Article

Homepage Article Kain Penyelesaian Pembuatan Kain…

Penyelesaian Pembuatan Kain Tekstil Dengan Penggarukan

Penggarukan atau raising merupakan salah satu proses penyempurnaan kain secara mekanik yang dilakukan untuk menghasilkan jenis kain tertentu supaya memiliki permukaan yang berbulu halus seperti kain flannel. Jenis kain yang digaruk dapat berupa kain tenun maupun kain rajut. Proses penggarukan yang diterapkan secara keseluruhan bertujuan untuk mengeluarkan bulu-bulu halus atau ujung-ujung serat pada permukaan kain.

Raising

Sumber : http://www.wotol.com/

Meskipun bulu-bulu halus yang dihasilkan dari proses penggarukan sendiri pada dasarnya memiliki bentuk yang berbeda dengan bulu yang terdapat pada beludru, corduroy, handuk, atau permadani. Sebab bulu-bulu yang terdapat pada kain tersebut umumnya dihasilkan oleh proses pertenunan, sedangkan bulu pada kain flannel dihasilkan dari kain yang mengalami proses penggarukan. 

Raising

Sumber : http://www.tygarment.com/

Proses Penggarukan (Raising)

  • Penggarukan dilakukan dengan sikat logam berbentuk silinder.
  • Bagian utama mesin garuk (raising machine) umumnya berbentuk silinder atau tambur besar. Pada bagian permukaan mesin garuk terdapat sikat stainless steel rapat yang tersusun atas kombinasi jarum-jarum lurus dan bengkok.
  • Jarum-jarum bengkok yang terdapat pada mesin garuk berfungsi untuk menggaruk ujung-ujung serat keluar dari permukaan kain.
  • Sedangkan jarum-jarum lurus yang ditempatkan pada mesin garuk dapat difungsikan untuk menyisir bulu-bulu yang timbul sekaligus mengeluarkan kotoran.

Raising

Sumber : http://kunsawill.en.ec21.com/

Raising

Sumber : http://propercloth.com/

Untuk menghasilkan sebuah kain yang berbulu tebal, proses penggarukan dapat dilakukan berkali-kali sesuai kebutuhan. Hal serupa juga dilakukan untuk menghasilkan efek bulu pada kedua permukaan bahan kain dengan tetap memperhatikan tingkat ketebalan bahan dan kerapatan anyaman kain. Sebab proses pengerjaan yang tidak sesuai sangat berpotensi untuk  menimbulkan kerusakan kain.

Raising

Sumber : http://www.trimfabric.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.