Article

Homepage Article Desain Fesyen Tips Membuat Mood Board…

Tips Membuat Mood Board Desain Baju Dengan Cara Manual dan Digital Yang Bisa Anda Coba

Berencana untuk membuat desain baju sendiri tapi masih bingung bentuk, bahan dan warnanya mau dibuat seperti apa?. Khusus untuk anda yang ingin menekuni lebih dalam lagi tentang dunia fashion desain maka anda bisa belajar membuat mood board mulai dari sekarang sebagai langkah awal proses mendesain baju.

Untuk mengetahui seberapa pentingnya mood board bagi seorang desainer, fungsi mood board, manfaat mood board serta cara pembuatan moodbord yang praktis dan mudah anda bisa menyimak pembahasan berikut. Tapi sebelumnya cari tahu dulu yuk pengertian dari mood board itu sendiri.

Pengertian Mood Board

Mood board merupakan analisis trend visual yang dibuat dari komposisi gambar, kliping atau sketsa dengan warna dan tema tertentu yang nantinya akan diwujudkan menjadi suatu karya. Tujuan utama dari pembuatan mood board yaitu sebagai panduan dalam proses kreativitas sehingga karya yang dibuat tidak menyimpang dari tema yang telah ditentukan. 

Mood Board

Sumber : https://shallowandmaterialistic.com/

Mood board bisa diartikan juga sebagai cara yang bagus bagi desainer untuk menyajikan apa yang mereka ambil dalam sebuah tema untuk klien. Dengan menuangkan ide-ide yang cemerlang ke dalam mood board, maka desainer dapat memastikan bahwa klien mereka menyukai ide-ide tersebut. 

Mood Board

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kelebihan dari sebuah moodboard yaitu dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah dan meluruskan kesalahpahaman. Harganya relatif murah, mudah didapat serta mudah digunakan, tanpa memerlukan peralatan khusus. 

Mood Board

Sumber : https://www.rnz.de/

Berdasarkan desain dan kegunaannya mood board sendiri dapat digunakan pada berbagai bidang, seperti desain fashion dan desain interior. Khusus untuk bidang fashion misalnya isi atau materi yang dimuat dalam sebuah mood board secara umum tidak jauh-jauh dari beberapa hal berikut.

  1. Tema dan karakter yang akan diangkat dalam sebuah karya desain baju.
  2. Penggayaan busana yang sedang trend (image style).
  3. Komposisi warna yang akan digunakan dalam pembuatan desain busana (image colour).
  4. Corak bahan bila akan mengangkat corak tertentu pada koleksi yang akan dibuat.

Mood Board

Sumber : https://shallowandmaterialistic.com/

Tema yang dijadikan sebagai sumber ide dalam proses kreatifitas seorang fashion desainer bisa bermacam-macam. Misalnya saja tema yang berbau tradisional, modern, etnik ataupun budaya kontemporer yang mengacu pada trend yang berkembang pada masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. 

Mood Board

Sumber : http://claudiabartelle.com.br/

Bila anda ingin membuat mood board yang sesuai dengan trend masa kini misalnya, maka anda bisa memasukkan unsur warna living coral yang juga menjadi salah satu trend warna baru dalam dunia fashion 2019 sebagai point atau fokus utama dari mood board yang anda buat kemudian padukan dengan warna lain yang bersesuaian. 

Mood Board

Sumber : https://sarahhearts.com/

Living coral ini secara umum digambarkan sebagai unsur warna yang unik karena tampilannya terkesan sangat kuat namun juga memiliki sisi lembut, mellow tetapi tetap memberikan kehangatan dan keoptimisan di sela-sela lingkungan hidup yang terus berubah. Sangat cocok jika disebut sebagai penyeimbang yang harmonis antara alam dan teknologi.

Mood Board

Sumber : https://lifewithlaura.co.nz/

Fungsi Mood Board

Sebagai bagian dari media pembelajaran desain sebuah mood board pada prinsipnya juga memiliki fungsi yang sangat penting lho. Selain digunakan sebagai panduan dalam dalam proses kreativitas beberapa fungsi penting dari mood board yang perlu anda ketahui diantaranya:

  1. Memberikan gambaran mengenai tujuan dan manfaat yang akan diperoleh dari karya yang hendak dibuat.
  2. Sebagai media perencanaan pada pelaksanaan industri busana dan kriya tekstil seperti garmen dan butik.
  3. Moodboard akan mengungkapkan gambaran awal bagaimana suasana, warna dan tema desain baju yang akan diwujudkan.
  4. Merumuskan berbagai macam ide dan gagasan yang semula bersifat abstrak menjadi sebuah karya yang bersifat konkret.
  5. Mood board dapat digunakan sebagai langkah awal untuk menumbuhkan kepercayaan klien. Mood board yang baik akan membuat seorang desainer terlihat lebih professional.
  6. Mood board juga dapat digunakan sebagai panduan untuk mengembangkan suatu desain terkait dengan apa yang diinginkan oleh klien.

Mood Board

Sumber : https://www.flexiform.co.uk/

Manfaat Mood Board

Dengan digunakannya mood board sebagai media pembelajaran dan perencanaan, seorang fashion desainer maupun orang yang belajar di bidang busana dapat menyajikan suatu rancangan desain yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari adanya sebuah mood board diantaranya:

  1. Membantu mengarahkan fashion desainer dalam membuat desain baju dari awal hingga akhir.
    • Mulai dari penentuan tema atau judul desain baju.
    • Mencari dan mengumpulkan gambar-gambar yang sesuai dengan tema atau judul desain baju.
    • Membuat produk baju sesuai tema rancangan desain.
  2. Mengembangkan kemampuan kognitif seorang desainer baju, karena dengan membuat mood board seorang desainer dapat mengembangkan kemampuan imajinasinya.
  3. Melatih kemampuan afektif atau emosional dalam proses pembuatan desain baju melalui mooboard sebagai media.
  4. Melatih keterampilan psikomotor (motorik) fashion desainer atau orang yang belajar di bidang busana dalam menyusun potongan-potongan gambar, membuat desain baju dan menciptakan karya yang nyata.

Mood Board

Sumber : http://blog.warwick.com.au/

Proses Pembuatan Mood Board

Melalui lambang-lambang visual yang ditampilkan, mood board secara umum dapat memberikan pemahaman mengenai desain yang akan dibuat. Proses pembuatannya sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, pertama melalui cara manual yakni menempelkan gambar pada papan atau kertas dan yang kedua melalui media digital.

Untuk membuat mood board secara manual, media yang dapat digunakan pun beragam dan tidak sulit menemukan alat-alatnya. Sahabat Fitinline hanya perlu mempersiapkan karton, papan kayu tipis, frame, gunting, lem perekat, serta foto-foto apa saja yang bisa mendatangkan ide dalam mendesain busana.

Sebagai referensi untuk menentukan ide dari desain yang akan dibuat, mood board dapat diciptakan dengan mempergunakan guntingan-guntingan gambaran yang diperoleh dari majalah (style magazine) maupun gambar-gambar desain karya desainer. Kualitas gambar yang anda pilih sangat menentukan kualitas mood board yang dihasilkan.

Untuk membuat personal mood board anda bisa mulai mengumpulkan setumpuk majalah  lalu merobek dan potong apa pun yang menurut anda menarik. Dengan menciptakan mood board sendiri secara tidak langsung anda juga bisa belajar lebih tentang diri dan gaya yang sesuai dengan kepribadian anda.

Dari berbagai macam foto-foto, bahan dan warna yang telah didapatkan, selanjutnya anda tinggal mengumpulkannya menjadi satu, menempelnya, bahkan menghiasnya sesuai kreatifitas anda. Bila diurutkan satu per satu, langkah-langkah yang harus dilalui dalam membuat mood board tersebut bisa digambarkan sebagai berikut:

  • Menentukan tema atau judul desain.
  • Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat mood board. Beberapa alat dan bahan yang dimaksud diantaranya:
    • Kertas karton berukuran 40 cm x 40 cm atau 30 cm x 50 cm. Bisa juga menggunakan media berupa papan kayu tipis untuk menempelkan gambar dan juga foto-foto.
    • Lem kertas untuk merekatkan gambar ke kertas atau papan kayu.
    • Alat tulis dan alat mengambar yang dapat mendukung estetika penampilan mood board.
    • Gunting untuk memotong kertas.
    • Potongan gambar yang memiliki keterkaitan satu sama lain dalam satu tema.
  • Setelah menentukan tema, sekarang anda bisa mulai mengumpulkan berbagai elemen penyusun mood board. Misal anda ingin membuat mood board dengan tema “living coral” maka anda bisa mengumpulkan berbagai elemen pendukung untuk mood board yang ingin anda buat.

Mood Board

Sumber : https://www.hearthomemag.co.uk/

  • Selesai mengumpulkan gambar anda tinggal menggunting gambar-gambar tersebut satu demi satu. Kalau anda menemukan kata-kata yang sekiranya menarik dan sesuai dengan tema desain anda juga bisa memasukkannya ke dalam mood board.
  • Susun dan tempelkan potongan gambar-gambar pada papan atau karton yang berukuran besar sesuai tema yang sudah anda ditentukan. Jangan lupa untuk selalu konsisten dengan tema.
  • Setelah gambar disusun dengan rapi maka akan terbentuklah sebuah mood board yang sesuai dengan tema desain anda.
  • Jika referesi gambar yang anda kumpulkan belum menggambarkan tema desain secara jelas, maka anda perlu menambahkan sedikit keterangan sebagai informasinya.
  • Setelah mood board jadi anda bisa membayangkan akan seperti apa hasil busana yang nantinya akan didapatkan.

Mood Board

Sumber : https://scrapgirls.com/

Punya banyak karya desain yang keren-keren tapi masih bingung dimana anda hendak mempublikasikannya?. Bagikan saja desain baju kamu Di Sini.

Selain menerapkan langkah-langkah di atas anda juga bisa membuat mood board secara digital lho. Jika mood board sebelumnya dibuat dari sekumpulan gambar majalah, maka untuk mood board digital ini gambar yang digunakan berupa gambar komputer atau gambar yang didapat dari website internet.

Langkah-langkah pembuatan mood board secara digital secara singkat dapat digambarkan sebagai berikut.

  • Menentukan tema atau judul desain baju.
  • Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat mood board. Beberapa alat dan bahan yang dimaksud diantaranya:
    • Software untuk mengedit gambar atau foto seperti adobe photoshop, corel dan lain-lain.
    • Aplikasi untuk membuat kolase gambar atau foto seperti photogrid, photo collage, picasa dan lain-lain.
    • Gambar-gambar yang mendukung desain anda.
  • Cari gambar paling menarik yang bisa anda jadikan sebagai pusat perhatian mood boardnya.
  • Browsing di pinterest atau situs website lainnya untuk mencari gambar yang mendukung tema mood board secara keseluruhan. Kalau sahabat Fitinline bingung mau memakai gambar apa anda bisa menjadikan warna sebagai kata kuncinya, misal “living coral” yang baru-baru ini sedang trend.

Mood Board

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Mengetahui pattern (motif) apa yang ingin anda tampilkan juga sangat penting, jangan sampai anda hanya memikirkan warna saja tanpa memikirkan pattern.
  • Kumpulkan gambar sebanyak yang anda bisa, jika sudah seleksi gambar tersebut sesuai dengan kebutuhan. Jika diperlukan anda bisa mengeditnya lebih dulu dengan software untuk mengedit gambar atau foto baru dibuat kolase.

Mood Board

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Selesai mengumpulkan gambar, anda bisa menyusun gambar tersebut ke dalam bentuk kolase yang rapi dan menarik. Jangan lupa untuk selalu konsisten dengan tema.
  • Kalau setelah dibuat kolase ternyata warnanya masih kurang pas anda bisa menambahkan efek lagi pada mood board yang anda buat dalam satu frame.
  • Sampai di sini proses pembuatan mood board secara digital telah selesai dilakukan. Sekarang anda tinggal membayangkan seperti hasil busana yang nantinya akan anda buat.

Mood Board

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk mengetahui Tips Padupadan 23 Model Baju dan Aksesoris Bernuansa Living Coral Yang Akan Jadi Trend 2019 sahabat Fitinline bisa menyimak kembali artikel Fitinline terdahulu.

Dari mood board yang telah dibuat, hasilnya akan didapatkan gambaran awal dari tema, warna, siluet dan tekstur dari desain baju yang akan anda produksi. Meski sebuah mood board biasanya hanya dibuat untuk satu tema tertentu namun dari satu tema tersebut bisa saja tercipta banyak desain yang teinspirasi dari kumpulan gambar yang ada.

Setelah memiliki mood board dan mulai terbayang desain seperti apa yang ingin anda buat jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan kesesuaian desain dengan fungsi dari baju itu sendiri. Supaya imajinasi anda tetap terarah sebaiknya perhatikan pula beberapa hal berikut.

  • Desain harus terlihat keren dan menarik perhatian, namun tetap memiliki karakter yang khas. Jangan sampai mengabaikan fungsi dari baju yang dibuat.
  • Penggunaan material serta bahan kain yang tepat dapat membuat produk lebih nyaman untuk digunakan.
  • Usahakan untuk membuat desain baju yang teknik pengerjaan mudah untuk dilakukan dan material bahannya mudah dicari agar proses produksi tetap berjalan lancar.

Dengan mengetahui fungsi dari mood board dan juga beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuatnya, semoga anda bisa lebih mudah menemukan ide rancangan desain dan mewujudkannya menjadi sebuah produk yang tidak hanya menarik bila dilihat tetapi juga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai pentingnya mood board bagi seorang fashion desainer, fungsi mood board, manfaat mood board serta langkah-langkah pembuatan mood board baik secara manual maupun secara digital yang dapat kami bagikan untuk anda.

Dari berbagai penjelasan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:

  • Mood board merupakan sebuah sarana yang didalamnya berisi kumpulan gambar-gambar, warna dan jenis benda yang dapat menggambarkan ide yang ingin diwujudkan oleh seorang desainer atau orang yang belajar busana.
  • Mood board merupakan salah satu media pembelajaran visual.
  • Mood board dapat difungsikan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai tujuan dan manfaat yang akan diperoleh dari sebuah karya.
  • Moodboard bisa dipakai untuk merumuskan ide yang bersifat abstrak menjadi desain karya yang konkret.
  • Wujud mood board harus memiliki unsur-unsur dalam mendesain diantaranya tema, bentuk, warna, ragam hias, tekstur dan siluet.
  • Cara membuat mood board dimulai dari menentukan tema, menyiapkan alat dan bahan, mengumpulkan gambar-gambar yang sesuai dengan tema, menggunting, menyusun, menempelkan serta menggambar desain.
  • Mood board dapat membantu menganalisis desain yang bermula dari mengetahui sejarah, tema, lalu menganalisis bentuk, warna, ragam hias, tekstur, dan siluet.
  • Mood board bisa juga dimanfaatkan sebagai media promosi untuk menumbuhkan kepercayaan klien terhadap seorang desainer.

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seberapa pentingnya sebuah mood board dalam desain fashion. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang tips-tips seputar fashion dan desain simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.