Article

Homepage Article Desain Fesyen Pembuatan Corak Pada Screen…

Pembuatan Corak Pada Screen Sablon

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai cara mengafdruk screen sablon, maka pada kesempatan ini Fitinline akan mengajak anda untuk menyimak pembahasan mengenai cara membuat corak pada screen sablon. Teknik pembuatan corak atau screen pada screen sablon sendiri bermacam-macam mulai dari cara penggambaran langsung (direct painting methode), cara pemotongan (cut put methode), cara profilm, cara resist, hingga cara photo-copy.

Corak Screen

Sumber : http://bagaimanacaramembuatsablonkaos.blogspot.com

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika hendak membuat corak pada screen adalah membuat corak pada kertas terlebih dahulu. Desainnya bisa dibuat menggunakan corel lalu diprint pada media kertas. Selanjutnya tentukan cara seperti apa yang akan digunakan untuk memindahkan corak atau gambar ke screen.

Corak Screen

Sumber : http://www.wikihow.com

Misalnya saja dengan cara pemotongan (cut put methode). Cara pemotongan merupakan cara memindahkan corak ke screen yang terbilang cukup mudah dan dapat diterapkan untuk corak-corak yang besar dan tidak banyak variasinya. Pertama-tama ambilah sehelai kertas tipis (tembus cahaya), yang berukuran lebih besar dari ukuran dalam rangka screen. Lapisi dengan larutan sirlak dengan spiritus atau larutan arabische gom dalam air secara merata kemudian dikeringkan.

Corak Screen

Sumber : http://turkish.alibaba.com

Langkah berikutnya letakkan kertas tersebut di atas gambar corak yang sudah dipersiapkan dan corak-corak yang warnanya sama digambar pada kertas tersebut pake pensil. Kertas yang telah diberi gambar kemudian bisa dipotong-potong menggunakan silet, sehingga terbentuklah gambar yang berlubang. Demikian juga untuk warna-warna lainnya, sehingga diperoleh satu gambar berlubang untuk tiap warna.

Corak Screen

Sumber : http://www.wikihow.com

Selanjutnya lekatkan gambar berlubang tersebut pada gasa screen dengan menempelkan permukaan gambar yang ada lapisan sirlak atau gom arabische menghadap ke gasa screen bagian luar. Gambar yang dilapisi sirlak kemudian disetrika dari bagian yang tidak ada lapisan sirlaknya, sambil ditekan sampai gambar melekat betul pada gasa.

Corak Screen

Sumber : http://rimaimutz.blogspot.com/

Lapisi bagian dalam dari screen dengan lak yang memiliki ketahanan tinggi terhadap obat-obat kimia seperti yang terdapat dalam tinta pencapan menggunakan bantuan kapas atau kain tekstil yang lunak. Dalam kondisi setengah basah kemudian digosok-gosokkan sampai lubang menjadi bersih.

Untuk mencegah kebocoran screen, bagian bagian luar rangka screen bisa dilapisi dengan screen-laquer sementara untuk keempat sisi dekat pingir rangka bisa dilapisi dengan kertas kraft. Setelah dikeringkan, screen tersebut siap untuk disablonkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.