Article

Homepage Article Jahit Menjahit Mesin Jahit Ultrasonic (Mesin…

Mesin Jahit Ultrasonic (Mesin Jahit Tanpa Benang)

Teknologi pembuatan tas spundbond, jas hujan, dan berbagai produk pelengkap fashion lainnya tidak dapat dipungkiri kini semakin tumbuh dan berkembang seiring dengan kemajuan jaman. Salah satu buktinya bisa dilihat dengan hadirnya mesin jahit ultrasonik yang menggunakan sistem press dengan plat panas suhu tinggi. 

Mesin Jahit Ultrasonic

Sumber : https://www.alibaba.com/

Mesin jahit ultrasonic atau biasa disebut ultrasonic sewing machine merupakan sebuah mesin jahit tanpa benang yang dapat digunakan untuk menjahit spunbond bag (non-woven bag), renda, aksesoris, kerudung, masker, dan jas hujan. Pembuatan tas kain spundbond kini bisa dilakukan tanpa mesin jahit benang dengan hadirnya mesin jahit press ini.

Mesin Jahit Ultrasonic

Sumber : https://cheersonic.myshopify.com/

Dibanding dengan mesin jahit biasa yang menggunakan benang, mesin jahit press dengan plat panas (ultrasonik) ini pada prinsipnya memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya:

  • Mesin jahit press untrasonik lebih banyak menghemat biaya dalam produksi karena tidak memerlukan benang jahit, yang semakin hari harganya semakin mahal.
  • Mesin jahit model ultrasonik memiliki kecepatan proses 2 kali lebih cepat dibanding mesin jahit benang, bahkan kecepatanya bisa sampai 3 kali lipat untuk proses jahit yang sederhana.
  • Dengan menggunakan mesin jahit ultrasonik proses pengepresan kain dan pemotongan kain bisa dilakukan secara bersamaan, karena gear mesin press dan pisau potong dapat digunakan secara bersamaan.

Mesin Jahit Ultrasonic

Sumber : https://www.tradeindia.com/

Mesin jahit press ultrasonik secara umum memiliki 4 bagian utama dengan fungsi yang berbeda, yaitu press kain utama, pemotong kain, press untuk tali tas, dan joiner tali dan kain utama. 

Mesin Jahit Ultrasonic

Sumber : https://cnjitan.en.ecplaza.net/

Mesin jahit ultasonic bentuknya menyerupai mesin jahit benang yang biasa namun tidak memiliki jarum jahit. Mesin jahit ini bekerja menggunakan roda gerigi panas yang berputar untuk menggilas kain agar menyatu. 

Mesin Jahit Ultrasonic

Sumber : http://ultrasonicchina.en.made-in-china.com/

Model dan jenis dari mesin jahit press plat panas yang beredar saat ini banyak tersedia dalam bentuk manual dan otomatis. Meski terdiri dari manual dan otomatis, namun fitur keduanya sebenarnya hampir sama.

  • Menggunakan energi ultrasonic untuk cutting, welding, sealing dan lain-lain.
  • Mensubstitusi penggunaan menjahit traditional (jarum dan benang) sehingga kecepatan waktu prosuksi menjadi jauh lebih tinggi.
  • Cocok digunakan untuk mass production (produksi massal).
  • Tidak ada asap, percikan listrik, dan bahaya saat mesin beroperasi.
  • Sangat mudah (user-friendly) dalam pengoperasian mesin.

Mesin Jahit Ultrasonic

Sumber : http://www.loncocyb.cn/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.