Article

Homepage Article Cara Menjahit 5 Cara Menjahit Lurus Dengan…

5 Cara Menjahit Lurus Dengan Rapi Untuk Penjahit Pemula

Kesulitan untuk mendapatkan hasil jahitan yang lurus dan rapi saat belajar menjahit?. Untuk memudahkan anda dalam melakukan kegiatan jahit menjahit, berikut kami bagikan beberapa cara menjahit lurus dengan rapi untuk penjahit pemula yang bisa anda coba.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Kemampuan Menjahit Lurus

Kemampuan menjahit lurus termasuk ke dalam salah satu kemampuan dasar yang wajib dikuasai oleh semua orang ketika terjun di dunia menjahit. Sebab dibandingkan dengan bentuk jahitan yang lainnya seperti jahitan lengkung, zig-zag dan lingkaran, jahitan lurus ini justru lebih banyak digunakan dalam melakukan kegiatan jahit menjahit.

Cara Menjahit Lurus

Lantas bagaimana ya cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membuat jahitan yang lurus dan rapi pada bahan kain?. Untuk anda yang masih suka mengalami kesulitan saat membuat jahitan tersebut, berikut kami bagikan beberapa cara menjahit lurus dan rapi yang mudah untuk anda praktekkan.

1. Gunakan Penanda di Plate Mesin Jahit

Cara menjahit lurus dan rapi yang pertama yaitu gunakan penanda di plate mesin jahit anda. Fungsi utama plate mesin jahit ini yaitu untuk menghitung jarak dari tepi kain ke jahitan yang disebut kampuh atau seam allowance.

Setiap mesin jahit biasanya mempunyai plate yang ada angkanya. Angka-angka inilah yang berfungsi untuk menghitung jarak kampuh.
Jika anda ingin menggunakan plate mesin jahit sebagai penanda tinggal ikuti saja angka yang tertera pada bagian tersebut.

Cara Menjahit Lurus

Sumber : https://www.sewcompare.com/

2. Gunakan Magnetic Seam Guide

Kalau anda sudah menggunakan plate mesin jahit tapi masih belum berhasil membuat jahitan yang lurus maka anda bisa menggunakan alat khusus yang bernama magnetic seam guide.

  • Magnetic seam guide merupakan magnet pembatas jahitan yang umumnya bisa digunakan disemua model mesin jahit.
  • Magnetic seam guide berguna untuk memudahkan seseorang dalam menjahit bahan kain sehingga hasil jahitan yang didapat menjadi lebih rapi.
  • Magnetic seam guide dapat dengan mudah dipasang dan dilepas atau diatur ulang posisinya pada mesin jahit.

Cara Menjahit Lurus

Sumber : https://www.amazon.com/

Adapun cara penggunaan magnetic seam guide ini secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut.

  • Dari titik jatuhnya jarum ukur seberapa lebar kampuh jahitan yang ingin anda buat.
  • Tempatkan magnetic seam guide pada bagian kanan plate mesin jahit sesuai jarak yang sudah anda tetapkan.
  • Untuk memulai jahitan letakkan bahan kain di bawah sepatu jahit, jaga agar tepi kain tetap rata dengan magnetic seam guide agar jahitannya tetap konsisten.
  • Jahit bahan kain secara perlahan dengan tetap memastikan bahwa tidak ada bahan kain yang tergelincir di bawah magnet atau menumpuk.

Cara Menjahit Lurus

Sumber : https://craftygemini.com/

Tak hanya berguna untuk membuat jahitan kampuh yang lurus saja, magnetic seam guide ini juga bisa dijadikan alat bantu untuk membuat jahitan yang rapi pada kampuh lengkung.

3. Gunakan Lakban Yang Berwarna

Berikutnya anda juga bisa menggunakan lakban sebagai alat bantu untuk membuat jahitan yang lurus dan rapi pada bahan kain. Selain praktis dan mudah dibersihkan cara ini juga sangat cocok diterapkan untuk menjahit bahan kain yang kampuh jahitannya sangat lebar.

  • Untuk anda yang mau mencoba cara ini anda bisa memanfaatkan lakban yang berwarna.
  • Potong lalu tempel lakban pada plate secara paralel dengan garis yang ada di plate.
  • Kalo kampuhnya berubah tiap project tinggal cabut dan tempel lagi lakban secara paralel dengan garis di plate mesin jahit.

Cara Menjahit Lurus

Sumber : https://threadistry.com/

4. Buat Garis Bantu Pada Kain

Jika anda sudah mencoba semua cara diatas tapi masih kesulitan untuk membuat garis lurus maka solusi terbaik yang bisa anda lakukan yaitu buat gars bantuk terlebih dahulu pada bahan kain dengan menggunakan kapur jahit.

  • Buat garis bantu pada bagian kain yang hendak anda jahit. Biar lebih terlihat pilih kapur jahit yang warnanya kontras dengan kain.
  • Letakkan kain di bawah sepatu mesin jahit kemudian putar roda imbang dengan menggunakan tangan hingga ujung jarum mesin jahit masuk ke dalam garis pada kain.
  • Pegang bahan kain dengan kedua tangan, setelahnya anda tinggal menjahit lurus bahan kain mengikuti garis bantu yang sudah anda buat.
  • Untuk memulai jahitan tekan perlahan pedal mesin jahit secara perlahan dengan tetap memperhatikan garis bantu pada bahan kainnya.

Cara Menjahit Lurus

Sumber : https://www.thesewingdirectory.co.uk/

5. Gunakan Sepatu Jahit Khusus

Bagi anda yang ingin membuat kreasi patchwork dari bahan kain perca gunakan Sepatu Lurus Jahitan 1/4 Inci (1/4 Inch Seam Presser Foot) sebagai alat bantu untuk membuat jahitan yang lurus, rapi dan konsisten pada bahan kain.

  • Sepatu lurus jahitan 1/4 inci (1/4 inch seam presser foot) sangat berguna untuk membuat jahitan yang jaraknya 1/4 inchi dari tepi kain.
  • Selama tepian kain mengikuti besi hitam yang terdapat pada sepatu jahit, maka jahitan yang dihasilkan akan berjarak 1/4 inchi.

Cara Menjahit Lurus

Sumber : https://janomesewing.com.au/

Untuk menjahit kampuh yang lebih lebar atau justru lebih kecil anda bisa juga menggunakan adjustable guide foot sepatu jahit khusus yang dapat disesuaikan atau diatur pada jarak yang diperlukan dari jarum. Dengan sepatu jahit ini maka anda akan mendapatkan garis jahitan yang sempurna.

Cara Menjahit Lurus

Sumber : https://www.alibaba.com/

Selain menerapkan sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas pastikan posisi duduk anda juga sudah benar saat menjahit.

  • Posisi tubuh yang baik saat menjahit yaitu anda harus duduk tegak di depan mesin jahit.
  • Jarak antara badan dan mesin jahit juga tidak boleh terlalu jauh.
  • Pastikan badan setara atau lurus dengan posisi jarum jahit.
  • Kaki kanan bertumpu pada pedal sementara kaki kiri bertumpu pada samping pedal.

Jika anda masih belajar mengoperasikan mesin jahit, mulaiah menjahit dengan pelan-pelan saja agar anda tidak kehilangan kendali. Dengan menjahit secara perlahan secara tidak langsung anda juga bisa lebih fokus pada bahan kain yang sedang anda jahit.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara menjahit lurus dengan rapi untuk penjahit pemula yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya cara yang bisa anda coba untuk menjahit lurus semoga anda bisa lebih mudah untuk membuat jahitan yang lurus dan rapi pada bahan kain ya.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik yang dapat anda terapkan dalam proses menjahit busana maupun lenan rumah tangga maka anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan Video Tutorial Menjahit dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.