

Kerah baju dikenal sebagai salah satu bagian penting dari sebuah pakaian yang biasanya tidak luput dari perhatian. Karena alasan itulah dalam memilih sebuah pakaian, alangkah baiknya bila anda juga selalu memperhatikan kesesuaian model kerah dengan bentuk badan agar tampilan akhir yang anda dapatkan jadi lebih proporsional dan menawan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kerah Baju

Kerah baju dapat didefinisikan sebagai bagian dari suatu pakaian yang dijahitkan atau dipasangkan pada garis leher. Bentuk dan model kerah sendiri ada bermacam-macam dan masing-masing memiliki peran yang berbeda tergantung dari model, jenis busana dan kesempatan penggunaan busana.

  • Secara fungsional kerah dapat digunakan untuk menutupi kekurangan tubuh serta melindungi area leher dan bahu dari sengatan sinar matahari dan udara dingin.
  • Secara dekoratif kerah memiliki fungsi sebagai pemanis busana. Kerah dekoratif juga dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir penggunaan aksesoris leher seperti halnya kalung.

Tips Memilih Kerah Baju

Berbicara mengenai kerah baju ternyata ada beberapa model kerah baju, yang justru bisa membuat tubuh terlihat gemuk dan pendek lho. Supaya tidak salah pilih simak pembahasan mengenai macam-macam kerah baju yang sebaiknya anda hindari sekaligus macam-macam kerah baju yang bisa anda pakai supaya terlihat lebih menawan.

Untuk anda yang memiliki tubuh sedikit berisi sebaiknya hindari penggunaan beberapa jenis baju yang berpotongan penuh di bagian leher. Macam-macam kerah baju yang dimaksud yakni berupa kerah crew neck, turtle neck, kerah ruffle dan kerah kemeja full kancing.

1. Kerah Crew Neck

Crew neck merupakan model kerah dengan garis leher berbentuk lingkaran erat di sekitar leher dan biasanya banyak digunakan pada baju-baju basic, seperti t-shirt ataupun sweater. Model kerah yang satu ini dapat membuat leher terlihat lebih pendek sehingga lebih cocok untuk bentuk tubuh lurus dengan leher tinggi.

Kerah Baju

Sumber : https://www.popsugar.com/

2. Kerah Turtleneck

Selain crew neck, hindari juga memakai kerah baju turtleneck karena model kerah semacam ini akan menutupi seluruh area leher sehingga membuat tubuh anda akan terlihat semakin pendek dan memberikan efek mengambang pada tubuh.

Kerah Baju

Sumber : https://www.sepout.com/

3. Ruffle Neck

Ruffle neck merupakan kerah baju yang biasa dibuat dari sepotong kain tekstil yang dikerut pada salah satu sisi dan dijahit pada garis lher busana sementara sisi lainnya dibiarkan bebas.

  • Model ruffle neck sebaiknya juga dihindari karena model kerah baju seperti ini bisa memberikan ilusi tubuh lebih besar.
  • Model baju ruffle biasanya memiliki banyak lipatan dan kerutan, hal inilah yang membuat tubuh jadi terlihat gemuk.

Kerah Baju

Sumber : https://www.saksfifthavenue.com/

4. Kerah Kemeja

Kerah kemeja yang tertutup bisa membuat leher semakin terlihat pendek. Jadi sebaiknya hindari kerah baju seperti ini bila ingin memberikan ilusi tubuh lebih ramping dan tinggi. Solusi lain anda bisa membiarkan beberapa kancing di bagian atas terbuka.

Kerah Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebaliknya untuk memberikan ilusi yang lebih ramping dan proporsional terdapat pula beberapa model kerah baju yang bisa anda pakai. Macam-macam kerah baju yang dimaksud antara lain berupa kerah V-neck, sabrina, scoop neck, sweetheart, square neck dan halter neck.

1. Kerah V-Neck

Kerah V-neck merupakan sejenis model garis leher yang bentuknya lancip dibawah dan melebar dibagian atas menyerupai bentuk huruf V. Efek kerah V pada busana dapat memperlihatkan bentuk leher sehingga tubuh anda terlihat lebih tinggi.

  • Kerah V-neck sangat cocok digunakan untuk orang yang bertubuh besar agar terlihat lebih ramping.
  • Kerah V-neck juga bisa digunakan untuk wanita yang bertubuh mungil.

Potongan leher yang meruncing di bagian bawah mampu memberikan ilusi lebih lebih panjang pada bagian leher dan kesan lebih berisi pada bagian dada.

Kerah Baju

Sumber : https://www.amazon.com/

2. Kerah Sabrina

Untuk memberikan ilusi tubuh lebih tinggi dan ramping anda bisa memilih model kerah sabrina yang didesain terbuka pada bagian bahu.

  • Kerah sabrina atau boat neck sangat cocok dipakai untuk memperlihatkan keindahan bahu anda.
  • Kerah model sabrina juga bisa menutupi lengan besar supaya terlihat lebih ramping.
  • Sangat pas jika dikenakan oleh wanita yang suka dengan tema-tema vintage atau bohemian.

Kerah Baju

Sumber : https://www.torrid.com/

3. Scoop Neck

Model kerah berikutnya yang dapat dipakai agar tubuh tidak terlihat gemuk dan pendek yakni berupa scoop neck.

  • Scoop neck merupakan sejenis kerah dengan garis melengkung berbentuk huruf  U yang agak lebar.
  • Model kerah scoop ini cocok buat pemilik tubuh buah pir karena dapat menyamarkan bahu yang lebar dan menonjolkan lekuk tubuh dengan lebih baik.

Kerah Baju

Sumber : https://www.target.com/

4. Sweetheart Neck

Sweetheart neck atau kerah berbentuk hati cocok digunakan untuk pemilik tubuh mungil agar terlihat lebih tinggi. Selain itu model kerah semacam ini juga cocok dipakai untuk wanita yang tubuhnya berisi karena bisa membuat bentuk tubuh jadi terlihat lebih proposional.

Kerah Baju

Sumber : https://www.dillards.com/

5. Square Neck

Sebagai alternatif lain anda bisa memilih baju yang dilengkapi dengan square neck alias kerah berbentuk kotak, yang juga menjadi trend fashion kekinian.

  • Square neck bisa digunakan untuk membuat tubuh terlihat semakin ramping dan juga tinggi.
  • Square neck bisa dipakai untuk memberikan kesan vintage, tetapi tetap terlihat anggun.
  • Square neck cocok dipakai untuk pemilik tubuh segitiga karena bisa menampilkan area tulang rawan, termasuk tulang leher.

Kerah Baju

Sumber : https://shopee.ph/

6. Halter Neck

Halter neck sebetulnya merupakan model kerah yang dapat dikenakan dengan cara diikatkan pada bagian leher pemakainya sehingga terkesan lebih gaya dan elegan. Penggunaan pakaian dengan model kerah seperti ini dapat membuat leher terlihat lebih panjang.

  • Potongan baju halter neck saat dipakai akan memperlihatkan bahu anda.
  • Model kerah halter neck ini biasanya banyak diaplikasikan blus, tanktop dan juga dress.

Kerah Baju

Sumber : https://www.amazon.com/

Tertarik untuk membuat halter dress sendiri tapi bingung bagaimana cara membuatnya?. Sebagai referensi anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Teknik Menjahit Drawstring Halter Dress.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan mengenai tips memilih macam-macam kerah baju yang ideal dan sesuai dengan bentuk badan yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain memilih warna dan motif yang tepat, kesesuaian kerah dengan bentuk badan juga perlu diperhatikan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.