Article

Homepage Article Fashion Design Mengenal Ballet Flats Yang…

Mengenal Ballet Flats Yang Kini Kembali Populer dan Bahan Pembuatannya

Butuh rekomendasi sepatu kekinian yang cocok dipakai untuk hangout, kuliah maupun bekerja?. Khusus untuk anda yang mau tampil beda dari biasanya, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengenakan ballet flats yang lebih berkesan ringan dan tengah populer di kalangan fashion enthusiast.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Ballet Flats

Ballet flats merupakan sejenis model sepatu tanpa hak yang pertama kali diciptakan pada tahun 1956 oleh seorang desainer berkebangsaan Italia yang bernama Rose Repetto. Sumber inspirasinya sendiri tidak lain adalah berasal dari model sepatu ballet yang biasa dikenakan oleh para ballerina ketika melakukan pertunjukan ballet.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://poshmark.com/

Kala itu Rose Repetto diketahui mendesain sepatu tanpa hak untuk seorang aktris, Brigitte Bardot yang bermain dalam film And God Created Woman. Model sepatu tersebut lantas menjadi sangat populer apalagi setelah dipakai oleh sejumlah public figure seperti Princess Diana dan Audrey Hepburn di tahun 1960-an.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://www.vmcyb.com/

Meski popularitasnya sempat mengalami pasang surut karena dianggap tidak sekeren sneakers dan berbagai model sepatu platform lainnya, dalam beberapa tahun terakhir ballet flats justru berhasil membuktikan eksistensinya sebagai fashion item sepanjang masa sejak berkembangnya gaya busana Balletcore Aesthetic.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://www.amazon.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan ballet flats dibandingkan dengan model sepatu yang lain yaitu:

  • Ballet flats memiliki desain yang ramping dan cocok digunakan untuk berbagai gaya.
  • Ballet flats memiliki bagian tumit yang benar-benar datar dan tidak membuat kaki terasa sakit saat mengenakannya.
  • Ballet flats memiliki sol yang sangat tipis sehingga sangat nyaman di gunakan untuk melakukan banyak aktifitas.

Bahan Pembuatan Ballet Flats

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, ballet flats yang biasa digunakan untuk pelengkap gaya penampilan wanita secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda. Beberapa diantaranya:

1. Kain Satin

Petama ada kain satin yang yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester untuk mendapatkan permukaan kain yang glossy dan berkilau sehingga lebih terkesan mewah saat digunakan.

Khusus untuk pembuatan ballet flats sendiri pada prinsipnya tidak semua jenis kain satin bisa dipakai. Salah satu yang paling cocok yaitu berupa kain satin bridal yang memiliki karakteristik kaku dan tebal.

  • Kain satin bridal terkenal halus, lembut dan licin.
  • Kain satin bridal cenderung agak berat, kaku dan berkilau pada sisi luarnya.
  • Kain satin bridal cukup tebal dan tidak mudah robek.
  • Kain satin bridal terkesan elegan, mewah dan berkelas.
  • Kain satin bridal memiliki serat kain yang rapat jadi bahannya tidak menerawang.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://www.whowhatwear.com/

Butuh bahan satin bridal berkualitas dengan harga murah untuk membuat sepatu?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Satin Bridal yang kami miliki.

2. Kain Bludru

Kedua ada kain bludru yang memiliki permukaan berbulu halus sama rata dan biasa dibuat dari fiber sintetis maupun alami. Ketika diaplikasikan pada ballet flats, kain ini mampu menunjukan sisi mewah namun tidak berlebihan dan nyaman dikenakan.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://us.vestiairecollective.com/

3. Bahan Kulit

Ketiga ada bahan kulit yang dapat memberi kesan mewah dan eksklusif pada ballet flats yang dihasilkan. Berdasarkan sumbernya, bahan kulit sendiri dapat dibedakan ke dalam dua kategori utama yakni:

  • Kulit asli (genuine leather) yang diperoleh dari pengolahan kulit asli binatang.
  • Kulit sintetis (faux leather) yang terbuat dari serat sintetis tapi tampilannya dibuat menyerupai kulit ali binatang.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://www.repetto.com/

4. Bahan Suede

Berikutnya ada bahan suede yang terbuat dari kulit bagian dalam dekat daging namun bisa juga dibuat dari full-grain. Selain unggul dari segi kualitas bahannya, tampilan sepatu yang dibuat dari bahan double suede ini juga tampak berkelas.

Khusus untuk pembuatan sepatu sendiri bahan suede dapat dijumpai dalam berbagai variasi bahan yang berbeda, sebut saja bahan real suede dan bahan double suede.

  • Bahan real suede merupakan salah satu jenis material yang tampilannya menyerupai suede (kulit bagian dalam) dengan permukaan berbulu halus.
  • Bahan double suede termasuk ke dalam salah satu bahan berbahan dasar serat poliester yang memiliki karakteristik lembut, halus dan menyerupai kulit suede.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://www.jcrew.com/

Butuh bahan suede berkualitas dengan harga murah untuk membuat sepatu?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Double Suede dan Kain Real Suede yang kami miliki.

5. Kain Lace

Kelima ada kain lace atau kain renda yang termasuk ke dalam jenis bahan kerawang (biku-biku) dibuat dari benang dirajut. Selain dimanfaatkan untuk membuat pakaian, bahan ini juga sering dipilih untuk membuat sepatu karena teksturnya yang mewah dan memberikan kesan aristokrat sekaligus sensual.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://www.amazon.com/

6. PVC

Keenam ada bahan PVC (Polyvinyl Chloride), salah satu bahan sintetis untuk membuat sepatu yang diciptakan dari banyak campuran bahan plastik dan sedikit bahan karet. Kelebihan PVC untuk membuat sepatu yaitu lebih ringan dan keras tapi sayangnya agak licin dan kurang elastis.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://id.aliexpress.com/

7. Bahan Tweed

Terakhir ada bahan tweed yang teksturnya menyerupai katun tapi cenderung kasar. Bahan ini biasanya juga ditenun menggunakan benang dengan warna yang berbeda-beda untuk membentuk pola serta warna yang dinamis.

  • Bahan tweed dapat dibuat dengan variasi tenunan dasar atau turunannya menggunakan benang wool.
  • Warna yang digunakan umumnya berasal dari pewarna alami yang direndam dengan serat wool.

Sepatu Ballet Flats

Sumber : https://www.thefifthcollection.com/

Tips Padupadan Ballet Flats

Tertarik untuk mengenakan ballet flats sebagai sepatu andalan anda saat melakukan aktifitas sehari-hari?. Untuk keperluan hangout, kuliah, bekerja atau keperluan lain anda bebas mengeksplorasi gaya berpakaian dan memadukannya dengan  jenis sepatu ini.

  • Misalnya anda mau tampil lebih maksimal dalam balutan outfit yang bertema street style, maka anda bisa memadupadankan ballet flats dengan celana kargo dan bucket hat.
  • Untuk anda yang mau tampil lebih feminin dengan ballet flats, anda bisa memadupadankannya dengan berbagai model dress dan cardigan.
  • Selain itu ballet flats berbahan satin yang elastis dan nyaman bisa juga dipadupadankan dengan Cheongsam dan berbagai outfit lain untuk perayaan tahun baru Imlek.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai asal usul ballet flats dan bahan yang banyak digunakan sebagai bahan utamanya. Dengan mengetahui apa saja bahan yang bisa dipakai untuk membuat ballet flats semoga anda bisa lebih mudah menemukan ballet flats yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.