Article

Homepage Article Fesyen Muslim Pengertian dan Sejarah Singkat…

Pengertian dan Sejarah Singkat Kaftan

Kaftan merupakan salah satu model pakaian berpotongan longgar dan panjang yang berasal dari kerajaan Persia Kuno. Pakaian yang mulanya didesain untuk kaum pria ini biasanya memiliki ukuran yang cukup panjang hingga mencapai mata kaki dan memiliki kancing pada bagian depannya. Bahannya terbuat dari wol, kasmir, sutra, atau katun dan seringkali dikenakan dengan sabuk (sash). 

Sejarah Kaftan

Sumber : http://ar.aliexpress.com

Sementara di Rusia istilah kaftan biasa digunakan untuk menyebutkan jenis pakaian panjang pria yang memiliki bentuk lengan yang ketat. Model kaftan yang berkembang di Rusia sebagian besar diciptakan dalam warna biru dan sering kali dikenakan bersana celana linen biru bergaris, sepatu bot untuk berkuda, selempang sutra, topi bulu, dan cambuk.

Sejarah Kaftan

Sumber : http://wwwwikdwik.blogspot.co.id/

Meski pada awalnya banyak digunakan oleh para pria, namun pada perkembangannya kaftan juga banyak didiciptakan untuk para wanita. Seperti halnya di Maroko kaftan umumnya hanya dikenakan oleh wanita. Baik itu untuk keperluan formal maupun keperluan non formal, seperti jamuan makan malam, pesta pertunangan, serta pesta pernikahan. Tergantung pada bahan kain yang digunakan untuk membuatnya. 

Sejarah Kaftan

Sumber : http://ar.aliexpress.com/

Lain halnya dengan di Afrika Barat, kaftan didefinisikan sebagai jubah pull-over yang dapat dikenakan oleh laki-laki dan perempuan. Untuk wanita disebut kaftan atau boubou, sementara untuk laki-laki disebut senegalese kaftan.

Sejarah Kaftan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tetapi dengan munculnya trend fashion di kalangan masyarakat, kaftan kemudian mulai dikembangkan kedalam model yang lebih modern menyerupai jubah, dengan hiasan renda maupun bunga-bunga dibagian lehernya.

Sejarah Kaftan

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Model busana yang selalu diidentikkan dengan acara-acara religi seperti puasa dan lebaran ini sebenarnya bisa dipakai dalam segala kesempatan, asalkan bentuk dan modelnya disesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun modelnya bisa dibuat berbeda tetapi secara keseluruhan pola dasarnya tetap sama.

Sejarah Kaftan

Sumber : http://famecherry.com/

Semoga bermanfaat.

Butuh bahan kain wolvis untuk membuat busana muslim? Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Kain Wolvis Fitinline

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.