Article

Homepage Article Fashion Design Pentingnya Market Researcher…

Pentingnya Market Researcher Dalam Industri Fashion

Market researcher merupakan salah satu profesi yang memiliki peran sangat penting dalam kegiatan bisnis di industri fashion. Untuk anda yang memiliki rasa ingin tahu tentang pekerjaan market researcher langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Market Researcher

Market researcher merupakan profesi yang dilakukan oleh seorang ahli dalam melakukan riset pasar dan menyediakan analisis bagi klien untuk menciptakan suatu produk termasuk produk fashion. Dalam hal ini seorang market researcher biasanya tergabung dalam sebuah perusahaan yang kemudian disewa langsung oleh klien.

Market Researcher

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tanggung Jawab Market Researcher

Layaknya profesi di industri fashion yang lainnya, market researcher pada prinsipnya juga memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri. Tugas dan tanggung jawab dari market researcher di industri fashion diantaranya:

  • Melakukan pengumpulan, pencatatan, dan analisis tentang data kualitatif dan kuantitatif tentang isu-isu yang berhubungan dengan produk fashion dan jasa pemasaran.
  • Mengidentifikasi dan membantu bagaimana dalam mengubah elemen dalam marketing agar berdampak langsung terhadap para pelanggan.
  • Membuat keputusan tentang peluang potensial, pemilihan target pasar, segmentasi pasar, perencanaan dan penerapan program-program pemasaran produk fashion, kinerja pemasaran serta kontrol.
  • Menyusun rencana pemasaran dari sebuah produk fashion yang dihasilkan.
  • Membantu manajemen dalam pengambilan keputusan.
  • Market researcher bisa menjadi penasehat bagi top menegement untuk mengambil keputusan akan produk mereka.
  • Market researcher juga bisa bertindak sebagai perencana atau planner bagi sebuah brand dan kemudian menjadi analis marketing.

Keahlian Yang Harus Dikuasai

Untuk dapat melakukan tugas dan tanggung jawab seperti yang sudah disebutkan di atas tentunya seorang market researcher harus memiliki pengetahuan dan keahlian khusus yang menunjang pekerjaannya tersebut. Beberapa pengetahuan dan keahlian yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kemampuan Statistika

Kemampuan statistika merupakan suatu kemampuan untuk mengerti proses statistik secara keseluruhan diantaranya proses pengambilan data,pem-buatan kuesioner, menentukan variabel dan kemampuan men-jawab permasalahan yang ada.

Market Researcher

Sumber : https://www.cfrinc.net/

Seorang market researcher bisa dikatakan memiliki kemampuan statistika yang mumpuni apabila:

  • Memiliki penalaran yang baik terhadap cara memilih data sehingga dapat digunakan untuk menjawab permasalahan yang ada.
  • Memiliki kemampuan untuk menjawab permasalahan dengan baik berdasarkan data yang ada, dengan cara
  • yang berbeda dan memperoleh hasil yang tidak jauh berbeda.
  • Memiliki pengertian yang baik terhadap proses statistik secara keseluruhan termasuk setiap perhitungan yang
  • terlibat dalam proses tersebut.
  • Memiliki pengertian yang baik terhadap data dan mampu menganalisa data tersebut dengan baik.
  • Memiliki penalaran untuk memecahkan masalah secara statistik berdasarkan data yang ada, dan menginterpretasikannya dalam pengambilan keputusan yang dapat berlaku secara umum.
  • Memiliki penalaran yang lebih luas terhadap statistik dan tidak hanya bergantung pada buku.

2. Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Seorang market researcher juga harus mempelajari tentang bagaimana cara mengasah kemampuan komunikasi yang baik dengan seluruh tim yang terlibat dalam kegiatan riset pasar.

Market Researcher

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Pengetahuan Tentang Ilmu Pemasaran dan Bisnis

Seorang market researcher harus memiliki pengetahuan tentang ilmu pemasaran dan bisnis untuk mempromosikan suatu produk fashion secara maksimal kepada calon konsumen.

4. Pengetahuan Tentang Ilmu Administrasi

Selain memiliki pengetahuan tentang ilmu pemasaran dan bisnis, market reearcher juga harus memiliki pengetahuan tentang ilmu administrasi. Ilmu ini dapat digunakan untuk mengumpulkan dan mengolah data yang nantinya dimanfaatkan untuk perencanaan sebuah kegiatan atau hal tertentu lainnya.

Market Researcher

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Penguasaan Bahasa Asing

Memiliki penguasaan bahasa asing yang baik bisa menjadi nilai lebih bagi seorang market researcher. Karena dengan bahasa asing inilah seorang market researcher dapat bertransaksi secara global.

6. Kemampuan Presentasi

Berikutnya ada kemampuan presentasi yang diperlukan oleh market researcher dalam membuat dan menyampaikan sebuah presentasi dengan efektif dan jelas, baik itu dalam bentuk bentuk lisan dan tertulis.

Market Researcher

Sumber : https://id.pinterest.com/

Presentasi yang disampaikan dalam kegiatan riset pasar sendiri bisa berupa rumusan masalah, tujuan yang ingin dicapai, pengumpulan data, pengolahan data, hingga interpretasi dari hasil market reserach yang diperoleh.

  • Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan pertanyaan yang jelas terhadap hal-hal tertentu, dimana hal ini yang dijadikan sebagai perhatian dan menjadi titik fokus untuk diteliti lebih lanjut.

  • Rumusan Tujuan

Tujuan merupakan ungkapan “mengapa” suatu riset dilakukan. Rumusan tujuan yang jelas dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas keberhasilan proses pemasaran produk.

  • Pengumpulan Data

Pengumpulan data merupakan kegiatan mencari data di lapangan yang akan digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian. Berdasarkan sifatnya data yang digunakan dalam penelitian sendiri dapat dibedakan menjadi dua.

  • Data primer yang diambil langsung dari lapangan.
  • Data sekunder yang diambil dari internet dan sumber lainnya yang relevan.

Dalam riset pemasaran produk fashion sendiri beberapa metode yang bisa digunakan dalam pengumpulan data antara lain berupa:

  • Kuesioner

Kuesioner merupakan metode riset dengan menggunakan formulir yang berisi daftar pertanyaan yang dibutuhkan.

  • Riset Grup

Riset grup merupakan metode riset yang dilakukan dengan diskusi kelompok yang memiliki motivasi sama terhadap suatu hal.

  • Survei

Survey merupakan metode riset yang bersifat acak untuk mendapat gambaran umum yang berkaitan dengan suatu bisnis.

  • Observasi

Observasi merupakan metode riset yang bersifat deskriptif untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan dalam melanjutkan suatu penelitian.

  • Pengolahan Data

Pengolahan data dalam penelitian adalah proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi

  • Laporan Riset

Laporan merupakan suatu kesimpulan serta rekomendasi penelitian yang diberikan kepada pihak manajemen.

  • Dari laporan yang dibuat oleh maarket resarcher, pihak manajemen kemudian akan mengambil keputusan berdasarkan hasil dari interpretasi data sebelumnya.
  • Laporan riset inilah yang akan menjadi standar penelitian oleh para eksekutif dalam mengevaluasi manfaat riset tersebut.

Kesimpulan

Demikian pembasan singkat mengenai sejumlah tanggung jawab dan kualifikasi market researcher yang dapat kami bagikan untuk anda. Yang pasti selain memiliki pengetahuan tentang metode riset pasar, untuk menjadi market researcher yang handal diperlukan pula keahlian lain seperti keterampilan komunikasi dan presentasi yang baik.

Riset pasar sendiri dapat dikatakan sebagai penelitian sistematis yang dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi dan data, pengelolaan data dan interpretasi hasil penelitian.

  • Dengan melakukan riset pasar akan diketahui produk atau jasa yang ditawarkan, di mana produk atau jasa tersebut dibutuhkan dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan para konsumen.
  • Dengan riset pasar dapat diketahui pula seberapa besar pemintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang macam-macam profesi lain yang termasuk ke dalam ruang lingkup dunia mode simak juga pembahasan mengenai 21 Profesi di Dunia Fashion dan Peran Masing-Masing.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.