Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Membuat Canadian Smock…

Cara Membuat Canadian Smock Motif Lozenge (Lozenge Pattern)

Cari tahu cara mudah yang bisa anda anda lakukan untuk membuat canadian smock dengan motif lozenge (lozenge pattern). Buat anda yang ingin mencoba membuatnya langsung simak pembahasan berikut yuk...

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Smock Lozenga

Canadian smock dengan motif lozenge (lozege pattern) merupakan pola canadian smock yang memiliki pola memanjang dan tersusun rapi. Sama halnya dengan teknik canadian smock yang lain, untuk membuatnya anda dapat menjahit kain dan menarik benangnya mengikuti pola tertentu secara berulang dan teratur.

Manipulating Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Membuat Smock Lozenge

Tertarik untuk membuat kreasi canadian smock dengan motif lozenge (lozenge pattern) tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Sebagai permulaan siapkan dulu sejumlah alat dan bahan sebagai berikut.

  • Bahan kain yang mudah untuk dijahit seperti halnya Kain Katun, Kain Rayon, Kain Linen, Kain Satin, Kain Roberto Cavalli dan lain sebagainya.
  • Gunting untuk memotong bahan kain dan benang jahit.
  • Penggaris lurus untuk alat bantu dalam memberi tanda pada bahan kain.
  • Kapur kain untuk memandai bahan kain yang akan anda jahit.
  • Jarum jahit tangan dan benang yang berwarna sama dengan bahan kain untuk menjahit bahan kain.

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya buat pola kotak-kotak persegi pada bagian buruk kain dengan ukuran 2 cm x 2 cm menggunakan kapur kain dan penggaris.

  • Garis pola merupakan garis-garis bantu yang dibuat untuk mempermudah pengerjaan smock.
  • Pola kotak-kotak ini perlu dibuat agar smock yang dihasilkan tampak lebih rapi dan tepat ukurannya.
  • Ukuran yang tidak tepat akan mempengaruhi hasil smock yang dibuat sehingga tidak sesuai dengan model yang diinginkan.

Yang perlu diingat, ukuran 2 cm x 2 cm ini bukan ukuran baku karena setiap pola kotak pada canadian smock dengan motif lozenge maupun motif smock yang lain tidak mempunyai ukuran khusus. Bisa 1.5 cm x 1.5 cm,  1 cm x 1 cm atau bahkan lebih kecil lagi bergantung pada keinginan dan keperluan masing-masing.

Berikutnya tandai kotak-kotak yang anda buat dengan garis-garis bantu untuk memudahkan proses menjahit. Dalam hal ini anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Mulai dari sudut kiri atas pertebal garis yang ada di bagian atas kotak pertama. Jika sudah pertebal garis yang ada di bagian bawah kotak kedua.
  • Pertebal garis yang ada di bagian atas kotak ketiga lalu lanjutkan untuk garis yang ada di bagian bawah kotak keempat.
  • Ulangi proses tersebut secara selang seling sampai kolom terakhir yang ada di baris pertama.
  • Beri jeda satu baris kotak kosong lalu terapkan prinsip yang sama seperti cara di atas untuk menandai kotak-kotak yang ada dibaris ketiga, kelima, ketujuh dan seterusnya.

Manipulating Fabric

Sumber : https://florianeschmitt.com/

Jika diperlukan tambahkan keterangan angka / huruf pada bahan kain dengan menggunakan pensil untuk membantu mengenali bagian mana anda akan menjahit. Tapi kalau anda sudah hafal anda bisa melewati langkah yang satu ini dan langsung menjahit bahan kainnya.

Manipulating Fabric

Untuk menjahit bahan kain ambil seutas benang jahit yang panjangnya kira-kira dua kali lipat panjang lengan bawah anda lalu masukkan pada lubang jarum jahit tangan. Satukan kedua ujungnya kemudian ikat menjadi satu.

  • Pilih benang yang kuat dan berkualitas baik untuk membuat canadian smock agar tidak mudah putus jika ditarik dengan tangan.
  • Perhatikan pula tingkat kecerahan warna benang. Benang yang berkualitas umumnya memilki warna yang cerah dan tidak kusam.
  • Agar warna tidak tampak (mencolok) usahakan untuk menjahitnya menggunakan benang yang berwarna senada dengan warna kain.

Gambaran singkat mengenai cara menjahitnya bisa anda lihat pada penjelasan berikut.

  • Buat tusuk kecil pada sudut bagian kiri atas kain dan sudut kanan atas kotak pertama sesuai garis bantu yang anda buat (hanya ambil satu atau dua serat benang dari kainnya). Tarik benang agar kedua ujung garis menyatu lalu jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.threadsmagazine.com/

  • Bawa jarum ke sudut kanan bawah kotak pertama namun tidak di tarik. Kunci benang dengan cara buat tusukan kecil pada bahan kain dan amankan jahitan dengan ikat simpul.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.threadsmagazine.com/

  • Untuk menjahit pola berikutnya buat tusuk kecil di bagian kanan bawah kotak kedua. Tarik benang agar kedua ujung garis menyatu lalu jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.threadsmagazine.com/

  • Bawa jarum ke sudut kanan atas kotak kedua namun tidak di tarik. Kunci benang dengan cara buat tusukan kecil pada bahan kain dan amankan jahitan dengan ikat simpul.
  • Ulangi kembali cara di atas secara bergantian untuk menjahit gari-garis yang ada di bagian atas dan bawah kotak sampai anda menyelesaikan semua jahitan yang ada di baris pertama.
  • Jika sudah mulailah beralih ke baris berikutnya untuk menjahit seluruh bagian kain sesuai desain pola smock yang sudah anda rencanakan.

Untuk melihat hasilnya balikkan kain hingga bagian baiknya berhadapan dengan anda, karena teknik manipulating fabric dengan motif lozenge (lozenge pattern) ini melibatkan jahitan dari sisi belakang kain.

Manipulating Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehri-hari, kain yang telah dismock atau dijahit dengan motif lozenge inipun bisa digunakan untuk pemanis interior rumah maupun pakaian.

  • Pada interior rumah, motif lozenge dapat diaplikasikan pada tutup lampu, tempat tisu, gorden, cushion sofa dan lain sebagainya.
  • Sementara pada produk pakaian, motif lozenge dapat di pilih untuk mempercantik tampilan blus, rok, dress maupun lingerie.

Manipulating Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat canadian smock motif lozenge. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi sumber referensi bagi anda untuk lebih mudah dalam memilih cara manipulating fabric yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Download E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain dari kami kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik menjahit dan teknik mendesain yang dapat diaplikasikan pada berbagai produk jahit.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.