Article

Homepage Article Kain 10 Keunggulan Kain Satin…

10 Keunggulan Kain Satin Velvet dan Produk Fashion Yang Bisa Dibuat Dari Bahan Ini

Butuh rekomendasi bahan kain yang memiliki karakteristik halus, licin dan berkilau, sebagai alternatif bahan pengganti kain sutra?. Buat kamu yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana, mungkin kamu bisa memilih kain satin velvet yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga terbukti unggul dari segi kualitas bahannya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Satin Velvet

Kain satin velvet termasuk ke dalam jenis kain dari keluarga satin yang dibuat dari bahan dasar serat poliester. Sesuai dengan namanya kini inipun secara umum ditenun menggunakan teknik anyaman satin sehingga pada salah satu permukaannya terlihat mengkilap, halus, rapat dan juga dapat memantulkan cahaya dengan lebih baik dibandingkan anyaman tekstil yang lainnya.

Kain Satin Velvet Kain Satin Velvet

Sumber : https://fitinline.com

Keunggulan Kain Satin Velvet

Selayaknya bahan kain yang biasa digunakan sebagai bahan pakaian, kain satin velvet inipun sebenarnya juga menawarkan banyak keunggulan lho. Beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa kamu harus memilih kain satin velvet diantaranya:

1. Tampilannya Mewah dan Elegan

Kain satin velvet memiliki ciri yang sangat khas yakni salah satu sisinya tampak mengkilap, sedangkan sisi lainnya cenderung doff / tidak mengkilap jadi tampilan yang dihasilkan terkesan mewah, elegan dan anggun saat digunakan sebagai bahan pakaian.

2. Bahannya Halus dan Lembut

Kain satin velvet termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki karakteristik halus dan lembut ketika bersentuhan dengan permukaan kulit. Karakteristik bahannya yang lembut juga dipengaruhi oleh kerapatan benang yang menyusun kain satin velvet.

3. Licin Tapi Mudah Dibentuk

Permukaan bagian baik dari kain satin velvet cenderung bersifat licin. Meski demikian, kain ini pada dasarnya cukup mudah untuk dibentuk dan dijahit menjadi berbagai model busana bahkan yang memiliki pola rumit sekalipun.

4. Tidak Panas Saat Dipakai

Kain satin velvet termasuk kedalam jenis bahan kain yang tidak panas dan cukup nyaman dipakai untuk banyak keperluan.

5. Ringan dan Jatuhnya Bagus

Kain satin velvet termasuk ke dalam jenis bahan kain yang ringan dan terkesan jatuh ketika digunakan. Sifat drape (sifat jatuh) yang dimiliki kain satn velvet inipun tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan varian satin yang lain.

  • Kain satin velvet jatuhnya tampak bagus, elegan dan tampak flowy begitu dikenakan.
  • Busana yang dibuat dari kain satin velvet inipun tidak terasa berat sekalipun modelnya dibuat bertumpuk.

6. Bahannya Tidak Menerawang

Kain satin velvet cenderung tidak menerawang atau tembus pandang. Dengan karakteristik bahannya yang tidak menerawang, penggunaan furing pada busana yang dibuat dari bahan inipun bersifat optional.

7. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kain satin velvet cenderung tidak mudah kusut, jadi membutuhkan sedikit waktu dan usaha dalam perawatan. Sifat kainnya yang tidak mudah kusut dipengaruhi oleh kandungan serat polyester yang ada pada kain.

8. Punya Banyak Pilihan Warna

Kain satin velvet tersedia dalam banyak pilihan warna yang menarik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu warna yang dimiliki kain princess juga terkesan lebih hidup karena kain ini dikenal memiliki kemampuan untuk mengikat bahan pewarna dengan baik.

9. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Kain satin velvet warnanya tidak akam mudah pudar ataupun berubah jadi kusam. Jadi sekalipun sudah dicuci berulang kali warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak mudah luntur.

10. Harganya Cuku Terjangkau

Kain satin velvet termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki tampilan seperti kain sutera namun dengan harga yang jauh lebih murah. Karena alasan itu pula, kain ini juga kerap dijadikan sebagai alternatif bahan pengganti kain sutra.

Kegunaan Kain Satin Velvet

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain satin velvet umumnya sangat populer untuk membuat hijab, gamis, dress, blus, tunik, rok, furing dan masih banyak lagi bermacam-macam produk lain yang tidak kalah menarik. 

1. Hijab

Hijab menjadi salah satu produk fashion yang dapat dibuat dari kain satin velvet. Dengan karakteristik bahannya yang mewah dan terkesan elegan, hijab yang diciptakan dari bahan inipun sangat cocok dipakai untuk berbagai keperluan formal, semi formal maupun casual.

Kain Satin Velvet

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Simak juga 3 Kreasi Jilbab Satin Velvet Untuk Tampil Lebih Elegan dan Berkelas.

2. Gamis

Berikutnya ada gamis wanita yang biasa dibuat dalam model terusan longgar. Untuk pilihan modelnya gamis yang dibuat dari bahan ini antara lain berupa:

  • Gamis model layering yang memiliki aksen bertumpuk pada bagian badannya.
  • Gamis model draperi atau aksen kerut yang berpusat di bagian pinggang sementara bahan di bawahnya dibiarkan menjuntai.
  • Gamis berdetail obi yang dilengkapi dengan sabuk pinggang dari bahan kain.
  • Gamis berdetail ruffle pada bagian lengan, bagian dada ataupun bagian bawahnya.

Kain Satin Velvet

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Dress

Untuk pelengkap gaya penampilan yang glamor saat pesta, kain satin juga bisa diandalkan sebagai bahan utama pembuatan dress wanita. Dress yang dibuat dari kain satin velvet inipun bisa kamu gunakan untuk pesta pernikahan, pesta ulang tahun dan berbagai acara penting lainnya.

Kain Satin Velvet

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Blus

Tak kalah menarik dari fashion item sebelumnya, kain satin velvet juga ideal digunakan sebagai bahan blus wanita. Untuk mempercantik tampilannya, blus yang dibuat dari bahan inipun dapat diberi tambahan renda ataupun ruffle.

Kain Satin Velvet

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Tunik

Selain blus, kain satin velvet juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tunik yang longgar dan biasa dibuat dalam berbagai ukuran panjang yang berbeda-beda, ada yang panjangnya sebatas lutut ada juga yang panjangnya sampai sebatas betis.

Kain Satin Velvet

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Rok

Selanjutnya ada rok yang dapat digunakan untuk menutupi bagian bawah tubuh, khususnya pada bagian pinggang hingga lutut atau bahkan hingga ke pergelangan kaki. Selain memberi kesan feminim, rok yang dibuat dari bahan ini juga memiliki efek flowy dan menonjolkan sisi sensual seorang wanita.

Kain Satin Velvet

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Furing

Untuk membuat busana yang bahan dasarnya cenderung menerawang atau tembus pandang seperti brokat ataupun tile, kain satin velvet bisa juga dijadikan sebagai furing / pelapis bagian dalam busana.

Kain Satin Velvet

Sumber : https://shopee.ph/

8. Aksesoris

Buat kamu yang suka membuat kerajinan tangan, kamu juga bisa memanfaatkan kain satin velvet sebagai bahan pembuatan scrunchie alias aksesoris yang didesain untuk mengikat rambut.

Kain Satin Velvet

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Simak juga DIY : Tutorial Membuat Ikat Rambut (Scrunchie) Dari Bahan Kain.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan kain satin velvet dan berbagai produk yang dibuat dari bahan tersebut. Dengan mengetahui keunggulan yang dimiliki kain satin velvet semgoga kamu bisa lebih mudah untuk menenukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain satin velvet berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai model busana wanita?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Satin Velvet (BFC) yang kami miliki.

Kalau kamu ingin membuat busana wanita dengan busana yang sudah jadi kamu juga bisa mendownload Pola Baju Wanita siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.