Article

Homepage Article Jahit Menjahit Mengenal Mesin Jahit Tangan…

Mengenal Mesin Jahit Tangan Dan Komponennya

Sebagai salah satu alat paling penting yang dibutuhkan dalam proses pembuatan busana, mesin jahit yang berkembang dewasa ini memang didesain dalam berbagai jenis dan varian. Mulai dari yang dipakai untuk menjahit biasa hingga mesin jahit multi fungsi yang dapat digunakan untuk quilting bahkan membuat bordir.

Mesin Jahit Tangan

Sumber : https://www.techworldasia.com/

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan mesin jahit yang simple dan cara pengoperasiannya mudah, sekarang juga sudah ada lho sebuah mesin jahit yang dapat dibawa kemana-mana. Mesin jahit yang dimaksud yakni berupa mesin jahit mini portable yang dioperasikan dengan menggunakan tangan. 

Mesin Jahit Tangan

Sumber : https://www.dhgate.com/

Seperti halnya mesin jahit biasa, mesin jahit mini atau mesin jahit tangan ini pada prinsipnya juga tersusun atas sejumlah komponen penting yang memiliki keterkaitan satu sama lain, diantaranya:

Tongkat Peletak Benang

Tongkat peletak benang memiliki bentuk memanjang seperti tongkat, posisinya berada di samping mesin jahit tangan. Fungsi utama dari bagian ini adalah untuk meletakkan benang jahit.

Lubang Penyangga Benang

Setelah benang berada di posisi tongkat peletak benang, tahap selanjutnya benang akan masuk ke lubang penyannga benang terlebih dahulu.

Mesin Jahit Tangan

Sumber : http://shopdari.pk/

Roler Penyangga Benang

Berlanjut ke roler penyangga benang, bagian ini berfungsi supaya benang tidak lari posisinya dengan begitu proses menjahitnya pun juga menjadi lebih mudah.

Jarum Jahit

Menjadi bagian inti dari mesin jahit, jarum jahit berperan sebagai alat untuk merajut benang sehingga menghasilkan jahitan, tetapi harus tetap di bantu juga dengan alat yang berada di bawah mesin jahit tangan.

Baut Penguat Jarum Jahit

Sebagai penguat jarum jahit, baut ini bisa dilonggarkan atau dikencangkan sesuai kebutuhan. Jika jarum megalami patah anda juga bisa mengganti jaram jahitnya dengan cara membuka baut itu sendiri. 

Mesin Jahit Tangan

Sumber : https://www.youbeli.com/

Penjepit Kain Yang Akan Di Jahit

Penjepit kain yang terdapat pada mesin jahit tangan fungsi utamanya adalah untuk menahan kain agar tidak lari atau lepas ketika dijahit.

Mesin Jahit Tangan

Sumber : https://www.wish.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas, sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahu kan yang dimaksud dengan mesin jahit tangan itu seperti apa. Nantikan pembahasan mengenai Cara Mengoperasikan Mesin Jahit Tangan pada artikel Fitinline berikutnya. 

Mesin Jahit Tangan

Sumber : https://www.techworldasia.com/

Semoga bermanfaat.

 

Buat anda yang ingin mendapatkan hasil jahit yang lebih profesional, silahkan cek koleksi mesin jahit kami Di Sini.

Mesin Jahit

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.