Article

Homepage Article Kain Tekstil Memotong Bahan Kain Dengan…

Memotong Bahan Kain Dengan Rotary Cutter

Rottary cutter merupakan alat pemotong bahan kain tekstil yang diciptakan oleh Yoshiro Okada (OLFA) pada tahun 1979. Meski pada awal kemunculannya alat ini hanya digunakan oleh para penjahit, namun pada perkembangannya rotary cutter mulai diadopsi sebagai perlengkapan standar dalam pembuatan quilting, patchwork, maupun kerajinan tangan lainnya seperti scrapbook. Sesuai dengan namanya rotary cutter dilengkapi dengan handle dan pisau tajam berbentuk bulat yang dapat berputar 360 derajat. 

Rotarry Cutter

Sumber : http://www.sew4home.com

Bentuknya yang melingkar, sangat mudah digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan kain dengan hasil yang jauh lebih rapi dan akurat. Selain itu, penggunaan rotary cutter juga memudahkan anda dalam membuat obyek persegi panjang dan bujur sangkar dari beberapa lapis kain pada saat yang bersamaan dalam waktu yang relatif lebih singkat. 

Rotarry Cutter

Sumber : https://www.youtube.com

Seperti gunting bahan kain tekstil pada umumnya, rotarry cutter yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan quilting tersedia dalam berbagai variasi ukuran dan merek. Mulai dari rotarry cutter berukuran kecil yang memiliki diameter 18 mm dan 28 mm, rotarry cutter sedang yang berdiameter 45 mm, hingga rotary cutter berukuran besar yang memiliki diameter 60 mm. 

Rotarry Cutter

Sumber : http://www.allparenting.com

Rotarry cutter berukuran kecil bisa digunakan untuk memotong 1 atau 2 lapis kain dalam bentuk lengkung yang kecil, fussy cutting, dan bentuk template yang tidak teratur. Sedangkan rotarry cutter yang berukuran sedang dapat digunakan untuk memotong 4 lapis bahan kain. Sementara rottary cutter yang berukuran besar biasa digunakan untuk memotong 8 lapis kain dalam bentuk lurus maupun lengkung yang lebih besar. 

Rotarry Cutter

Sumber : http://www.havelssewing.com  

Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menggunakan rotary cutter :

  • Selalu gunakan non-slip ruler atau penggaris khusus yang dirancang untuk digunakan bersama dengan rotary cutter.
  • Pada saat memotong bahan kain, gerakkan rotary cutter menjauh dari badan.
  • Untuk menjaga akurasi dan konsistensi pengukuran, tempatkan cutter tegak lurus terhadap penggaris.
  • Bila tidak digunakan, kembalikan pisau ke posisi aman untuk mencegah kecelakaan bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Rotarry Cutter

Sumber : http://quilting.about.com

Supaya pisau yang terdapat pada rotary cutter tidak mudah tumpul, maka dalam memotong kain selalu gunakan cutting mat yang dilengkapi dengan grid sebagai alasnya, sekaligus untuk memudahkan seseorang membuat quilt atau patchwork dalam bentuk yang rapi dan lebih teratur. 

Rotarry Cutter

Sumber : http://static-americas.fiskars.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.