Article

Homepage Article Fashion Design Style Celana Jeans Pria…

Style Celana Jeans Pria dari Masa ke Masa

Celana Jeans

Sumber : Website m.newsen.com

Hai Liners! Jumpa lagi di Fitinline.com.

Tiba di Indonesia pada hari Kamis (21/09/2022), WayV yang merupakan sub-unit dari idol group NCT menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar. Kehadiran kelima member boy group tersebut menyita perhatian dari banyak kalangan, salah satunya  karena style yang mereka kenakan ketika akan berangkat dari Bandara Incheon, Korea Selatan. Style kelima member WayV yang didominasi dengan celana jeans tersebut menjadi perhatian para penggemar, terutama NCTZen yang merupakan sapaan akrab penggemar boy group NCT.

Beberapa member kedapatan menggunakan celana jeans berwarna abu-abu yang nampak cocok dengan style outfit pria lainnya yang mereka kenakan. Diketahui jika kehadiran kelima member boygroup naungan agensi SM Entertainment  tersebut untuk menghadiri acara Indonesian TV Awards 2022 yang diadakan selama dua hari, yakni dari tanggal 22-23 September 2022.

Celana Jeans

Sumber : Website pixabay.com

Tahu gak sih, Liners? Ternyata penggunaan celana jeans telah ada sejak lama loh!

Seorang pria asal Jerman bernama Levi Strauss merupakan orang pertama yang memulai untuk membuat celana jeans. Di tahun 1847, Levi yang baru saja berusia 20 tahun kala itu pergi ke San Fransisco dengan membawa beberapa potong kain tekstil yang akan ia jual.

Pada masa itu, menjadi penambang merupakan hal yang biasa di Amerika Serikat. Levi yang masih muda mencari peruntungannya dengan menjual kain tekstil yang ia bawa dari Jerman ke para pekerja tambang di Amerika. Kala itu, Levi berhasil menjual semua tekstilnya, kecuali satu bahan yang terbuat dari bahan kanvas.

Dari sisa bahan tersebut, Levi akhirnya membuat beberapa potong celana dan kembali menjualnya ke para penambang emas. Dalam usahanya kali ini, Levi mendapatkan sambutan yang positif dari para penambang. Hal tersebut terjadi karena para penambang menyukai bahan yang ia gunakan untuk membuat celana merupakan bahan yang kuat dan tidak mudah sobek.

Setelah beberapa waktu, Levi akhirnya memutuskan untuk berimprovisasi menggunakan bahan lainnya yang dipesan dari Genoa, Italia. Levi mulai memproduksi celana jeans dalam jumlah yang banyak.

Lalu pada masa perang dunia, minat orang-orang terhadap celana jeans meningkat pesat, bahkan tentara militer Amerika mengenakan celana jeans jika sedang tidak bertugas. Lalu setelah perang dunia berakhir, di tahun 1950-an celana jeans menjadi jenis celana yang wajib dimiliki oleh kalangan muda di Amerika Serikat. Pada saat itu, celana jeans menjadi tren karena artis asal Amerika Serikat, James Dean kedapatan mengenakan celana jeans yang terlihat keren. Hingga pada awal 1970-an, gaya hidup jalanan ala hippie pada akhirnya menciptakan sebuah kreasi baru, yaitu celana jeans yang dihiasi dengan sulaman atau lukisan dari cat. Dan tren tersebut berlangsung hingga saat ini.

Celana jeans memang identik dengan pria. Terbukti dengan sejarah mengenai diproduksinya celana dengan bahan tersebut untuk pertama kalinya, target penjualan celana tersebut dari awal diproduksi untuk para penambang emas di Amerika yang kebanyakan merupakan seorang pria.

Seiring perkembangan zaman, celana jeans juga semakin memiliki banyak model-model menarik yang disesuaikan dengan tren dari masa ke masa. Hal tersebut dapat terlihat pada banyaknya model celana jeans yang terdapat di masa kini. Di antaranya seperti:

Celana Jeans

Sumber : Pinterest.com

Cutbray Jeans

Celana jeans model seperti ini dipopulerkan oleh seorang maestro musik terkenal yaitu, Elvis Presley di tahun 1970-an. Model celana tersebut memiliki bentuk yang melebar ke bawah yang menjadi ciri khas-nya.

Celana Jeans

Sumber : Pinterest.com

Stone Washing Jeans

Pada era 1980-an, trend celana jeans beralih ke model celana jeans dengan motif stone washing. Model celana jeans ini memiliki ciri khas pada warnanya, yaitu ada satu bagian pada celana yang warnanya memudar. Hal ini lantas menjadi alasan mengapa model celana jeans seperti ini menjadi sangat tren kala itu. Salah satunya karena para pria mulai bosan dengan warna jeans yang selalu saja berwarna biru ataupun biru tua.

Celana Jeans

Sumber : Pinterest.com

Carpenter Jeans

Setelah seabad lamanya, yaitu di tahun 1990-an, celana ini menjadi sangat populer di kalangan pria. Model dari celana ini yaitu ada pada jumlah kantong yang terdapat pada celana tersebut.

Celana Jeans

Sumber : Pinterest.com

Baggy Jeans

Selain carpenter jeans, nyatanya baggy jeans juga menjadi sangat populer di era 90-an. Hal ini didasari oleh kemunculan genre musik hip-hop dan RnB yang menjadi sangat populer pada masa itu, sehingga baggy jeans menjadi incaran para pria yang ingin tampil keren.

Celana Jeans

Sumber : Pinterest.com

Low Rise Jeans

Baru pada awal 2000-an, muncul celana jeans dengan model low rise. Model ini hamper sama dengan model celana jeans lainnya, namun potongan pinggangnya jatuh tepat 3cm di bawah pusar atau di bagian panggul yang menjadi ciri khas pada model celana jeans tersebut. Celana ini kemudian digemari karena dapat menampilkan bagian perut bawah serta boxer yang digunakan.

Celana Jeans

Sumber : Pinterest.com

Skinny Jeans

Setelahnya di pertengahan 2000-an,model skinny jeans menjadi sangat popular. Model celana tersebut memiliki ciri khas pada bentuknya yang akan mengikuti lekukan tubuh dari penggunanya.

Celana Jeans

Sumber : Pinterest.com

Ripped Jeans

Pada era ini, trend style celana jeans sobek pria merupakan hal yang sangat populer. Model celana yang memiliki ciri khas dengan adanya sobekan di beberapa bagian ini menjadi sangat populer di kalangan pria di masa kini. Hal tersebut dikarenakan jenis model celana ini dapat memberikan kesan maskulin pada pria yang menggunakannya.

Celana Jeans

Sumber : Pinterest.com

Patchwork Jeans

Model celana jeans ini menjadi sangat ikonik dari masa ke masa. Model celana ini memiliki ciri khas pada aksen tambalan di bagian dengkul atau di bagian lainnya. Biasanya pria yang suka menggunakan model celana seperti ini merupakan pria yang menyukai musik punk.

Celana jeans ternyata telah mengalami berbagai perkembangan dikarenakan tren yang selalu berubah. Hal tersebut terbukti dari banyaknya jenis dan model dari celana jeans sejak dulu hingga kini. Tingginya minat orang-orang terhadap jeans nyatanya juga dipengaruhi oleh tren lainnya yang mengikuti, dan yang paling sering adalah tren musik pada masa tertentu.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.