Article

Homepage Article Kain Tekstil 7 Macam Mesin Digital Printing…

7 Macam Mesin Digital Printing Tekstil

Mencetak motif atau gambar pada bahan kain secara cepat dalam kurun waktu yang relatif singkat awalnya memang terkesan mustahil, namun berkat kehadiran mesin digital printing tekstil semua masalah tersebut nyatanya bisa terselesaikan dengan mudah. Dimana mesin digital printing yang banyak digunakan untuk mencetak bahan kain dalam industri tekstil sendiri pada dasarnya tersedia dalam berbagai macam tipe.

Mesin Pencetak Kain

Sumber : http://atn.com.pk/

Mutoh Value Jet 1638 W

Mutoh Value Jet 1638 W termasuk kedalam salah satu jenis mesin cetak digital yang sangat mudah digunakan. Mesin ini memiliki konstruksi cukup kuat dan dilengkapi dengan head ganda bekecepatan tinggi hingga 304 m2/jam dan production speed hingga 100 m2/jam. 

Mesin Pencetak Kain

Sumber : http://www.mutoh.eu/

Xenia Jade, Xenia Osiris dan Xenia Emerald

  • Xenia Jade merupakan inkjet digital printer kualits tinggi yang didesain khusus untuk mencetak berbagai macam bahan kain dengan kualitas dan produktivitas yang tinggi.
  • Xenia Osiris merupakan mesin digital textile printing berkecepatan tinggi yang didesain khusus untuk mencetak fashion dan furnishing. Mesin cetak 8 warna ini juga dibekali kemampuan mencetak print on demand (POD).
  • Mesin cetak kain Xenia Emerald merupakan mesin cetak kain yang khusus didesain untuk mencetak dekorasi dan furnishing. Jenis tinta yang digunakan untuk mesin ini yaitu berupa tinta UV dan solvent.

Durst Rhotex 320

Durst Rhotex 320 merupakan mesin cetak kain berukuran 3.2 meter yang dibuat dengan platform Rho. Mesin ini dilengkapi dengan printhead Quadro Array 30D untuk mencetak gambar pada kain dengan kualitas fotografi hingga 236 m2/jam. Jenis tinta yang digunakan untuk mesin Durst Rhotek 320 yaitu berupa tinta water based yang bebas racun untuk cetak sublimasi. 

Mesin Pencetak Kain

Sumber : http://www.rainier.com/

Designjet L26500 dan Designjet L28500

Designjet L26500 dan Designjet L28500 merupakan dua jenis mesin latex keluaran HP yang dibekali kemampuan mencetak gambar atau motif pada berbagai macam bahan, termasuk bahan kain coating maupun non coating. Khusus untuk tinta solvent anda hanya bisa mengaplikasikannya pada jenis kain yang ber-coating.

Mesin Pencetak Kain

Sumber : https://www.interempresas.net/

Nassenger PRO 1000 dan Nassenger PRO 60

Mesin cetak kain yang dikeluarkan oleh Konica Minolta ini sudah diakui sebagai mesin cetak kain inovatif yang bisa memenuhi permintaan industri untuk short run dengan kualitas tinggi.

  • Mesin Nassenger PRO 1000 memiliki kemampuan untuk mencetak kain dengan kecepatan hingga 1000 m2/jam.
  • Sedangkan mesin Nassenger PRO 60 dibekali kemampuan untuk mencetak kain hingga 60 m2/jam.  Mesin ini sudah dikombinasikan dengan penggulung sekaligus pengering tekstil dalam satu unit mesin.

Mesin dari Konica Minolta ini merupakan mesin pertama yang mampu mengakomodasi 9 warna tinta.

Mesin Pencetak Kain

Sumber : http://www.nassenger.it/

Kornit Allegro

Kornit Allegro disebut-sebut sebagai salah satu jenis mesin cetak digital yang dapat dimanfaatkan untuk mempersingkat proses cetak, mulai dari persiapan file hingga produk jadi. Jenis tinta cetak yang digunakan yaitu berupa tinta pigmen Kornit yang ramah lingkungan karena dapat didaur ulang, hemet energi, hemat konsumsi air, dan dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kain

Mesin Pencetak Kain

Sumber : http://ir.kornit.com/

Mimaki JV5 Digital Textile Belt Printer

Mesin buatan Italia ini menawarkan inovasi, efisiensi dan kualitas yang tinggi. Mesin ini menggunakan printhead 4 variable dot dengan 1440 nozzle per head-nya, jarak antara printhead dan permukaan kain secara otomatis dikontrol dengan sensor. 

Mesin Pencetak Kain

Sumber : http://digitaltextilereview.com/

Hebatnya lagi mesin Mimaki JV5 yang kompatibel dengan berbagai jenis tinta (acid, reactive, disperse dan sublimasi) ini juga dibekali dengan sejumlah fitur istimewa lainnya.

  • Sistem feeding gulungan kain dengan peregang yang bisa atur.
  • Sistem pengaturan kain otomatis dengan photocells.
  • Perekat blanket diaktifkan dengan panas.
  • Control panel dengan layar LCD touch screen.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.