Article

Homepage Article Fashion Design Mengenal Genderless Fashion,…

Mengenal Genderless Fashion, Trend Mode Yang Tidak Mengenal Batasan Gender

Dikenal sebagai salah satu konsep berbusana yang sedang populer di industri mode, genderless fashion hadir sebagai jawaban bagi setiap individu untuk tampil lebih berani dalam mengekspresikan diri mereka melalui gaya busana yang tidak mengenal batasan gender. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Genderless Fashion

Genderless fashion merupakan istilah dapat digunakan untuk menggambarkan kebebasan cara berpakaian yang lebih nyaman, tanpa dibatasi oleh gender tertentu. Dalam hal ini produk-produk fashion yang digunakan pun tidak dikhususkan ke satu gender saja tapi cenderung netral dan bisa dipakai oleh semua gender (pria maupun wanita).

Genderless Fashion

Sumber : https://www.harpersbazaar.com/

Catatan sejarah menyebutkan trend genderless sendiri dapat ditelusuri kembali pada tahun 1920-an dan  tahun 1930-an. Dimana pada masa itu beberapa pemikir dan seniman mulai mengejar kesetaraan gender dan menentang konvensi gender tradisional yang seringkali mengkotak-kotakkan pakaian berdasarkan jenis kelamin.

Genderless Fashion

Sumber : https://www.g-star.com/

Berawal dari situlah beberapa desainer dan merek mode kenamaan mulai berani untuk menghadirkan koleksi fashion item bertema genderless yang sekarang ini tengah populer dan mulai diterima secara luas oleh masyarakat sebagai salah satu bentuk cara mengekspresikan diri dengan bebas melalui pakaian.

Karakteristik Genderless Fashion

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada genderless fashion dan membedakannya dengan fashion item untuk trend mode yang lain diantaranya:

  • Memiliki desain yang unisex alias tidak terikat dengan jenis kelamin tertentu, seperti pakaian yang tidak memiliki fitur khas untuk pria atau wanita.
  • Palet warna yang netral dan terikat dengan jenis kelamin tertentu, seperti warna hitam, putih, abu-abu atau warna alami lainnya.
  • Terbuat dari material yang fleksibel dan dapat digunakan oleh pria maupun wanita, seperti Kain Katun, Kain Linen, Bahan Kaos dan berbagai bahan lain.
  • Memiliki siluet yang sederhana, desainnya cenderung minimalis dan aplikasinya tidak terlalu banyak.

Fashion Item Bertema Genderless

Untuk pelengkap gaya sehari-hari berikut beberapa fashion item yang dapat digolongkan sebagai genderless.

1. Kemeja

Kemeja merupakan salah satu jenis basic fashion essential yang dapat digunakan oleh pria dan wanita dari berbagai kategori usia. Untuk pilihan modelnya kemeja inipun dapat dijumpai dalam berbagai variasi yang berbeda, dari yang sederhana hingga yang elegan.

Genderless Fashion

Sumber : https://www.blibli.com/

Download pola kemeja siap pakai dari kami jika anda ingin mencoba untuk membuat kemeja sendiri dengan pola yang sudah jadi.

2. Celana Jeans

Berikutnya ada celana jeans yang kuat, kokoh dan sangat nyaman digunakan sebagai pelengkap gaya sehari-hari, baik itu untuk keperluan hangout, kuliah atau keperluan lain.

Genderless Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Kaos Oblong 

Kaos oblong juga merupakan pakaian yang bersifat genderless. Dengan tampilannya yang sedemikian simple tapi tetap memberi kesan keren pada penampilan, kaos ini sangat nyaman digunakan  sebagai pelengkap gaya sehari-hari oleh pria maupun wanita.

Genderless Fashion

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Kaos Polo

Kaos polo menjadi item fashion berikutnya yang bersifat paling genderless dibandingkan model baju yang lain. Bukan hanya cocok digunakan untuk acara-acara casual, tampilan kaos polo yang keren bisa juga dipakai untuk acara formal seperti kuliah bahkan bekerja.

Genderless Fashion

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Download Pola Kaos Dewasa Berkerah Ukuran SNI siap pakai dari kami jika anda ingin mencoba untuk membuat kaos polo sendiri dengan pola yang sudah jadi.

5. Overall

Overall yang dikenal pula dengan nama lain baju kodok juga termasuk ke dalam jenis fashion item yang bersifat genderless, karena bisa dikenakan oleh wanita ataupun para pria tanpa terkecuali. Untuk ide padupadannya anda bisa mengenakan overall ini dengan kaos polos.

Genderless Fashion

Sumber : https://id.aliexpress.com/

6. Jaket

Berikutnya ada jaket yang dapat digunakan sebagai pelengkap gaya sekaligus pelindung tubuh dari cuaca dingin. Untuk pilihan modelnya beberapa contoh jaket yang termasuk ke dalam kategori genderless fashion item antara lain berupa:

  • Jaket bomber yang memiliki ciri khas menggembung atau bulky dan dilengkapi saku kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri.
  • Jaket parka yang biasa dibuat dalam ukuran lumayan panjang hingga bagian lutut.
  • Jaket puffer yang memiliki ciri khas berupa lapisan empuk yang dan bergelombang pada tiap jahitan jadi tampilannya terkesan lebih bervolume.
  • Jaket varsity yang memiliki dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan dan dilengkapi pula dengan bur pada bagian leher, ujung lengan serta bagian bawahnya.
  • Jaket sukajan yang memiliki ciri khas berupa motif bordir  dengan warna kontras / mencolok.
  • Jaket denim dengan model klasik yang mempunyai ciri khas berupa saku di bagian sisi kiri dan kanannya.

Genderless Fashion

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Download Pola Jaket Bomber, Pola Jaket Parka, Pola Jaket Puffer, Pola Jaket Varsity dan Pola Jaket Denim dari kami jika anda ingin mencoba untuk membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

7. Coat

Coat alias mantel panjang juga termasuk fashion item yang dapat digunakan oleh semua gender. Seperti halnya jaket, coat inipun bisa digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan maupun pakaian pelindung tubuh saat cuaca dingin.

Genderless Fashion

Sumber : https://www.yesstyle.com/

8. Hoodie Jumper

Hoodie jumper yang memiliki tampilan sangat khas yakni biasa dilengkapi dengan tudung bertali dan kebanyakan dibuat dari Kain Baby Terry maupun Kain Fleece juga termasuk ke dalam jenis fashion item genderless yang dapat dikenakan oleh pria dan wanita.

Genderless Fashion

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Downlod pola hoodie jumper dari kami jika anda ingin mencoba untuk membuat jumper sendiri dengan pola yang sudah jadi.

9. Topi

Topi juga merupakan fashion item yang dapat digunakan oleh semua gender. Untuk anda yang suka berpetualang di alam bebas atau beraktifitas di luar ruangan anda bisa mengenakan topi ini sebagai pelindung rambut dan kepala dari cahaya matahari atau sekedar pelengkap gaya penampilan.

Genderless Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

10. Aksesoris

Tak kalah menarik dari sejumlah fashion item yang sudah disebutkan di atas, terdapat pula banyak aksesoris seperti ikat kepala, kacamata, kalung, gelang dan cincin yang dapat digunakan oleh pria dan wanita.

Genderless Fashion

Sumber : https://www.pinterest.ca/

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai penerapan konsep genderless dalam dunia fashion dan berbagai fashion item yang identik dengan gaya busana tersebut. Yang pasti kehadiran genderless fashion ini dapat memberikan pilihan yang lebih luas bagi semua orang untuk memilih busana yang nyaman tanpa terbatas oleh kategori gender.

Dengan semakin pesatnya perkembangan industri mode, konsep genderless sendiri tidak hanya menjadi trend di dunia fashion saja, namun juga meluas hingga ke dunia beauty. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya brand makeup dan skincare yang mulai menghadirkan produk-produk yang tidak ditujukan hanya untuk pria atau wanita saja.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.