Article

Homepage Article Jahit Menjahit Lakukan 5 Hal Berikut Agar…

Lakukan 5 Hal Berikut Agar Gunting Kain Yang Anda Miliki Tetap Tajam

Sebagai salah satu peralatan berharga yang wajib dimiliki oleh penjahit, gunting kain yang biasa digunakan dalam proses pemotongan bahan pastinya membutuhkan perawatan khusus agar kondisinya tetap terjaga dengan baik. Mau tahu hal penting apa saja yang harus diperhatikan untuk merawat gunting kain anda?. Simak pembahasannya yuk...

Merawat Gunting

Sumber : http://www.ebay.com/

Potong Kain Saja

Gunakan gunting kain khusus untuk memotong bahan kain saja, jangan gunakan gunting kain untuk memotong bahan yang lain seperti plastik atau kertas. Sediakan gunting lain sebagai cadangan jika nanti anda membutuhkannya untuk memotong bahan selain kain, seperti pita, pola, atau interfacing.

Merawat Gunting

Sumber : https://www.craftsy.com/

Untuk mengetahui gunting seperti apa yang bagus untuk memotong bahan kain anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai 5 Tips Memilih Gunting Kain Yang Tepat pada artikel Fitinline terdahulu.

Jauhkan Gunting Dari Jarum Pentul

Ketika hendak menggunting bahan kain perhatikan letak jarum pentul yang disematkan pada kain. Pastikan pisau gunting yang anda gunakan untuk memotong bahan kainnya tidak bersentuhan dengan batang jarum pentul. 

Merawat Gunting

Sumber : http://www.thirdstopontheright.com/

Mengasah Gunting

Supaya gunting kain yang anda miliki tetap tajam usahakan untuk selalu mengasah gunting secara teratur dengan alat asah yang bagus. Jika tidak memiliki alat sendiri asahlah gunting pada tempat yang profesional.

Merawat Gunting

Sumber : http://www.kiozorenz.com/

Lap Sampai Bersih

Usai digunakan pastikan anda selalu membersihkan gunting kain dengan cara mengelapnya menggunakan bahan yang bertekstur lembut dan kering. Hal ini penting untuk dilakukan agar pisau gunting terbebas dari serat dan bulu kain lainnya.

Jauhkan Dari Tempat Yang Lembab

Untuk mencegah terjadinya kerusakan atau degradasi gunting yang terbuat dari logam usahakan untuk selalu menjaga kelembaban pada gunting. Cara paling mudah yaitu dengan meletakkan gunting pada tempat khusus yang bersih dan terbebas dari debu.

Merawat Gunting

Sumber : http://www.fabrics-store.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sahabat Fitinline jadi makin tahu kan apa saja yang seharusnya dilakukan untuk merawat gunting kain anda agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.