Article

Homepage Article Fashion Design 21 Profesi di Dunia Fashion…

21 Profesi di Dunia Fashion dan Peran Masing-Masing

Punya ketertarikan tersendiri dengan dunia fashion dan ingin terjun langsung di industri tersebut?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih satu di antara beberapa aneka profesi / pekerjaan yang kami rekomendasikan berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Definisi / Pengertian Dari Profesi

Istilah profesi yang didapat dari serapan sebuah kata dalam bahasa Belanda “professie” dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk pekerjaan yang mengharuskan pelakunya memiliki pengetahuan dan keterampilan tertentu sesuai dengan bidang yang digeluti baik itu melalui pendidikan formal ataupun pengalaman kerja.

Aneka Profesi di Dunia Fashion

Khusus di bidang fashion misalnya, profesi yang berkaitan dengan bidang tersebut sebenarnya tidak hanya terbatas pada mendesain baju dan menata gaya saja, namun di dalamnya tetap dibutuhkan pula peran illustrator, fotografer, model, koreografer, copywriter, researcher, merchandiser dan masih banyak lagi. 

1. Fashion Designer

Fashion designer adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pembuatan karya busana (pakaian dan asesoris/pelengkapnya). Dalam menciptakan dan mengembangkan rancangan busana, wajib bagi seorang fashion designer untuk memiliki kualifikasi sebagai berikut.

  • Punya kreativitas yang tinggi.
  • Memiliki ketrampilan dan kemampuan mewujudkan ide/konsep menjadi produk nyata.
  • Menggabungkan seni, pengetahuan, dan teknologi untuk menciptakan produk baru agar bisa digunakan dan dimanfaatkan orang lain.
  • Melakukan riset mengenai trend mode saat ini maupun yang akan datang.
  • Menentukan fungsi dan nilai jual sebuah produk fashion.

Profesi di Bidang Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Fashion Designer Assistant

Fashion designer assistant (asisten fashion designer) adalah orang yang berperan penting untuk membantu fashion designer dalam merancang busana hingga mempersiapkan pagelaran busana (fashion show). Dengan kata lain tugas utama para asisten designer (asisten fashion designer) yaitu:

  • Mengembangkan garis rancangan menjadi beberapa model busana.
  • Membantu proses pembuatan busana hingga penyelesaiannya.
  • Membantu menyeleksi busana yang akan dikenakan oleh para model.

3. Fashion Forecaster

Fashion forecaster adalah profesi di bidang mode yang memiliki peranan penting dalam memprediksi tren mode atau meramal tren mode yang akan datang.

4. Costume Designer

Costume designer (desainer kostum) adalah orang yang bertugas membuat busana yang dikenakan oleh karakter/pemain/tokoh di dalam film, acara televisi dan teater (pertunjukan drama).

5. Textile Designer

Textile designer adalah orang yang bertugas membuat desain/rancangan motif tekstil/kain. Karenanya textile designer harus mempunyai banyak imajinasi untuk membuat berbagai motif dan pola desain pada kain.

Profesi di Bidang Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Fashion Illustrator

Fashion illustrator adalah orang yang bertugas membuat gambar yang menarik dari sebuah busana / rancangan busana.

Profesi di Bidang Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Fashion Stylist

Fashion stylist atau pengarah gaya adalah orang yang bertugas menentukan konsep berpakaian untuk klien supaya tampil mempesona.

8. Pattern Maker

Pattern maker adalah orang yang bertugas untuk membuat pola busana berdasarkan desain busana yang sudah dibuat sebelumnya.

Profesi di Bidang Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

9. Garment Technologist

Garment technologist adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi keseluruhan proses pembuatan garment (pakaian), mulai dari desain sampai produksi.

10. Fashion Organiser

Fashion organiser adalah orang yang bertugas melakukan perencanaan dan mengkoornidir acara yang berhubungan dengan fashion, seperti fashion show, pembukaan toko pakaian dan lain-lain.

11. Creative Director

Creative director adalah orang yang bertugas memimpin tim kreatif dan bertanggung jawab terhadap hasil konsep kreatif yang dihasilkan oleh tim kreatif.

12. Koreografer Mode

Koroegrafer mode alias sang penggerak keindahan panggung mode adalah orang yang memastikan panggung mode berjalan sukses.

13. Fashion Photographer

Fashion photographer adalah orang yang bertanggung jawab mengambil gambar dan menyajikan gambar busana dengan modelnya menjadi suatu gambar (foto yang harmonis) untuk keperluan iklan, katalog, majalah dan lain-lain.

14. Fashion Model

Fashion model adalah orang yang bertugas untuk memperagakan busana dan menampilkan busana secara menarik untuk kepentingan iklan, promosi, katalog dan lain sebagainya.

Profesi di Bidang Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Buat anda yang ingin menjadi fashion model simak juga pembahasan mengenai 10 Kriteria Yang Harus Anda Penuhi Untuk Menjadi Seorang Model.

15. Fashion Journalist

Fashion journalist adalah orang yang memiliki pekerjaan meliput dan melaporkan hal-hal yang berhubungan dengan fashion. Tak sekadar membuat laporan saja, seorang fashion journalist juga harus memiliki kemampuan menciptakan laporan yang menarik bagi pembaca.

Profesi di Bidang Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

16. Fashion Blogger

Fashion blogger adalah orang yang menulis tentang fashion dan mempublikasikan dan mereview produk fashion di media social / website mereka. Fashion blogger bisa berperan sebagai model, jurnalis dan stylist di industri fashion.

17. Fashion Copywriter

Fashion copywriter adalah orang yang bertugas membuat tulisan, berita di media, kata-kata di media publikasi baik cetak maupun online.

  • Fashion copywriter bertugas untuk menulis atau mengolah konten dengan tujuan mengajak calon konsumen untuk membeli atau memakai produk fashion yang diiklankan.
  • Fashion copywriter memiliki tugas untuk menulis jingle atas sebuah produk baru atau mencetuskan slogan perusahaan yang menarik dan mudah diingat masyarakat.
  • Fashion copywriter bertugas untuk mengolah kata dan kalimat untuk membentuk solgan yang menggerakkan sebuah iklan.

18. Market Researcher

Market researcher adalah orang yang bertugas melakukan penelitian pasar dan menyediakan analisis bagi klien untuk menciptakan suatu produk. Dalam hal ini seorang market researcher akan memberi masukan bagaimana kemudian produk akan diterima oleh pasar.

19. Fashion Merchandiser

Fashion merchandiser adalah orang yang bertugas untuk memprediksi trend yang diminati pelanggan, memesan produk fashion dari fashion designer atau garmen untuk dijual di butik maupun department store.

Selain itu fahion merchandiser juga berperan untuk mengatur tata letak produk agar menarik, memastikan produk tiba tepat waktu dan bekerja dengan tim purchasing atau sales untuk memperkirakan, merencanakan dan mengawasi stok barang.

Lebih jelasnya simak juga pembahasan mengenai Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Fashion Merchandise (MD).

20. Retail Buyer

Retail buyer adalah orang yang bertanggung jawab dalam perencanaan, pemilihan dan pembelian sejumlah barang yang akan dijual di toko retail, termasuk mencari sumber baru dan meninjau barang yang ada untuk memastikan produk yang dimiliki tetap kompetitif.

21. Trend Analyst

Trend analyst adalah orang yang bertugas untuk melakukan research dan mengolah data di bidang fashion. Pekerjaan trend analyst sendiri sepintas hampir mirip dengan fashion forecaster, tapi bedanya trend analyst bekerja berdasarkan data yang ada untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Dalam melakukan pekerjaannya trend analyst dituntut untuk pintar mengikuti perkembangan zaman agar karya yang diciptakannya sesuai dengan trend terkini. Namun disisi lain trend analyst juga harus menghasilkan karya yang tidak terpengaruh zaman alias awet sepanjang masa.

Profesi di Bidang Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa jenis profesi / pekerjaan yang erat kaitannya dengan dunia fashion. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi gambaran kepada anda untuk menentukan dan memilih profesi di bidang fashion, sesuai dengan keterampilan yang anda miliki dan bidang yang anda minati.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.