Article

Homepage Article Jahit Menjahit 5 Cara Mengolah Limbah Perca…

5 Cara Mengolah Limbah Perca Kain

Kain perca dapat didefinisikan sebagai sisa-sisa guntingan bahan kain tak beraturan dari proses produksi pakaian yang hanya dianggap sebagai limbah tak berguna oleh sebagian orang. Tetapi tahukah anda jika dalam industri kerajinan kreatif, ternyata kain perca ini dapat digunakan untuk membuat aneka kreasi kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual tinggi?. 

Mengolah Limbah Perca

Sumber : https://loexie.wordpress.com/

Dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan utama pembuatan kerajinan, sahabat Fitinline bisa membantu mengurangi penumpukan limbah dan sampah sekaligus meminimalisir besarnya biaya produksi. Karena biasanya kain perca tersebut cenderung mudah untuk didapat dan harganya juga relatif murah. 

Mengolah Limbah Perca

Sumber : https://balikpapanbiwantotal.wordpress.com/

Dari limbah kain sisa jahitan yang tampaknya tidak memiliki nilai, kain perca bisa diolah menjadi berbagai macam produk kerajinan yang memiliki fungsi dan harga jual cukup tinggi. Seperti bed cover, sarung bantal, keset, taplak meja, kotak pensil, boneka,  tas, maupun cover handpone.

Mengolah Limbah Perca

Sumber : https://www.craftincraft.com/

Ditinjau dari cara pembuatannya, konstruksi jahit kerajinan kain perca sendiri dapat dibagi kedalam beberapa macam varian. Mulai dari cara acak, cara jiplakan pola, cara tumpang tindih, cara pola geometris, dan cara jahit jelujur.

Mengolah Limbah Perca

Sumber : https://myfavoritehandicraft.wordpress.com/

Cara Acak (Tak Beraturan)

Jahit perca cara acak (tak beraturan) dilakukan dengan menggabungkan potongan kain dalam bentuk dan ukuran yang tidak sama sesuai dengan desain. 

Mengolah Limbah Perca

Sumber : http://khotimatussaadah20.blogspot.co.id/

Cara Jiplakan Pola (Template)

Jahit perca teknik jiplakan pola dilakukan dengan menggabungkan potongan kain yang dipola terlebih dahulu selanjutnya dijahit sesuai dengan rencana. 

Mengolah Limbah Perca

Sumber : https://www.youtube.com/

Cara Tumpang Tindih (Overlapping)

Jahit perca teknik tumpang tindih dilakukan dengan menggabungkan potongan kain yang di pola terlebih dahulu, kemudian diletakkan pada bagian tengah kain dan dijahit bagian tepinya. Pola tersebut selanjutnya ditindih dengan pola berikutnya dengan cara dijahit dari arah ke bagian tepi secara keseluruhan. 

Mengolah Limbah Perca

Sumber : http://kerajinantanganbagus.blogspot.co.id/

Cara Pola Geometris

Teknik jahit perca geometris dilakukan untuk menggabungkan guntingan kain yang dipotong dalam bentuk geometris (segitiga, segiempat, segilima dan bentuk-bentuk lainnya) yang terukur sesuai dengan rancangan desain.

Mengolah Limbah Perca

Sumber : http://ef92.blogspot.co.id/

Cara Jahit Jelujur

Jahit jelujur biasanya digunakan untuk menggabungkan potongan kain perca sekaligus memberi kesan keindahan pada produk jahitan. Jahit jelujur dapat diterapkan pada teknik acak, teknik template, teknik overlapping, maupun teknik pola geometris. 

Mengolah Limbah Perca

Sumber : http://kirara-shop.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.