Article

Homepage Article Kain Tekstil Mengubah Limbah Tekstil…

Mengubah Limbah Tekstil Menjadi Benda Hias dan Benda Pakai

Ketika pertama kali mendengar kata "limbah" hal pertama apa yang terlintas dibenak anda?. Mungkin tidak sedikit dari anda ada yang langsung mengaitkannya dengan bahan sisa buangan yang berpotensi besar untuk merusak lingkungan.

Kerajinan Limbah Tekstil

Sumber : http://forum.liputan6.com/

Meski pemikiran seperti ini tidak sepenuhnya salah, namun barangkali anda tidak akan menyangka jika sebenarnya masih ada juga beberapa jenis limbah yang bisa didaur ulang menjadi barang yang bernilai tinggi, salah satunya yaitu berupa limbah tekstil.

Kerajinan Limbah Tekstil

Sumber : http://artenergic.blogspot.co.id/

Limbah tekstil yang dimaksudkan disini yaitu berupa sisa-sisa potongan kain yang dihasilkan oleh buangan industri gramen atau proses produksi konveksi (pakaian). Lantas apa jadinya jika bahan-bahan tersebut kemudian diolah atau didaur ulang kembali?.

Kerajinan Limbah Tekstil

Sumber : http://www.happyquiltingmelissa.com/

Karena pembuatannya yang berbahan dasar limbah maka produk yang dihasilkannya pun kemudian juga dikenal kerajinan limbah tekstil. Berdasarkan jenisnya, produk kerajinan yang dapat dihasilkan dari pengolahan limbah tekstil secara keseluruhan dapat dibagi menjadi dua kategori, benda hias dan benda pakai.

Benda Hias

Benda hias merupakan jenis kerajinan limbah tekstil yang lebih mengutamakan unsur estetika atau keindahannya disamping kegunaannya. Misal gantungan kunci, boneka, dan hiasan dinding. 

Kerajinan Limbah Tekstil

Sumber : https://www.pinterest.com/

Benda Pakai

Benda pakai merupakan jenis kerajinan limbah tekstil yang lebih mengedepankan nilai fungsi dari pada keindahan. Misal taplak meja, tas, dan keset.

Kerajinan Limbah Tekstil

Sumber : https://332lab.wordpress.com/

Kerajinan Limbah Tekstil

Sumber : http://bluesusanmakes.blogspot.co.id/

Untuk menghasilkan produk kerajinan limbah tekstil yang memiliki nilai keindahan sekaligus nilai estetis, dalam pembuatannya seorang pengrajin harus menguasai unsur-unsur seni seperti garis, bentuk, dan komposisi warna. Jika anda tertarik untuk membuatnya anda juga bisa belajar dari teknik dasar kemudian mengembangkannya sesuai ide dan kreatifitas. 

Kerajinan Limbah Tekstil

Sumber : https://www.youtube.com/

Mau tahu lebih banyak lagi tentang bagaimana cara mengolah limbah tekstil tersebut?. Simak kembali pembahasan mengenai 5 Cara Mengolah Limbah Perca Kain.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.