Article

Homepage Article Cara Menjahit Peralatan Esensial Jahit…

Peralatan Esensial Jahit Menjahit (Bagian 1)

Hi Sis! Selamat datang dan menyimak artikel-artikel kami. Untuk kamu-kamu yang suka atau pengin belajar jahit menjahit, pantengin terus channel ini :)

Nah untuk bahasan pertama, kami akan mengulas mengenai peralatan esensial jahit menjahit. Karena bahasan ini cukup panjang, kami bagi menjadi beberapa bahasan ya ... Stay tune!

Sebelum kamu menjahit, pastikan kamu punya peralatan yang akan kami bahas berikut. Nggak wajib semua sih, tapi kalo kamu mau hasil jahitan ala butik, paling enggak usahin peralatan wajibnya ada. Nanti kita bahas pas praktek jahit.

1) Jarum Jahit Tangan

Secara garis besar ada 5 jenis jarum jahit tangan:

  • Sharp (runcing): berujung runcing, jenis jarum dengan panjangnya rata-rata, dan yang paling umum digunakan.
  • Quilting (kerajinan tambal): lebih pendek dari sharp, dengan lubang jarum yang kecil, biasanya untuk kerajinan tangan dan quilting.
  • Embroidery (bordir): sama panjangnya dengan sharp, tapi dengan lubang yang lebih lebar.
  • Ball point (ujung bulat): Gunanya untuk menjahit di permukaan yang penuh dengan rajutan.
  • Chenille: lingkarnya lebih besar, dengan lubang yang panjang dan lebar, gunanya untuk pita dan bordir berat dimana lubang dapat dengan mudah menampung beberapa helai benang. Ujung yang sangat tajam membuatnya mudah untuk menjahit melalui kain kasar.

Jarum jahit tangan

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.


2) Jarum Jahit Mesin

Ada beberapa jenis jarum jahit mesin:

  • Universal: Digunakan secara umum untuk hampir semua jenis kain.
  • Ballpoint and stretch: Digunakan untuk kain yang berjenis berat, sweater rajut, kain elastis seperti spandex atau lycra.
  • Microtex and sharp: untuk kain berserat kecil, kulit sintetis, pinggiran kain yang harus dijahit tepat.
  • Leather: untuk menjahit kulit asli.
  • Denim (jeans): Untuk jeans tebal, kanvas, kain pelapis, kulit palsu, vinyl.
  • Handicap/self-threading: Jarum ini khusus digunakan untuk penjahit yang punya masalah dengan penglihatan. Ini adalah jenis jarum universal dengan lobang jarum yang khusus.

Jarum jahit mesin

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Aturan dasarnya adalah memilih jarum yang yang lebih kecil dan ramping untuk kain yang tipis dan yang lebih besar untuk kain yang lebih tebal. Kalau jarum patah saat menjahit, berarti jarum itu terlalu kecil- pilihlah nomor yang lebih besar. Kalau jahitan tertarik atau lompat, kemungkinan jarumnya terlalu besar- pilihlah nomor yang lebih kecil. Nomor untuk Eropa adalah 60-120 dan Amerika 9-20. Semakin besar nomornya, semakin kuat/besar jarumnya.

3) Jarum Pentul

Jarum pentul banyak sekali kegunaannya dalam proses jahit menjahit dari awal hingga finishing. Carilah jarum pentul yang dijamin tahan karat (biasanya paling mahal), karena kalau sampai berkarat dipastikan akan merusak kain.

Jarum pentul

Kebayang kan? ... kalo ada yang kurang jelas, jangan segan-segan untuk bertanya ya!

Masih banyak item lagi untuk dibahas .. bersambung ya Sis!

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.