Article

Homepage Article Fashion Muslim Kreasi Jilbab Satin Velvet…

Kreasi Jilbab Satin Velvet Untuk Tampil Lebih Elegan dan Berkelas

Mau tampil lebih elegan dan berkelas dengan menggunakan jilbab namun masih bingung menentukan bahan yang bagus untuk membuatnya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mendapatkan jilbab yang halus, lembut, tidak mudah kusut dan terkesan jatuh saat digunakan, maka anda bisa memilih jilbab yang dibuat dari kain satin velvet sebagai alternatifnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Satin Velvet

Kain satin velvet termasuk ke dalam jenis kain berbahan dasar 100% serat poliester yang ditenun menggunakan teknik anyaman satin. Selain digunakan sebagai bahan pembuatan gamis, dress, maupun rok panjang kini bahan satin velvet juga sering dimanfaatkan untuk membuat jilbab segi empat bagi para wanita muslim karena memberi kesan yang elegan dan berkelas.

Jilbab Satin Velvet

Sumber : https://fitinline.com/

Anyaman satin atau sateen sendiri diketahui merupakan salah satu anyaman dasar yang cukup populer dalam dunia tekstil. Beberapa ciri paling khas yang membedakan anyaman satin dengan teknik tenunan yang lainya yaitu:

  • Anyaman satin hanya menonjolkan salah satu efek pada permukaan kain, yaitu efek lusi atau efek pakan.
    • Anyaman satin dengan efek lusi dikenal dengan nama satin lusi.
    • Sementara untuk anyaman satin dengan efek pakan biasa disebut sebagai satin pakan.
  • Anyaman satin dapat digunakan pada semua jenis kain dengan kontruksi padat, tetapi kurang sesuai jika digunakan untuk kain dengan kontruksi terbuka atau jarang.
  • Titik-titik silang pada anyaman satin letaknya tersebar dan tidak bersinggungan satu sama lain.

Kelebihan Jilbab Satin Velvet

Sama halnya dengan jilbab segi empat yang dibuat dari kain katun ataupun bahan lainnya, jilbab yang dibuat dari kain satin velvet pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan. Beberapa keunggulan dari jilbab berbahan satin velvet yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Permukaan bagian baik dari jilbab satin velvet bersifat halus, licin dan lebih terkesan doff.
  • Jilbab satin velvet serat kainnya rapat dan tebal sehingga tidak transparan.
  • Jilbab satin velvet memiliki tampilan yang sangat mewah dan elegan.
  • Jilbab satin velvet termasuk kedalam jenis jilbab satin yang tidak panas dipakai.
  • Jilbab satin velvet tidak mudah kusut jadi perawatannya sangatlah mudah.
  • Jilbab satin velvet mempunyai ketebalan yang pas sehingga terkesan lebih jatuh ketika digunakan.
  • Pilihan warna dari jilbab satin velvet sangat banyak dan ketersedian bahannya cukup melimpah.
  • Jilbab satin velvet sangat mudah dipadukan dengan berbagai asesoris maupun bros untuk mempercantik penampilan.

Jilbab Satin Velvet

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat khimar?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Satin Velvet (NGR) kami Di Sini.

Kekurangan Jilbab Satin Velvet

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya jilbab yang dibuat dari kain satin velvetsebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Salah satu diantaranya yakni cenderung sensitif terhadap panas jadi anda perlu berhati-hatilah saat menyetrikanya agar tidak hangus.

Untuk menyetrika jilbab yang terbuat dari bahan satin velvet sebaiknya, gunakan suhu panas yang sedang dan alasi jilbab satin velvet dengan bahan lain di atasnya. Hal ini penting untuk dilakukan agar permukaan jilbab satin velvet tidak bersentuhan dengan panas setrika secara langsung.

Kreasi Jilbab Satin Velvet

Tertarik untuk mengenakan jilbab satin belvet sebagai pelengkap gaya penampilan dalam kesempatan casual, semi formal, dan formal?. Barangkali tutorial jilbab satin velvet yang kami bagikan kali ini bisa membantu anda.

1. Casual Look

Jika anda ingin memakai jilbab satin velvet untuk acara casual anda bisa mengkreasikan jilbab satin velvet dengan cara sebagai berikut.

  • Lipat jilbab segi empat menjadi dua bagian sehingga bentuknya menjadi segitiga. Jika sudah, selanjutnya letakkan jilbab di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang lalu sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Pegang bagian sisi kanan jilbab lalu bawa ke arah pundak kiri. Biarkan bagian ujungnya berada di belakang pundak.
  • Ambil sisi kiri jilbab lalu bawa bagian tersebut melalui depan dada ke arah bahu kanan, kemudian tarik hingga ke atas kepala. Sematkan jarum pentul di bagian atas kepala tersebut.

Jilbab Satin Velvet

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Semi Formal Look

Jika anda ingin memakai jilbab satin velvet untuk acara yang sifatnya semi formal anda bisa mengkreasikan jilbab satin velvet dengan cara sebagai berikut.

  • Lipat jilbab segi empat secara diagonal sehingga bentuknya menjadi segitiga.
  • Letakkan jilbab di atas kepala dengan satu sisi lebih panjang dari sisi lainnya lalu sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Tarik sisi hijab yang lebih panjang ke belakang dan ambil lagi ke depan.
  • Jika sudah ikat helaian hijab tersebut dengan sisi hijab yang lebih pendek di depan hingga membentuk pita atau simpul yang anda inginkan.

Jilbab Satin Velvet

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Formal Look

Jika anda ingin memakai jilbab satin velvet untuk acara yang lebih formal anda bisa mengkreasikan jilbab satin velvet dengan cara sebagai berikut.

  • Lipat jilbab segi empat menjadi dua bagian sehingga bentuknya menjadi segitiga.
  • Letakkan jilbab di atas kepala dengan kedua sisi sama panjang kemudian sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu.
  • Pegang kedua ujung jilbab lalu silangkan di depan dada.
  • Tarik ujung jilbab ke arah belakang leher lalu ikat kedua ujungnya sambil dirapikan ke bagian dalam jilbab.

Jilbab Satin Velvet

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Supaya jilbab satin velvet yang anda pakai hasilnya jadi lebih rapi anda bisa menambahkan ciput yang nyaman untuk membungkus kepala anda. Ciput yang dikenakan bisa berupa ciput anti pusing, ciput anti tembem, ciput anti budeg atau jenis ciput yang lainnya.

Simak juga pembahasan mengenai Kreasi Inner Hijab dan Rekomendasi Bahan Yang Bagus Untuk Membuatnya kalau sahabat Fitinline tertarik untuk membuat kreasi inner hijab sendiri sesuai dengan kebutuhan anda.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan jilbab satin velvet serta cara mudah untuk mengkreasikannya sebagai pelengkap gaya penampilan. Sesuai karakteristik bahannya yang halus, lembut, tidak mudah kusut dan terkesan jatuh, jilbab satin velvet secara umum juga mewarisi sifat-sifat yang ada pada kain tersebut.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.