Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Kemeja Tactical…

7 Fakta Kemeja Tactical Yang Identik Dengan Army Look

Dikenal sebagai salah satu jenis kemeja yang  identik dengan gaya army look, kemeja tactical ternyata juga menyiman banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kemeja Tactical

Kemeja tactical merupakan sejenis baju kemeja yang dapat diklasifikasikan ke dalam kategori PDL (Pakaian Dinas Lapangan). Sebab jika dilihat dari fungsi dan kegunaannya kemeja tactical ini sebenarnya cenderung mirip dengan kemeja adventure, kemeja outdoor bahkan kemeja lapangan.

Fakta Menarik Kemeja Tactical

Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang asal usul kemeja tactical, berikut kami bagikan beberapa fakta unik dan menarik tentang kemeja tactical yang penting untuk kamu ketahui.

1. Asal Mula Nama Tactical

Kemeja tactical diberi nama demikian karena memang mempunyai desain yang taktis atau praktis sehingga sangat cocok digunakan untuk mendukung aktivitas taktis dan kegiatan luar ruangan yang intensif.

Kemeja Tactical

Sumber : https://www.bukalapak.com/

2. Dibuat Untuk Keperluan Militer

Kemeja tactical sering digunakan dalam konteks kegiatan outdoor dan militer. Karena alasan itu pula, kemeja tactical dirancang dengan fitur-fitur khusus seperti kantong dan pengait untuk memberikan fungsionalitas tambahan khususnya dalam konteks militer.

3. Jadi Perlengkapan Outdoor

Dari yang awalnya hanya dibuat untuk keperluan militer, kemeja tactical kemudian juga dikembangkan untuk kegiatan lain seperti hiking, camping, PDL (Pakaian Dinas Lapangan) bahkan penggunaan sehari-hari.

4. Punya Desain Yang Elegan

Dengan mempertimbangkan mobilitas pengguna, kemeja tactical biasa didesain dalam potongan yang sangat khas dan elegan. Beberapa ciri paling khas yang membedakan kemeja tactical dengan model kemeja lainnya yaitu:

  • Kemeja tactical sering kali dibuat dalam potongan yang tidak terlalu ketat sehingga memungkinkan penggunanya lebih bebas bergerak.
  • Kemeja tactical biasa dilengkapi dengan fitur-fitur khusus seperti pengait atau loop tambahan untuk melekatkan peralatan atau aksesori ekstra.
  • Kemeja tactical kebanyakan juga memiliki kantong tambahan yang dirancang untuk menyimpan peralatan kecil seperti pisau lipat, multitool, atau alat komunikasi.

Kemeja Tactical

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain itu, beberapa ada yang dilengkapi pula dengan ventilasi ekstra di bagian punggung belakang untuk meningkatkan kenyamanan selama melakukan aktivitas fisik yang intens.

Fitur penting lainnya yang juga terdapat pada kemeja tactical yakni berupa kancing dan penahan tab di lengan untuk mengubah kemeja yang memiliki lengan panjang menjadi lengan pendek.

Kemeja Tactical

Sumber : https://shopee.com.my/

5. Identik Dengan Gaya Army Look

Kemeja tactical identik dengan gaya army look, salah satu gaya busana yang sudah banyak diminati pria sejak lama karena bisa memberi kesan gagah, keren dan maskulin.

6. Punya Banyak Variasi Warna

Pada awal kemunculannya, kemeja tactical biasa dibuat dalam warna-warna khusus tergantung pada lingkungan di mana kemeja itu akan digunakan. Pemilihan warna yang sesuai dengan lingkungan sekitar dapat memberikan keuntungan tambahan dalam situasi tertentu.

Untuk pilihan warnanya sendiri, beberapa warna yang umum digunakan pada kemeja tactical antara lain berupa:

  • Warna coyote brown yang cocok digunakan untuk lingkungan gurun dan tanah yang kering.
  • Warna olive green / hijau zaitun yang cocok digunakan untuk lingkungan vegetasi dan hutan.
  • Warna black atau hitam yang cocok digunakan di berbagai lingkungan karena dapat memberikan tampilan yang lebih serius.
  • Navy blue yang cocok digunakan untuk lingkungan di sekitar air atau lingkungan perkotaan.

Kemeja Tactical

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk pelengkap gaya sehari-hari, kemeja tactical juga dapat dijumpai dalam berbagai variasi warna yang berbeda, mulai dari warna-warna gelap seperti coklat dan abu, sampai warna yang lebih terang seperti warna khaki dan masih banyak lagi.

Sementara untuk kemeja tactical yang bermotif, motif yang paling umum digunakan yakni berupa motif camouflage / motif loreng yang memiliki tampilan sangat khas.

Kemeja Tactical

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Pilihan Bahannya Cukup Beragam

Dari segi bahan atau material yang digunakan untuk membuatnya, kemeja tactical biasanya banyak dibuat dari bahan kain yang kuat, tahan lama dan memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh selama melakukan aktifitas fiik di lingkungan outdoor.

Dalam hal ini beberapa contoh bahan kain yang sering digunakan untuk membuat kemeja tactical antara lain berupa:

  • Kain kanvas yang jadi pilihan favorit untuk kemeja outdoor karena ketahanannya sudah tidak perlu diragukan lagi.
  • Kain Japan drill yang memiliki serat benang cukup tebal dengan tekstur garis-garis diagonal yang terbilang sangat lembut.
  • Kain American drill yang memiliki ukuran serat lebih besar (medium) dibandingkan dengan kain Japan drill.
  • Kain twill yang memiliki tekstur sangat khas yakni berbentuk diagonal seperti halnya kain drill namun cenderung lebih tebal dan warna bahannya kurang mencolok.
  • Kain ripstop yang mempunyai tampilan cukup eksklusif yakni bertekstur kotak-kotaktekstur (ripstop) pada permukaan bahannya.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fakta unik dan menarik tentang kemeja tactical yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang asal mula kemeja tactical dan penggunaannya hingga saat ini ya.

Simak juga :

Butuh bahan kemeja berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja tactical?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan seragam dan Bahan Kemeja terbaik yang kami miliki.

Semoga bermanfaat. a

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.