Article

Homepage Article Fashion Design Pengertian, Fungsi dan Manfaat…

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Fashion Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Sebagai bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup seseorang, fashion ternyata memiliki fungsi dan manfaat yang begitu besar bagi kehidupan lho. Untuk anda yang mau tahu lebih detail lagi tentang pengertian fashion, fungsi fashion dan manfaat fashion langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion

Secara etimologi kata fashion sebenarnya berasal dari Bahasa Latin “factio” yang memiliki arti “melakukan”. Kata tersebut kemudian diserap menjadi “fashion” dalam  Bahasa  Inggris  dan secara sederhana dapat diartikan sebagai gaya yang populer dalam suatu budaya untuk menunjang penampilan seseorang.

Pengertian Fashion

Sumber : https://shopee.co.id/

Dalam ruang lingkup yang lebih luas fashion sendiri tidak haya berkaitan dengan gaya dalam berpakaian saja, namun dapat juga dimaknai sebagai gaya hidup seseorang yang ditunjukkan melalui cara mereka dalam mengenakan sepatu, tas dan aksesoris, memilih tatanan atau model rambut serta make up.

Pengertian Fashion

Sumber : https://www.tingzer.top/

Dalam dunia fashion sendiri terdapat pula istilah trend fashion dan style. Berbeda dengan trend fashion yang mudah sekali berubah, style fashion justru seringkali digunakan untuk menonjolkan karakteristik atau ciri khas seseorang dan berlaku untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Pengertian Fashion Menurut Para Ahli

Sebagai salah satu istilah penting yang cukup populer dalam dunia mode pengertian fashion menurut para ahli juga sangat beragam. Pengertian fashion menurut para ahli yang cukup populer diantaranya:

1. Alex Thio

Menurut Alex Thio dalam bukunya Sociology disebutkan “fashion is a great though brief enthusiasm among relatively large number of people for a particular innovation”.

  • Jadi sebenarnya fashion bisa mencakup apa saja yang diikuti oleh banyak orang dan menjadi tren.
  • Fashion juga berkaitan dengan unsur novelty atau kebaruan, karena itu fashion cenderung berumur pendek dan tidak bersifat kekal.

2. Thomas Karlyle

Menurut Thomas Karlyle fashion adalah simbol jiwa. Artinya pakaian yang dikenakan oleh seseorang melambangkan jiwa pemakainya sebagai bagian dari kultur sosial.

3. Malcolm Barnard

Malcolm Barnard mengemukakan bahwa kata fashion terkait erat dengan kata Latin “factio” yang berarti “melakukan”. Karena itu fashion dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang di lakukan seseorang, bukan sebagai sesuatu yang dikenakan seseorang.

4. Roland Barthes

Merujuk  pada teori fashion yang dikemukakan oleh Roland Barthes, fashion dapat diartikan sebagai sebuah  sistem tanda  (signs) untuk  menunjukan siapa  dan  nilai  budaya  apa  yang  dianut oleh seseorang. 

5. Troxell dan Stone

Menurut Troxell dan Stone dalam bukunya Fashion Merchandising, fashion didefinisikan sebagai gaya yang diterima dan digunakan oleh mayoritas anggota sebuah kelompok dalam satu waktu tertentu.

Fungsi dan Manfaat Fashion

Terkait dengan fungsi fashion dalam kehidupan manusia, kini fashion tidak hanya sekedar dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok tapi juga menjadi bagian dari gaya hidup. Dengan banyaknya pilihan mode busana yang ada bahkan setiap orang bisa berpenampilan modis dan trendy sesuai dengan karakter masing-masing.

1. Fashion Sebagai Sarana Komunikasi

Fashion dan pakaian dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi nonverbal untuk menyampaikan identitas pribadi seseorang.

  • Fashion tidak hanya tentang pelindung tubuh tapi juga sebagai fenomena komunikatif.
  • Dari setiap busana yang dikenakan setiap orang terkandung pesan-pesan yang secara nonverbal disampaikan kepada orang lain yang melihat,
  • Fashion bisa membuat orang lain berkesimpulan tentang siapa melalui apa yang dikenakan.
  • Dengan fashion pula seseorang dapat dinilai kelas sosialnya sesuai dengan apa yang mereka.

2. Fashion Sebagai Penanda Kelas Sosial

Fashion dan pakaian merupakan bagian dari proses yang didalamnya dikonstruksi pengalaman   kelompok-kelompok   sosial   atas   tatanan sosial.

  • Fashion sendiri merupakan obyek yang sarat dengan citra dan gaya hidup.
  • Fashion dapat dijadikan sebagai salah satu cara bagi seseorang untuk masuk dan dianggap sebagai bagian dari kelas sosial tertentu.

Sebagai penanda kelas sosial, banyak orang yang memakai baju bukan semata-semata karena nilai gunanya (use value) tetapi karena adanya nilai atau citra tertentu yang ingin dicapai dengan memakai busana tersebut.

3. Fashion Sebagai Identitas Diri

Fashion menjadi  salah  satu  cara bagi  kelompok atau individu untuk  mendefinisikan  identitas mereka.

  • Fashion menjadi ciri, identitas dan kepribadian dari pemakainya.
  • Fashion bisa membuat seseorang lebih yakin dengan penampilan mereka sendiri dan lebih percaya diri.

Adapun beberapa manfaat fashion dalam kehidupan manusia yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Sebagai Bentuk Ekspresi Diri

Fashion sebagai ekspresi diri memiliki manfaat yang sangat besar untuk mengkomunikasikan nilai, status, kepribadian, identitas dan perasaan kepada orang lain.

  • Fashion bisa mengekspresikan sesuatu yang tidak terucap secara verbal.
  • Fashion juga seringkali digunakan untuk menunjukkan identitas personal dari individu yang bersangkutan.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Fashion secara psikologis dapat membangun dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri yaitu dengan mengenakan pakaian yang bagus dan nyaman.

  • Rasa percaya diri akan mempengaruhi semangat seseorang dalam mengerjakan berbagai macam pekerjaan dan beraktivitas.
  • Selain menarik dari segi tampilan memilih pakaian yang nyamanan juga sangat penting untuk membangun kepercayaan diri anda.

3. Menjadi Sumber Daya Tarik

Fashion bisa menjadi sumber daya tarik yang membuat seseorang merasa nyaman saat bicara dan dekat dengan orang lainnya.

4. Menjadi Sumber Kebahagiaan

Selain menumbuhkan rasa percaya diri, fashion juga bisa menjadi sumber kebahagiaan pada orang yang mengenakannya. Dengan perasaan yang bahagia tentunya seseorang akan sangat terbantu ketika harus berinteraksi dengan orang lain.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian fashion, fungsi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kami rangkum untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang istilah penting yang biasa digunakan dalam dunia fashion simak terus artikel dari kami ya.

Dari penjelasan di atas bisa dilihat dengan jelas bukan, bahwa fashion ternyata dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi banyak orang. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, manfaat fashion juga bisa anda rasakan ketika tengah melakukan interaksi dengan orang lain.

Tertarik untuk membuat baju sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat pola dan menjahitnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mendownlod Pola Baju siap pakai dan Video Tutorial Menjahit dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.