Article

Homepage Article Fashion Design Cara Menghilangkan Noda…

Cara Menghilangkan Noda Make Up Pada Pakaian Dengan Mudah

Sering menemukan kesulitan untuk menghilangkan noda make up yang menempel pada pakaian?. Untuk mengatasinya, berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghapus berbagai macam noda make up yang mungkin tanpa sengaja mengotori pakaian.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Make Up

Make up dikenal sebagai salah satu produk kecantikan yang dapat digunakan untuk menyempurnakan penampilan. Dibalik fungsinya yang sedemikian penting ternyata make up juga bisa meninggalkan noda yang tidak diinginkan apabila mengenai pakaian lho.

Biasanya make up yang berminyak bisa menyebabkan noda  paling parah dan tidak diinginkan. Proses pencucian yang kurang tepat bahkan bisa saja malah merusak serat pakaian dan membuat noda make up jadi semakin menyebar.

Membersihkan Noda Make Up

Mau tahu cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda make up yang menempel pada pakaian?. Sebagai referensi anda bisa mencoba tips-tips berikut.

1. Noda Eye Shadows

Untuk membersihkan noda eye shadows pada pakaian misalnya, gunakan tisu basah yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar anda.

  • Caranya hapus noda eye shadows menggunakan kuas terlebih dahulu.
  • Jika sudah selanjutnya gosok noda dengan tisu basah agar pakaian kian bersih.

Make Up

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Noda Blush On

Sama halnya dengan noda eye shadow, untuk membersihkan blush on anda juga bisa memakai tisu basah. Tapi ingat, jangan menggosok noda terlalu keras karena dampaknya bisa memperparah noda atau merusak tekstur pakaian.

Make Up

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Noda Lipstik

Untuk membersihkan noda lipstick anda bisa menggunakan kapas dan alkohol, sabun mandi serta hair spray yang biasa dipakai untuk rambut dengan cara sederhana sebagai berikut.

  • Kapas dan Alkohol

Basahi kapas dengan alkohol kemudian gosokkan pada permukaan pakaian yang bernoda. Setelahnya bilas pakaian dengan air hangat dan cuci seperti biasa.

  • Sabun Mandi

Gosokkan sabun mandi pada permukaan pakaian yang bernoda, kucek hingga berbusa dan noda lipstik menghilang, kemudian cuci  pakaian seperti biasa.

  • Hair Spray

Semprotkan hair spray pada area yang bernoda kemudian biarkan selama 10 menit. Jika sudah bersihkan perlahan dengan spons dan cuci seperti biasa.

Make Up

Sumber : https://shop.wardahbeauty.com/

Selain menggunakan ketiga bahan di atas, anda juga bisa membersihkan noda lipstik dengan bedak bayi, kapur atau baking soda. Bahan-bahan tersebut berfungsi untuk membersihkan sisi minyak dan lilin yang terkandung di dalam lipstik.

Make Up

Sumber : https://www.popsugar.com/

4. Noda Bedak

Bila pakaian anda tanpa sengaja terkena bedak, maka kibaskan terlebih dulu bedak dari pakaian sebelum dibersihkan. Jika sudah sikat secara lembut area yang terkena noda agar tidak mendorong bedak ke dalam serat kain.

Selesai di sikat guyur bagian belakang pakaian yang bernoda dengan air hangat (semakin tinggi tekanan air semakin bagus). Setelah noda berkurang, cuci pakaian seperti biasanya menggunakan deterjen untuk menghilangkan sisa-sisa bedak yang masih tertinggal.

Untuk menghilangkan noda bedak coba juga shaving cream atau krim cukur.

  • Caranya ambil satu lembar kapas kering lalu aplikasikan krim cukur di atasnya.
  • Jika sudah tepuk-tepuk lembut krim cukur pada bagian yang bernoda.
  • Setelah noda berkurang barulah anda bisa mencuci pakaian seperti biasanya menggunakan deterjen.

Make Up

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Noda Foundation

Untuk membersihkan noda foundation yang cukup susah dihilangkan dan sering sekali menempel pada bagian kerah pakaian terapkan cara yang sama seperti membersihkan noda bedak, yakni dengan menggunakan krim cukur.

Tapi bila noda foundation tidak hilang juga, anda dapat mencampurkan sedikit alkohol ke dalam krim cukur lalu mengoleskannya kembali pada pakaian. Biar lebih maksimal setelahnya cuci pakaian seperti biasa dengan menggunakan detergen.

Make Up

Sumber : https://m.toofaced.eu/

Cara kedua gunakan pisau atau sendok untuk lembut mengikis kelebihan foundation, kemudian oleskan es batu untuk mengangkat noda yang tersisa pada pakaian.

Alternatif lain gunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda foundation. Dalam hal ini anda cukup mengucek pakaian yang terkena noda foundation dengan sabun cuci piring lalu bilas dengan air hingga bersih.

6. Noda Maskara

Untuk menghapus noda mascara berbahan dasar minyak yang sulit dihilangkan, bersihkan dengan make up remover (oil free).

  • Caranya tinggal tuangkan saja make up remover pada kapas kering.
  • Tepuk-tepuk noda mascara dengan menggunakan kapas lalu gosok secara perlahan hingga bersih.
  • Setelah selesai bilas pakaian dengan air dingin untuk menghilangkan make up remover yang masih ada pada pakaian.

Make Up

Sumber : https://www.ecco-verde.com/

Selain menggunakan make up remover, coba juga detergen cair untuk membersihkan noda mascara.

  • Caranya siapkan kurang lebih ½ sendok teh detergen cair lalu campur dengan satu cangkir air hangat.
  • Teteskan campuran sabun dan air hangat pada bagian yang kerkena noda.
  • Setelahnya tepuk-tepuk noda dengan menggunakan spons hingga bersih.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa anda coba untuk membersihkan noda make up yang menempel pada pakaian. Meski terkesan sepele ternyata noda dari bedak, foundation, lipstik atau maskara memerlukan cara berbeda dalam mencucinya ya.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa membantu meringankan anda untuk menghapus atau membersihkan noda make up yang tanpa sengaja mengotori pakaian. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Yang pasti begitu menyadari bahwa pakaian anda terkena noda make up, sebaiknya segera bersihkan pakaian yang anda pakai. Sebab jika dibiarkan, yang ada noda akan semakin sulit dihilangkan dan terus membekas di pakaian walau sudah dibersihkan bahkan dicuci berkali-kali.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murh untuk membuat berbagai jenis pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.