Article

Homepage Article Fashion Design Menguak Arti dan Fungsi…

Menguak Arti dan Fungsi Sabuk Karate Berdasarkan Warnanya

Tahukah anda bahwa selain digunakan sebagai pelengkap baju karate, sabuk yang digunakan dalam seni bela diri karate ternyata juga memainkan peran penting untuk menentukan keahlian dan keterampilan dari setiap karateka yang mengenakannya lho. Uniknya lagi setiap warna sabuk tersebut juga memiliki makna atau filosofinya masing-masing.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sabuk Karate

Sabuk karate merupakan salah satu perlengkapan baju karate yang menunjukkan tingkat ilmu bela diri yang sudah dipelajari oleh seseorang. Urutannya sendiri dimulai dari sabuk putih saat menjadi murid (kyu) dan berakhir dengan sabuk hitam saat mencapai tingkat tertinggi sebagai ahli (dan).

Sabuk Karate

Sumber : https://shopee.co.id/

Dilihat dari sejarahnya, awal mula dibuatnya sabuk karate dalam warna yang berbeda sesuai tingkatan penggunanya konon pertama kali dimulai pada tahun 1800 saat olahraga Judo baru muncul di Jepang.

  • Warna sabuk karate yang dikenakan oleh karateka atau pemain karate tersebut membedakan tingkatan yang tengah dijalani.
  • Perbedaan sabuk yang dikenakan karateka didasarkan dari kemampuan seseorang dalam memahami jurus yang diajarkan.

Sabuk Karate

Sumber : https://www.madeformums.com/

Kala itu sabuk karate yang diciptakan khusus untuk karateka atau pemain karate hanya dibuat dalam dua warna saja yaitu hitam dan putih. Namun seiring berjalannya waktu para ahli mulai menambahkan warna lain untuk membagi tingkat kemampuan murid dan memotivasi mereka untuk giat berlatih ke tingkat berikutnya.

Simak juga Perbedaan Baju Bela Diri Untuk Karate, Judo dan Taekwondo.

Tingkatan Warna Sabuk Karate

Terkait dengan warna sabuk yang digunakan dalam seni bela diri karate, setiap perguruan karate atau tempat latihan karate pada prinsipnya juga memiliki standar yang berbeda dalam menentukan warna sabuk untuk masing-masing tingkatan pemakainya.

Meskipun begitu, urutan warna dan tingkatan sabuk karate yang kerap digunakan disebagian besar perguruan karate secara umum dapat digambarkan sebagai berikut.

1. Sabuk Karate Warna Putih

Sabuk karate warna putih menjadi sabuk pertama yang biasa dikenakan oleh murid karate. Sabuk putih ini melambangkan kelahiran hidup yang baru, sekaligus penanda bahwa pemakainya adalah seorang pemula yang baru pertama kali belajar karate dan teknik dasarnya.

  • Sabuk karate warna putih biasa digunakan untuk melambangkan kesucian, kemurnian dan kepolosan.
  • Sabuk karate warna putih menjadi simbol bahwa pemakainya belum mendapat pengetahuan menyeluruh tentang karate.

Sabuk Karate

Sumber : https://www.indiamart.com/

2. Sabuk Karate Warna Kuning

Sabuk karate warna kuning merupakan sabuk yang dikenakan oleh karateka pada kategori pemula namun sudah memiliki dasar-dasar karate. Seorang karateka yang memakai sabuk kuning inipun sudah diperbolehkan untuk mengikuti turnamen dasar.

  • Sabuk karate warna kuning menggambarkan sinar matahari.
  • Warna tesebut melambangkan pikiran karateka yang sekarang lebih terbuka untuk mengikuti instruksi dalam mempelajari ilmu karate.

Sabuk Karate

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

3. Sabuk Karate Warna Orange

Sabuk karate warna orange akan diberikan kepada murid yang dianggap sudah mulai mengerti teknik dasar karate dan memahami cara menjaga jarak yang baik dengan lawan.

  • Sabuk karate warna orange memiliki arti kekuatan matahari yang menghangatkan serta menyinari bumi.
  • Warna orange juga sering dianggap sebagai simbol dari ketekunan dan kegigihan seseorang untuk meningkatkan kemampuan dalam karate.

Sabuk Karate

Sumber : http://karateuniforms.in/

4. Sabuk Karate Warna Hijau

Sabuk karate warna hijau menjadi sabuk yang dianggap sebagai penghantar seorang pemula untuk menjadi senior, dalam artian seseorang yang memakainya sudah cukup ahli dalam teknik dasar.

  • Sabuk karate warna hijau melambangkan akar yang menembus tanah dan batang tanaman yang ingin mencapai ke arah matahari.
  • Dalam arti yang lebih spesifik sabuk karate warna hijau ini menunjukkan perkembangan keterampilan dan teknik karateka.

Sabuk Karate

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Sabuk Karate Warna Biru

Sabuk karate warna bitu menandakan bahwa seseorang sudah cukup ahli dalam memahami teknik lanjutan karate. Karenanya sabuk ini biasa diberikan kepada karateka yang sudah mencapai tingkatan lebih tinggi dan sudah mulai menunjukkan kemampuan serta komitmen yang cukup tinggi dalam karate.

Sabuk Karate

Sumber : http://karateuniforms.in/

6. Sabuk Karate Warna Ungu

Sabuk karate warna ungu akan diberikan kepada karateka yang berhasil menguasai dengan baik segala materi yang dipelajari ketika berada di tingkatan sabuk biru. Dalam seni bela diri, sabuk karate warna ungu ini menandakan bahwa seorang karateka semakin dekat dengan akuisisi sabuk hitam.

Warna ungu melambangkan warna langit yang tengah bertransisi menuju fajar. Harapannya orang yang menggunakan sabuk tersebut dapat menjadi karateka yang lebih baik dan memiliki semangat yang tinggi dalam mempelajari setiap materi yang diberikan.

Sabuk Karate

Sumber : http://karateuniforms.in/

7. Sabuk Karate Warna Coklat

Sabuk karate warna coklat merupakan sabuk yang biasa digunakan oleh senior dalam bela diri karate. Hal ini karena para karateka bersabuk coklat acap kali dijadikan sebagai asisten pelatih, yang mana sikap dan perilakunya menjadi panutan untuk para karateka junior.

Sabuk karate warna coklat melambangkan warna tanah yang bersifat stabil serta mempresentasikan benih yang telah matang dan siap untuk dipanen. Dalam arti yang lebih spesifik orang yang memakai sabuk ini diharapkan sudah memiliki tingkat kematangan dalam penguasaan materi serta siap menjadi karateka senior.

Sabuk Karate

Sumber : http://karateuniforms.in/

8. Sabuk Karate Warna Merah

Sabuk karate warna merah merupakan sabuk yang biasa diberikan kepada seseorang yang sudah cukup ahli dalam teknik karate tingkat lanjut dan siap naik ke tingkat tertinggi yaitu sabuk hitam.

Warna merah pada sabuk karate dapat dimaknai sebagai simbol bahaya. Dalam tingkatan ini pula karateka akan dibekali pemahaman mengenai bahaya dari penyalahgunaan ketrampilan yang dimiliki dan harapannya mereka dapat berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan agar tak berakibat fatal.

Sabuk Karate

Sumber : https://shopee.co.id/

9. Sabuk Karate Warna Hitam

Sabuk karate warna hitam menjadi sabuk tertinggi sekaligus sabuk terakhir dari seluruh tingkatan seni bela diri karate yang biasa digunakan oleh guru atau sensei yang memberikan pengajaran kepada para karateka di bawahnya.

Kemampuan karate yang dikuasai oleh pemegang sabuk hitam sendiri masih dibagi menjadi beberapa tingkatan lagi bahkan hingga 10 tingkat.

  • Tingkat pertama (shodan) adalah seseorang yang menguasai teknik dasar karate dengan baik di segala aspek.
  • Lalu tingkat tertinggi 9 dan 10 (kyudan dan kudan) merupakan gelar kehormatan untuk master karate yang benar-benar ahli.

Sabuk Karate

Sumber : http://leehans.blogspot.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai makna dari masing-masing warna sabuk yang digunakan sebagai pelengkap baju karate. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk membedakan tingkatan atau posisi seorang karateka melalui sabuk yang dikenakannya.

Kalau anda tertarik untuk membuat baju karate sendiri dengan pola baju yang sudah jadi, anda bisa mendownload Pola Baju Karate siap pakai dari kami. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.