Article

Homepage Article Desain Fesyen Mengenal Fungsi dan Cara…

Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Plotter Dalam Industri Garmen

Sebagai salah satu industri yang cukup menjanjikan, industri garmen memang selalu berevolusi dari masa ke masa mengikuti peradaban manusia. Salah satunya yaitu ditandai dengan hadirnya mesin cetak berupa plotter yang memiliki fungsi penting untuk mencetak pola baju bahkan memotong bahan sekaligus.

Pengertian Plotter

Plotter dapat didefinisikan sebagai mesin cetak yang dirancang khusus guna menghasilkan gambar di atas media tertentu seperti halnya kertas atau bahan lain. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, berbagai gambar yang diinputkan akan dicetak secara sempurna menggunakan tinta pewarna. 

Plotter Garment

Sumber : https://rabbitlaser.en.made-in-china.com/

Plotter bisa juga diartikan sebagai sebuah printer besar yang sangat berhubungan dengan pemakaian software garmen. Jadi setelah pembuatan pola dan marker selesai selanjutnya pola tinggal di print melalui plotter. Lebar dan panjang hasil plot 100% sama dengan panjang dan lebar kain yang akan digunakan untuk produksi.

Plotter Garment

Sumber : https://rabbitlaser.en.made-in-china.com/

Khusus untuk membuat pola baju dalam bentuk digital sendiri terdapat beberapa macam software garmen yang dapat digunakan beberapa diantaranya optitex, accumark gerber, lectra kaledo, PAD System, Style CAD dan gemini CAD.

1. Optitex

Optitex merupakan software untuk membuat pola busana secara komputerisasi yang telah diprogramkan di komputer. Optitex sendiri memiliki beberapa program utama yang terdiri dari pattern design system, marker, grade, modulate dan lain-lain.

2. Accumark Gerber

Accumark gerber mengoperasikan sistem grading, pengembangan serta modifikasi pola pakaian dalam berbagai jenis dan ukuran. Dengan fasilitas digital yang dimilikinya, akurasi distorsi ukuran dapat dikurangi semaksimal mungkin.

3. Lectra Kaledo

Kaledo dapat dikatakan sebagai software fashion design yang paling bagus dan sempurna. Kaledo memiliki semua elemen yang diperlukan desainer dalam membuat pakaian yang dimaksudkan untuk catwalk, bahkan untuk produksi skala massal.

4. PAD System

PAD system merupakan software dalam desain mode yang dapat dioperasikan dalam format 3 dimensi dan animasi, sehingga memungkinkan desainer untuk membuat desain busana dalam berbagai ukuran mendekati kondisi busana yang telah jadi.

5. Style CAD

Style CAD menjadi software garmen berikutnya yang memiliki fitur cukup lengkap yakni berupa pattern design, grading dan marking system yang dikembangkan untuk mempermudah proses produksi pakaian, khususnya dalam hal pembuatan pola baju.

6. Gemini CAD

Gemini merupakan satu-satunya pattern apps yang dilengkapi dengan alat bernama digitizer. Fungsi utamanya yaitu untuk merubah data pola dari pola karton menjadi data computer dengan cara memotret pola basic yang digelar di atas meja.

  • Penggunaan digitizer untuk sebagian perusahaan bersifat optional, bukan menjadi kebutuhan utama apalagi jika operator software garmen sudah sangat pintar membuat pola komputerisasi.
  • Namun untuk beberapa perusahaan, digitizer tetap dianggap penting untuk beberapa alasan. Pemindahan pola basic dengan menggunakan camera digitizer ini pun sangat singkat hanya 10 detik.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan software garmen antara lain berupa:

  1. Pembuatan pola (pattern), grading (size pack) dan marker menjadi sangat mudah dan cepat.
  2. Efisiensi SDM bisa hanya 1 orang saja untuk pembuatan pola hingga marker.
  3. Pembuatan marker bisa diselesaikan hanya dalam waktu 5 menit.
  4. Data bukan berupa karton lagi namun berupa file computer.
  5. Kesalahan pembuatan pola dan marker bisa diminimalisir
  6. Efisiensi pemakaian kain bisa langsung diketahui sehingga bisa diketahui biaya produksi setiap produk.

Fungsi Utama Plotter

Mengacu pada pengertian bahwa plotter merupakan mesin cetak grafis, fungsi plotter pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan printer karena keduanya sama-sama berguna untuk mencetak gambar dari inputan file komputer. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran media yang dipakai dalam mencetak gambar.

  1. Untuk mencetak gambar dengan menggunakan plotter kertas yang digunakan harus lebih besar dari kertas biasa yaitu sebesar gambar arsitektur.
  2. Untuk plotter jenis terbaru saat ini juga sudah terdapat plotter inkjet dan laser.
  3. Khusus di industri garmen dan konveksi plotter biasa digunakan untuk mencetak pola baju dalam ukuran besar.
  4. Bahan yang digunakan untuk mencetak gambar pada plotter bisa berupa kertas, kulit, kain maupun bahan lain yang sejenis.

Jenis Plotter Dan Prinsip Kerjanya

Bergantung pada desain dan kegunaannya plotter yang biasa digunakan untuk mencetak gambar sendiri sebenarnya juga dapat dibedakan menjadi beragam varian lho. Beberapa jenis plotter yang dimaksud yaitu ada plotter pena, plotter elektrostatis, plotter thermal, plotter pemotong dan plotter format lebar.

1. Plotter Pena

Plotter pena merupakan plotter yang berfungsi untuk mencetak gambar menggunakan satu pena atau sejumlah pena di atas media cetak seperti halnya kertas. Plotter pena tidak menghasilkan keluaran berbentuk pola titik-titik atau garis-garis tetapi dalam bentuk garis kontinyu.

  • Plotter pena hanya mampu menggambar garis bukan gambar raster seperti printer percetakan biasa.
  • Setiap melakukan proses pewarnaan, plotter pena tidak mampu mewarnai satu blok.

2. Plotter Elektrostatis

Plotter elektrostatis dapat digunakan untuk mencetak gambar  dengan cara meletakkan kertas pada tempat datar kemudian dibuat seperti mesin foto copy yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas. Tegangan listrik kemudian akan menarik tinta untuk melekat pada kertas lalu tinta akan dicairkan dengan pemanas.

  • Dari segi kualitas plotter elektrostatis lebih baik plotter pena.
  • Tetapi kalau dilihat dari segi kecepatannya lebih baik plotter elektrostatis.

3. Plotter Thermal

Plotter thermal fungsi kerjanya menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis kemudian pin tersebut dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas sehingga berbentuk gambar. Kelebihan plotter thermal yaitu dapat digunakan pada kertas maupun pada film buram.

4. Plotter Pemotong

Plotter pemotong merupakan salah satu jenis plotter yang berfungsi untuk memotong bahan tertentu seperti bahan vinyil, karet, gabus, kulit dan lainnya. Penggunaan jenis plotter pemotong pada industri sepatu maupun industri garmen yaitu untuk memotong pola atau bahan sekaligus.

Komponen Utama Plotter

Beberapa komponen utama yang menyusun mesin plotter diantaranya: 

  1. Printhead atau kepala cetak adalah komponen paling utama yang berfungsi untuk menyemprotkan tinta ke media cetak. Semakin tinggi resolusi dari printhead maka semakin bagus hasil cetakannya.
  2. Catridge atau tempat tinta, berfungsi sebagai penampung tinta. Biasanya diletakkan di bagian kanan atau kiri dari mesin plotter sebelah belakang.
  3. Mainboard berfungsi untuk menancapkan alat-alat lainnya sehingga mesin plotter bisa bekerja dengan optimal.
  4. Rol kertas, komponen ini berfungsi untuk menaruh kertas atau media yang akan di cetak.
  5. Heater berfungsi sebagai pengering agar tinta yang disemprotkan ke media cetak cepat kering.
  6. Cutter berfungsi untuk memotong media yang telah dicetak.

Cara Kerja Plotter

Dilihat dari sistem dan cara kerjanya, plotter sebenarnya sama saja dengan printer. Yang membedakan keduanya hanyalah dari segi ukuran plotter jauh lebih lebar dan besar dibanding dengan printer jadi kertas yang dipergunakan pun juga lebih lebar dari kertas biasa yakni sama dengan panjang dan lebar kain.

Selain ukurannya yang lebih besar dari pada printer pada umumnya, plotter juga memiliki kemampuan untuk print dalam skala yang besar. Oleh karena itulah plotter masih jarang di jumpai karena tidak terlalu sering di gunakan orang dan biasanya hanya digunakan di sejumlah industri garmen skala besar.

Kelebihan dan Kekurangan Plotter

Beberapa kelebihan paling mendasar yang menjadikan plotter banyak disukai oleh pelaku industri garmen diantaranya:

  1. Plotter dapat mencetak halaman kerja dengan skala yang besar di atas kertas yang lebar serta memiliki kecepatan dan dan kualitas cetak yang baik.
  2. Pemapatan dari head plotter lebih teratur dan merapat sehingga hasil dari cetakan plotter lebih bagus dan tidak mudah pecah.
  3. Dalam plotter pena proses pengerjaan atau dalam proses pencetaknya menggunakan teknik line per line sehingga cetakan yang dihasilkan pastinya lebih bagus.
  4. Dalam plotter pemotong kelebihanya dapat sekaligus mencetak pola. Contoh pemanfaatannya yaitu pada industri sepatu atau industri pakaian, dimana fungsi plotter untuk memotong pola atau bahan sekaligus.
  5. Memiliki port dan slot memory atau media penyimpanan seperti memory micro yang langsung dapat diintegrasikan dengan plotter tanpa melakukan kerja dikomputer.
  6. Sampai saat ini sudah ada plotter yang dilengkapi dengan LCD yang melekat pada bagian depan plotter sehingga dapat memudahkan user atau pengguna ketika memilih objek yang akan dicetak tanpa menggunakan kerja dari komputer.
  7. Saat digunakan untuk mencetak plotter tidak menimbulkan suara bising.

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya plotter sebenarnya juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  1. Terdapat beberapa jenis plotter yang cepat mengalami panas terutama pada pin dan juga pena yang dipakai untuk mencetak pada plotter, seperti ploter thermal dan juga plotter pena.
  2. Sulit untuk mencetak format kertas yang ukuranya lebih kecil dan juga hasilnya tidak memuaskan.
  3. Plotter mudah menghabiskan tinta karena mencetak dalam format ukuran yang lebar.
  4. Spare part dan accesoriess yang dimiliki oleh mesin cetak plotter harganya cukup mahal bahkan bisa dibilang sangat mahal.
  5. Plotter sangat memakan tempat karena ukurannya yang relative besar membutuhkan ruang penyimpanan yang cenderung lebih luas.

Demikian pembahasan singkat mengenai definisi plotter, fungsi plotter, komponen plotter, cara kerja plotter serta kelebihan dan kekurangan plotter yang dapat kami bagikan untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seberapa penting keberadaan plotter dalam industri garmen.

Lebih tertarik untuk membuat kemeja, celana, gamis, blouse, baju koko, jaket atau model pakaian lain yang tidak kalah keren tapi masih sering menemukan sedikit kesulitan saat membuat polanya?. Kalau anda mau cara yang lebih praktis download saja pola baju siap pakai dari kami.

Beberapa contoh pola baju siap pakai yang bisa anda gunakan untuk membuat pakaian diantaranya:

1. Pola Celana Training

Pola celana training merupakan pola celana olahraga yang bisa dipakai untuk membuat celana casual untuk pelengkap penampilan berolahraga maupun untuk kegiatan lain.

2. Pola Jaket Raglan Zn

Pola jaket raglan Zn merupakan pola jaket casual yang menggunakan jenis bahan kain Zn dengan potongan lengan raglan.

3. Pola Kaos Polo Dewasa

Pola kaos polo dewasa merupakan pola kaos model polo yang biasanya dipakai untuk suasana semi formal maupun casual.

4. Pola Jaket Puffer

Pola jaket puffer merupakan pola jaket yang biasanya dipakai di daerah dingin. Karakteristiknya jaket puffer sendiri umumnya cenderung lembut dan empuk.

5. Pola Jaket Parka

Pola jaket parka merupakan pola jaket model parka yang biasanya dipakai jaket penghangat di daerah dingin.

6. Pola Jaket Denim

Pola jaket denim merupakan pola jaket berbahan kain denim yang paling umum dipakai untuk suasana kasual.

7. Pola Jaket Bomber

Pola jaket bomber merupakan pola jaket model bomber yang biasanya dikenakan oleh para pilot pesawat perang tapi saat ini lebih banyak digunakan untuk bergaya di berbagai suasana.

8. Pola Jaket Varsity

Pola jaket varsity merupakan pola jaket varsity yang biasanya dikenakan oleh mahasiswa mahasiswa sebagai identitas kampus saat kegiatan perkuliahan.

9. Pola Outer dan Celana Santai Ala Rossa

Pola outer dan celana santai ini merupakan jenis pola baju yang dapat anda gunakan untuk membuat pakaian sehari-hari yang trendy.

10. Pola Outer Ala Raisa

Pola outer ala Raisa merupakan pola baju yang dapat anda jadikan elemen tambahan dalam satu look agar tempilan anda seketika menjadi lebih stylish.

11. Pola Blus Brokat Ala Raisa

Pola blus brokat ala Raisa merupakan pola baju bermodel longgar yang bisa anda pakai untuk membuat pakaian pesta atau kondangan.

12. Pola Baju Kaftan Ala Dian Sastro

Pola kaftan ala Dian Sastro merupakan pola baju berpotongan longgar dan panjang yang dilengkapi dengan aksen draperi pada bagian roknya.

13. Pola Baju Kaftan Ala Sandra Dewi

Pola kaftan ala Sandra Dewi merupakan salah satu pola model pakaian berpotongan longgar dan panjang yang bisa anda pakai untuk membuat baju pesta maupun baju lebaran.

14. Pola Baju Gamis Ala Dian Sastro

Pola gamis ala dian sastro merupakan pola yang dibuat dalam bentuk terusan panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.

15. Pola Baju Koko Ala Dude Herlino

Pola baju koko ala Dude Harlino merupakan pola baju pria yang dapat anda gunakan untuk membuat baju lebaran, baju kerja, maupun baju sehari-hari.

16. Pola Blus Variasi Ala Raisa

Pola blus variasi ala Raisa merupakan pola baju bermodel longgar dengan variasi godet di bagian bawah yang bisa anda pakai untuk kesempatan casual maupun semi formal.

17. Pola Blus Cloud Shoulder Ala Momo Twice

Pola blus cloud shoulder ala Momo Twice merupakan pola baju bermodel terbuka di bagian bahu yang memiliki tampilan sangat fashionable.

18. Contoh pola baju siap pakai yang lainnya bisa anda lihat Di Sini.

Khusus untuk anda yang sudah mendownload pola siap pakai namun masih membutuhkan sedikit penyesuaian, maka anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Cara Mudah Mengubah Pola Baju Siap Pakai Agar Ukurannya Sesuai Model.

Selain menggunakan pola baju siap pakai anda juga bisa memesan pola baju secara custom dari kami lho. Cara melakukan pemesanan yaitu:

  1. Klik Menu Shopping kemudian pilih Customs. Disini sistem akan menampilkan form pemesanan Kustom.
  2. Isi semua data termasuk upload data gambar. Klik Submit.
  3. Order akan di-review oleh tim internal Fitinline dan selanjutnya akan dihubungi melalui email.

Bisa juga melalui email ke cs@fitinline.com dengan menyebutkan produk yang akan dibuat, model, ukuran, jenis material dan alamat pengiriman. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.