Article

Homepage Article Fashion Design Fakta Menarik Tentang Baju…

Fakta Menarik Tentang Baju Overall

Merasa cukup familiar dengan yang namanya baju overall atau justru sering mengenakannya sebagai pelengkap gaya sehari-hari?. Dibalik tampilannya yang unik dan menarik baju overall sendiri ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Overall

Overall yang memiliki nama lain dungarees atau baju kodok termasuk ke dalam salah satu jenis fashion item yang terdiri dari celana atau rok dengan tambahan pola semacam apron di bagian dada dan punggung yang disatukan dengan dua tali melewati pundak.

Baju Overall

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Fakta Menarik Baju Overall

Berbicara mengenai baju overall, lantas bagaimana asal mula terciptanya overall hingga digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan casual?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan beberapa fakta menarik tentang overall yang penting untuk anda ketahui.

1. Awal Mula Kemunculan Overall

Baju overall awalnya diciptakan untuk keperluan khusus yakni berupa baju kerja baru kemudian mulai dimodifikasi sebagai baju sehari-hari.

  • Baju overall banyak dipakai oleh para ahli mesin dan pertukangan di tahun 60-an untuk melindungi baju mereka dari noda saat bekerja.
  • Baju overall juga sempat digunakan oleh para wanita Inggris yang bekerja di pabrik pada tahun 1965.

Baju Overall

Sumber : https://www.walmart.com/

2. Perubahan Fungsi Baju Overall

Dari yang awalnya hanya dipakai sebagai pakaian kerja, pada tahun 70-an overall menjadi pakaian baru di dunia fashion.

Baju Overall

Sumber : https://brand-original.cam/

3. Puncak Popularitas Overall

Popularitas baju overall semakin meningkat tajam pada akhir tahun 90-an. Sejak saat itulah akhirnya baju overall mulai bertransformasi menjadi item fashion yang mainstream dan banyak dipakai untuk pelengkap gaya casual oleh para wanita.

Baju Overall

Sumber : https://www.aliexpress.com/

4. Desain Dasar Baju Overall

Baju overall selalu dibuat tanpa lengan jadi pemakaiannya harus disertai dengan dalaman kaos oblong, crop top, baju blus wanita atau kemeja. Karena memiliki desain yang sedemikian terbuka overall lebih cocok dipakai untuk pelengkap gaya penampilan casual ketimbang acara formal.

5. Perkembangan Model Overall

Sejak pertama kali diperkenalkan sebagai item fashion, hingga sekarang overall telah mengalami banyak perkembangan desain menjadi lebih unik dan beragam.

  • Baju Overall Jaman Dulu

Baju overall yang berkembang di masa lalu umumnya memiliki bentuk yang cenderung monoton yakni berupa celana panjang. Bahan untuk membuatnya pun kebanyakan berupa kain denim yang lebih tahan lama dan kuat untuk jenis pekerjaan kasar.

Baju Overall

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Baju Overall Jaman Sekarang

Kalau dulu baju overall yang diciptakan untuk pria dan wanita hanya terbatas pada celana panjang saja, kini terdapat pula baju overall wanita yang dikreasikan dengan rok panjang, rok pendek (pinafore) dan celana pendek.

Baju Overall

Sumber : https://www.etsy.com/

6. Perkembangan Bahan Overall

Sebagai pakaian pekerja, dulu baju overall banyak dibuat dari kain denim yang kuat dan tebal. Namun kini pada perkembangannya baju overall bisa juga dibuat dari bahan lain seperti bahan kulit, kain corduroy, kain katun flanel, printed fabric dan kain twill.

a. Kain Denim

Kain denim termasuk ke dalam jenis bahan kain yang banyak digunakan untuk membuat overall. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain denim diantaranya:

  • Kain denim termasuk ke dalam jenis kain yang kuat dan tahan lama.
  • Selain kuat dan tahan lama, kain denim juga sangat nyaman saat digunakan.
  • Kain denim terkenal tidak mudah sobek karena teksturnya lumayan tebal.
  • Kain denim dapat dipakai untuk membuat baju overall pria maupun wanita.

b. Bahan Kulit

Bahan kulit bisa dipilih untuk membuat overall yang unik dan memiliki tampilan eksklusif. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan kulit diantaranya:

  • Bahan kulit cocok digunakan sebagai bahan overall skirt untuk orang dewasa.
  • Bahan kulit dapat memberikan kesan seksi pada penggunanya.
  • Dalam bentuk overall, bahan kulit juga sangat mudah untuk dipadupadankan dengan banyak item fashion lain.

c. Kain Corduroy

Kain corduroy merupakan bahan kain yang memiliki tekstur seperti garis-garis karena dibuat dari serat yang dipuntir. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain corduroy diantaranya:

  • Kain corduroy memiliki permukaan yang bertekstur seperti garis-garis kain.
  • Kain corduroy terkenal hangat dan tahan lama.
  • Kain corduroy memiliki tampilan yang berkelas dan elegan.
  • Kain corduroy tersedia dalam banyak pilihan warna maupun tingkat keregangan (stretch).

d. Kain flannel

Kain flannel merupakan sejenis kain yang dibuat dari serat wol. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain flannel dengan jenis bahan yang lain diantaranya:

  • Kain flannel dikenal sebagai bahan yang adem dan mudah menyerap keringat.
  • Kain flannel teksturnya sedikit lebih tebal, lembut dan agak berbulu.
  • Kain flannel sifatnya hampir sama dengan bahan babyterry, yaitu memberikan rasa hangat.
  • Kain flannel cenderung mudah untuk dijahit karena bahannya tidak kaku.
  • Kain flannel cocok digunakan di segala cuaca, terutama saat cuaca sedang dingin.

e. Printed Fabric

Printed fabric sangat cocok digunakan untuk membuat baju overall yang cute dan menarik. Printed fabric inipun umumnya memiliki motif yang sangat beragam dan dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya.

f. Kain Twill

Kain twill merupakan sejenis bahan kain yang memiliki permukaan berserat garis-garis miring (diagonal). Jalinan benang yang menyusun bahan kain twill ini umumnya juga terbilang cukup kuat dan tahan lama.

Untuk membuat baju overall sendiri terdapat dua variasi kain twill yang dapat digunakan. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain twill stretch dan kain twill no stretch.

  • Kain twill stretch memiliki tingkat ketebalan sedang dan bersifat melar.
  • Kain twill no stretch memiliki tingkat ketebalan berbeda-beda dan tidak bersifat melar.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai asal mula baju overall dan fakta menarik tentang overall yang dapat kami bagikan untuk anda. Tidak hanya terbatas pada sejarahnya yang menarik untuk ditelusuri, namun pilihan bahan dan model baju overall yang berkembang hingga saat ini ternyata juga sangat bervariasi.

Tertarik untuk membuat baju overall sendiri tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkan bahan yang berkualitas?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Denim, Kain Cotton Flanel (IDF), Kain Corduray (NGR), Kain Twill Stretch dan Kain Twill No Stretch yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.