Article

Homepage Article Cara Menjahit Menangani Jahitan Kain Yang…

Menangani Jahitan Kain Yang Macet dan Berkerut

Menjahit pakaian atau produk kerajinan berbahan kain dengan mesin jahit memang tidak semudah yang di bayangkan, butuh keterampilan khusus dan keahlian tersendiri untuk mengoperasikan mesin jahit tersebut. Ketika bekerja dengan mesin jahit tidak jarang pula kita dihadapkan pada berbagai masalah yang tidak diinginkan. Mulai dari kain yang dijahit tidak berjalan atau bahkan mengkerut.

Menangani Jahitan Kain

Sumber : http://www.samlovattscenography.com/

Bahan Kain Tidak Berjalan
Bahan kain yang tidak berjalan lancar saat dijahit bisa disebabkan oleh sepatu jahit yang kendor atau kurang menekan pada kain, benang tersangkut di bawah kain, langkah jahitan berada di posisi 0, hingga feed dog berada pada posisi ke bawah atau di dalam needle plate.

Menangani Jahitan Kain

Sumber : http://www.craftsy.com/

Bila sahabat Fitinline menjumpai masalah semacam ini sebaiknya periksa kembali pengaturan mesin jahit anda untuk memastikan bahwa settingannya sudah tepat dan tidak ada lagi benang yang tersangkut di bawah kain.

Menangani Jahitan Kain

Sumber : http://filminthefridge.com/

Kain Hasil Jahitan Mengerut Secara Merata

Kain yang mengkerut secara merata dapat disebabkan oleh tegangan benang yang terlalu kuat. Seperti kesalahan saat memasang benang bawah, cara pemasangan spul terbalik atau benang tidak melewati jalan yang benar sehingga hasil jahitan yang terlalu kuat bisa membuat kain hasil jahitan berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.

Menangani Jahitan Kain

Sumber : http://sewing.about.com/

Solusinya periksa kembali sekoci mesin jahit dan pastikan posisi benang bawah sudah tepat atau tarikannya tidak terlalu seret. Putar ke kiri pengatur ketegangan benang atas sampai keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.

Menangani Jahitan Kain

Sumber : https://shorelark.wordpress.com/

Kain Hasil Jahitan Mengerut Namun Tidak Merata

Ketika anda menjahit menggunakan jarum jahit yang sudah tumpul memang hasilnya tampak normal dan baik-baik saja bila jarum jahit tersebut jatuh disela-sela anyaman serat kain yang dijahit. Tetapi ketika jarum yang tumpul tersebut mengenai salah satu benang penyusun anyaman kain, secara otomatis kain akan tertarik oleh benang tumpul dan terjadilah kerutan.

Menangani Jahitan Kain

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Sebagai solusinya, gantilah jarum mesin jahit tersebut dengan jarum jahit baru yang masih tajam dan berkualitas bagus. Sebab jarum mesin yang berkualitas bagus memiliki tingkat ketajaman yang lebih baik dan lebih lama.

Menangani Jahitan Kain

Sumber : http://www.madetosew.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari Mesin Jahit berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Mesin Jahit

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.