Article

Homepage Article Fashion Design Mengapa Celana Memiliki…

Mengapa Celana Memiliki Resleting di Depan Sementara Rok di Belakang?

Biasa menggunakan celana atau rok yang dilengkapi dengan resleting, tapi pernah tidak kalian terpikir alasan mengapa celana memiliki posisi resleting di bagian depan sedangkan rok di bagian belakang?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu yuk simak pembahasan berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Resleting

Resleting yang juga dikenal sebagai zipper dalam bahasa Inggris termasuk ke dalam salah satu komponen yang dapat dijumpai pada banyak pakaian, termasuk celana dan juga rok. Beberapa fungsi penting dari resleting yang perlu kamu ketahui yaitu:

  • Resleting memiliki fungsi yang sangat penting untuk memberi kemudahan bagi banyak orang ketika membuka dan menutup pakaian.
  • Resleting bisa diandalkan untuk membantu pakaian dalam memberikan bentuk yang pas dan sesuai tubuh pemakai.
  • Resleting bisa membantu menjaga pakaian tetap pada tempatnya dan memberikan rasa aman pada pemakai.
  • Resleting juga dapat digunakan untuk tujuan estetika yakni menambahkan detail visual pada produk pakaian.

Perbedaan Posisi Resleting

Berbicara mengenai resleting pada celana dan rok, lantas mengapa posisi resleting pada kedua jenis pakaian tersebut seringkali ditempatkan pada sisi yang berbeda, misal untuk celana kebanyakan di pasang di bagian depan sementara untuk rok kebanyakan di pasang di bagian belakang?.

Dengan mempertimbangkan desain, kenyamanan dan fungsi masing-masing pakaian berikut beberapa alasan kuat mengapa posisi resletingnya sering kali dibuat berbeda.

1. Resleting Celana

Sebagai salah satu busana penutup tubuh bagian bawah yang awalnya dirancang untuk para pria dari masa ke masa, celana biasa dilengkapi dengan resleting di bagian depan karena alasan kenyaman dan kepraktisannya.

  • Resleting pada celana sedari dulu dipasang pada bagian depan untuk memberi kemudahan pria ketika ingin buang air kecil
  • Hanya dengan membuka resleting celana, pria bisa buang air kecil sambil berdiri tanpa harus menurunkan celana yang dipakai.

Resleting Celana dan Rok

Sumber :  https://id.pinterest.com/

Selain itu penempatan resleting pada bagian depan celana, juga memungkinkan pembuatan kantong yang lebih besar di bagian depan celana untuk menyimpan barang kecil seperti kunci atau dompet.

  • Jadi meski pada perkembangannya celana juga mulai dipakai oleh wanita, semua produsen sepakat untuk tetap menggunakan desain yang sama karena keberadaan resleting di bagian depan sudah menjadi suatu hal yang umum.

Resleting Celana dan Rok

Sumber :  https://id.pinterest.com/

2. Resleting Rok

Sementara pada rok wanita, beberapa alasan fungsional mengapa resleting tersebut umumnya diletakkan di bagian belakang rok yaitu:

  • Untuk menjaga desain dan tampilan rok jadi lebih bersih dan rata di bagian depan.
  • Memungkinkan akses yang lebih terbatas sehingga rok lebih aman dan tidak terbuka secara tidak sengaja.
  • Memberikan kesempatan yang lebih besar bagi produsen untuk membuat ukuran rok yang pas dan nyaman.
  • Membantu menghindari kemungkinan kerusakan pada resleting ketika seseorang duduk atau bergerak secara aktif.
  • Memungkinkan pengguna untuk mengenakan dan melepas rok tanpa perlu membungkuk atau merusak tampilan rok.

Resleting Celana dan Rok

Sumber :  https://shopee.com.my/

Khusus untuk rok yang dibuat dari bahan yang lebih tipis dan ringan, di mana resleting di samping dapat memengaruhi tampilan rok secara keseluruhan penggunaan resleting di bagian belakang juga dapat memberikan kesan bersih dan elegan pada tampilan rok yang dihasilkan.

Resleting Celana dan Rok

Sumber : https://shopee.com.my/

Tapi walaupun penggunaan resleting di bagian belakang tetap menjadi pilihan yang paling umum untuk rok, kini banyak juga lho produsen rok (misal rok denim atau rok dengan detail dekoratif di belakang) yang mulai memindahkan posisi resletingnya ke bagian samping atau depan.

Resleting Celana dan Rok

Sumber :  https://id.pinterest.com/

Alasan mengapa beberapa produsen mulai mengembangkan desain rok dengan resleting di bagian depan atau bagian samping yaitu:

  • Meletakkan resleting di bagian depan atau samping memungkinkan pemakai untuk lebih mudah membuka dan menutup rok tanpa perlu bantuan orang lain.
  • Penempatan resleting di bagian depan atau samping dapat memberikan kenyamanan tambahan kepada pemakai terutama ketika duduk atau bergerak.
  • Penempatan resleting di bagian depan atau bagian samping juga dapat mempengaruhi desain dan estetika rok, tergantung pada gaya dan keinginan desainer.

Resleting Celana dan Rok

Sumber :  https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa alasan mendasar mengapa celana memiliki posisi resleting didepan sedangkan rok justru dibelakang. Dengan mempertimbangkan desain, kenyamanan dan fungsionalitas sekarang kamu jadi makin tahukan mengapa posisi rok dan celana dibuat berbeda.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untukmembuat celana dan rok?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain terbaik yang kami miliki.

Download juga Pola Celana dan Pola Rok siap pakai dari kami kalau kamu ingin mencoba untuk membuat celana dan rok sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Tapi kalau kamu lebih tertarik untuk belajar membuat pola celana dan pola rok sendiri maka kamu bisa mendownload Video Tutorial Menjahit atau mendaftar workshop desain fashion dengan CLO3D melalui customer service kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.