Article

Homepage Article Fashion Design Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis…

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Busana Untuk Pertunjukan Teater

Busana teater memiliki peranan penting untuk memperkuat pendalaman karakter bagi para aktor yang terlibat pada suatu pertunjukan teater. Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis busana yang biasa digunakan dalam pertunjukan teater itu sendiri langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Busana Teater

Busana teater dapat didefinisikan sebagai segala perlengkapan yang didesain khusus untuk menggambarkan tokoh atau para pemain teater, termasuk segala asesoris seperti topi, sepatu, syal, kalung, gelang, mahkota dan segala unsur yang melekat pada pakaian.

Busana Teater

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Fungsi Penting Busana Teter

Selain melindungi tubuh, mencitrakan kesopanan dan memenuhi hasrat manusia akan keindahan busana teater sendiri pada prinspinya juga memiliki fungsi yang lebih kompleks. Beberapa diantaranya:

1. Mencitrakan Keindahan Penampilan

Busana teater berfungsi sebagai bentuk ekspresi untuk mencitrakan keindahan penampilan, karena pementasan teater pada prinsipnya merupakan suatu tontonan yang mengandung aspek keindahan.

2. Menghidupkan Karakter Aktor

Busana teater memiliki peranan penting untuk menggambarkan atau menunjukkan siapa peran yang dimainkan oleh seorang pemain teater bahkan sebelum mereka berdialog. Busana juga bisa menunjukkan umur, status kebangsaan dan sosial, serta kepribadian pemakainya.

Busana Teater

Sumber : https://northshorecenter.org/

3. Membedakan Aktor Satu dan Yang Lain

Busana teater berperan penting untuk membedakan antara satu aktor dengan aktor lainnya yang terlibat dalam pementasan teater sesuai dengan karakter tokoh yang diperankannya. Karenanya warna dan gaya tata busana harus dapat membedakan peranan pemakainya.

4. Memudahkan Penonton Menangkap Karakter Tokoh

Selain membedakan aktor satu dengan yang lain, busana teater juga diperlukan untuk mempermudah penonton dalam menangkap karakter tiap tokoh.

  • Busana yang tampak pertama kali akan membantu menggariskan karakter pemain selama pertunjukan.
  • Pemilihan busana yang tepat akan membuat pemeran lebih dikenal penonton melalui penampilannya bahkan sebelum mereka mulai memainkan dialog.

Busana Teater

Sumber : https://www.ebay.com/

5. Memberikan Efek Gerak Pemain

Busana teater juga berfungsi untuk memberikan efek dramatik pada sebuah adegan teater yang diperankan oleh para aktor. Busana harus bisa menambah efek visual gerak, keindahan, dan menyenangkan dilihat dari berbagai posisi pemain.

6. Memberi Ruang Gerak Pemain

Berikutnya busana teater juga memiliki fungsi penting untuk memberikan ruang gerak kepada pemain dalam mengekspresikan karakternya secara maksimal.

Busana Teater

Sumber : https://www.brendabrandley.com/

Jenis-Jenis Busana Teater

Untuk mendukung karakter yang diperankan oleh para pemain teater, busana atau kostum yang dapat dipakai dalam pertunjukan teater sendiri secara umum dapat diklasifikasikan dalam berbagai tipe yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa: 

1. Busana Sehari-Hari

Busana sehari-hari merupakan sejenis busana yang desainnya kurang lebih hampir sama dengan busana yang dipakai dalam kehidupan keseharian masyarakat.

  • Dalam pertunjukan teater busana sehari-hari dapat dikenakan untuk menunjukkan tingkat sosial seseorang yang memakainya.
  • Busana sehari-hari juga memiliki bentuk yang beragam, tergantung dari tingkat sosial masyarakat memakai.
  • Busana sehari-hari banyak dipakai dalam pementasan teater realis atau pertunjukan yang menggambarkan tentang kenyataan kehidupan untuk dipertontonkan di atas panggung.

2. Busana Tradisional

Busana tradisional merupakan sejenis busana yang mencerminkan karakteristik suatu kelompok masyarakat dan membedakan dengan kelompok masyarakat lain, karena pada prinsipnya setiap masyarakat memiliki busana tradisionalyang sesuai dengan kebudayaannya sendiri.

  • Busana tradisional seringkali berlatar belakang sejarah terutama yang berhubungan dengan karakter tradisional, periode dan tempat khusus.
  • Busana tradisional dapat menunjukkan status sosial, perkawinan atau agama.

3. Busana Nasional

Busana nasional merupakan seperangkat busana yang sudah disepakati bersama oleh para ahli busana sebagai identitas bangsa yang bersangkutan.

Dalam kehidupan sehari-hari busana nasional bisa dikenakan di seluruh acara, mulai dari santai maupun resmi seperti agenda kenegaraan atau cuma sekedar jalan-jalan.
Sementara dalam pertunjukan teater busana nasional bisa dipakai untuk menggambarkan karakter pemain teater.

Busana Teater

Sumber : https://japan-beyond.com/

Beberapa contoh busana nasional yang dimaksud misalnya saja:

  • Sari untuk perempuan India.
  • Kimono dari Jepang.
  • Hanbok dari Korea.
  • Kain dan kebaya dari Indonesia.

Busana Teater

Sumber : https://blog.roomme.id/

Simak juga pembahasan mengenai 7 Model Kebaya Masa Kini Yang Bisa Jadi Inspirasi Gaya Busana kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis kebaya yang berkembang di Indonesia.

Kalau anda mau membuat kebaya sendiri tapi masih belum mahir membuat polanya anda juga bisa mendownload pola kebaya siap pakai yang kami miliki.

4. Busana Historis / Sejarah

Busana historis atau busana sejarah merupakan sejenis busana yang secara spesifik didesain untuk  mencerminkan jaman tertentu dari suatu masa. Untuk membuatnya terlihat nyata, para penata busana perlu mempelajari konvensi busana pada masa dimana peristiwa dalam naskah terjadi.

  • Busana historis atau busana sejarah sering dipakai ketika pertunjukan mengangkat lakon-lakon sejarah.
  • Busana sejarah terikat dengan masa tertentu sesuai cerita yang tertulis dalam naskah teater.

5. Busana Fantasi

Busana fantasi merupakan sejenis busana yang lahir dari imajinasi dan fantasi perancang busana / fashion designer. Busana fantasi ini juga dimaksudkan untuk menggambarakan tokoh-tokoh teater yang tidak nyata dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tokoh bidadari, malaikat, atau dewa.

Busana Teater

Sumber : https://armstreet.com/

Simak juga pembahasan mengenai Ciri Paling Khas Dari Busana Fantasi dan Busana Kreasi kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang perbedaan antara busana fantasi dan busana kreasi.

Cara Merancang Busana Teater

Berkesempatan untuk terlibat langsung dalam proses pembuatan busana teater?. Untuk menghasilkan busana teater yang tidak hanya indah dipandang tapi juga bisa menggambarkan karakter pemakainya dengan jelas, penting bagi anda untuk mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam merancang busana teater.

Dalam merancang busana untuk pertunjukan teater sendiri beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya:

  • Pelajari naskah yang akan dipentaskan dalam pertunjukan teater.
  • Identifikasi ada berapa macam busana yang digunakan dalam naskah tersebut.
  • Buatlah gambar sketsa busana sesuai keterangan yang ada di dalan naskah.
  • Buatlah gambar rancangan tata busana dan aksesorinya serta keterangan ukuran yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam membuat busana teater.
  • Gambar rancangan harus mengacu pada prinsip-prinsip fungsi tata busana dalam pementasan.
  • Warnai gambar rancangan sesuai dengan tata busana yang akan diwujudkan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis busana yang dapat digunakan dalam pertunjukan teater lengkap dengan fungsi masing-masing. Yang pasti dengan adanya busana tersebutm para penonton dapat dengan mudah mengenali karakter setiap pemain saat menyaksikan pertunjukan teater yang sedang berlangsung.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.