Article

Homepage Article Jahit Menjahit Pentingnya Jahitan Bartack…

Pentingnya Jahitan Bartack Pada Celana Jeans

Sahabat Fitinline pasti tahu kan jika dalam dunia jahit menjahit itu dikenal banyak sekali model jahitan yang biasa diaplikasikan pada produk pakaian. Untuk memperkuat bagian-bagian yang dianggap sebagai stress point misalnya, pakaian tersebut semestinya harus diselesaikan dengan teknik dan prosedur jahit yang bernama bartack. 

Jahitan Bartack

Sumber : http://closetcasepatterns.com/

Jahitan bartack yang dibuat dengan menggunakan mesin bartack umumnya memiliki pola berbentuk zig-zag dengan kerapatan yang tinggi. Pada produk jeans, jahitan semacam ini biasanya lebih banyak digunakan di bagian front fly, ujung kantong belakang, dan crotch.

Jahitan Bartack

Sumber : http://www.pinsdaddy.com/

Selain memperkuat bagian tertentu dari celana jeans, bartack yang terdapat di bagian front fly sebenarnya juga dapat difungsikan untuk melindungi ristleting dari kerusakan yang mungkin ditimbulkan akibat proses industrial washing atau pencucian di pabrik (enzyme atau stone atau bleach washing). 

Jahitan Bartack

Sumber : http://closetcasepatterns.com/

Disisi lain bartack pengaman juga memiliki kemampuan yang cukup baik untuk mengurangi beban saat penggunaan pakaian sehingga mencegah kerusakan pada kepala ritsleting, gigi ritsleting dan pengunci ritsleting bagian bawah.

Jahitan Bartack

Sumber : https://www.bloglovin.com/

Posisi Bartack Yang Tepat

  • Posisi bartack yang tepat dapat memastikan kepala ritsleting, pengunci bagian bawah dan geligi ritsleting terlindung dari efek pencucian di pabrik.
  • Jarak antara pengunci bagian bawah ritsleting dengan bartack bawah harus setara atau kurang dari 0.5 cm.
  • Jarak antara bartack bawah dengan bartack pengaman pada bagian J-stitch minimal 2 cm untuk memastikan bartack pengaman selalu berada di posisi atas kepala ritsleting saat ritsleting terbuka.

Jahitan Bartack

Sumber : http://www.coatsindustrial.com/

Supaya ritsleting yang terdapat pada celana jeans benar-benar terlindung dari kerusakan, maka ritsleting tersebut semestinya harus selalu ditutup sampai atas sebelum proses washing berlangsung.

Jahitan Bartack

Sumber : https://www.thespruce.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahu kan kalau bartack itu sebenarnya bukan hanya berfungsi sebagai penguat tetapi juga sebagai pelindung ritsleting celana.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain denim berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain denim kami Di Sini.

Kain Denim

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.