Article

Homepage Article Fashion Design 3 Model Busana Wanita Eksklusif…

3 Model Busana Wanita Eksklusif Pas Badan

Busana wanita eksklusif pas badan termasuk ke dalam salah satu produk adibusana yang dibuat berdasarkan ukuran tubuh seseorang alias tidak diproduksi secara masal. Untuk pilihan modelnya busana eksklusif pas badan yang didesain untuk para wanita inipun secara umum dapat dibedakan dalam tiga kategori utama.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Definisi Busana Eksklusif Pas Badan

Busana eksklusif pas badan dapat didefinisikan sebagai suatu busana pas badan yang didesain secara ekskusif dengan menggunakan teknik pembuatan pakaian tingkat tinggi, diciptakan secara khusus menggunakan bahan terbaik, dikerjakan dengan tangan dan biasanya dihiasi banyak detail sehingga tampilannya tampak elok, bagus dan mewah.

Jenis-Jenis Busana Eksklusif Pas Badan

Untuk pilihan modelnya busana eksklusif pas badan yang didesain untuk para wanita inipun secara umum dapat dibedakan dalam tiga kategori utama. Busana yang dimaksud yakni berupa busana model strapless, camisol dan juga tank top.

1. Model Strapless

Busana wanita model strapless merupakan sejenis busana yang didesaim tanpa tali di bagian bahu, dibuat pas sesuai ukuran tubuh dan diberi penyangga agar bentuknya stabil dan tidak turun bila dikenakan.

  • Busana wanita model strapless secara harfiah dapat didefinisikan sebagai busana yang didesain tanpa menggunakan tali bahu untuk menahannya agar tidak melorot.
  • Busana wanita model strapless pada awalnya diciptakan untuk membuat gaun harian, busana malam, kostum panggung dan pakaian dansa.
  • Untuk menghindari malfungsi busana wanita model strapless umumnya selalu didesain dengan ukuran pas badan.

Busana Eksklusif Pas Badan

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk menyangga agar bagian atas strapless tetap pada tempatnya pada saat dikenakan, model busana ini biasanya memerlukan suatu penyangga bawah (under support). Penyangga yang dimaksud bisa sebagian saja (minimal) atau bisa juga sampai keseluruhannya (seolah-olah pakaian kedua).

Banyak sedikitnya penyangga (under support) yang dipakai pada busana pas badan model strapless biasanya tergantung pada:

  • Desain busana yang diciptakan.
  • Berat ringannya kain dan lipitan-lipitan.
  • Kerutan-kerutan serta jumlah pemasangan hiasan seperti hiasan manik-manik, (beads), payet (seguins) dan lainnya.

Sementara jenis fondasi yang umum digunakan dalam pembuatan busana wanita yang pas badan ini  diantaranya berupa:

  • Princess bodice, yaitu bagian badan atas sampai pinggang bergaris kontur atau lekuk dari atas dada ke bawah.
  • Princess torso, yaitu bagian badan atas sampai panggul bergaris kontur atau lekuk dari atas dada ke bawah dan garis tengah di antaranya.
  • Bra top empire, yaitu antara bra bergaris empire khusus untuk dasar pembuatan bra dan long torso, bra atau buster.

Fondasi tersebut menjadi dasar untuk mengembangkan bagian-bagian konstruksi dan penyangga bagian bawah suatu desain yang banyak melibatkan manik-manik berat (heavy beading), draperi, kerutan dan lipatan yang menutupi bagian atas fondasi busana.

Simak juga Trend Strapless Dress Yang Memberi Kesan Seksi Pada Penggunanya.

2. Model Camisol

Busana wanita model camisol yang dikenal pula dengan nama lain bustier merupakan sejenis busana pas badan tanpa lengan yang awalnya didesain khusus untuk pakaian dalam.

  • Camisol umumnya memiliki bentuk yang kaku, ketat, dan melekat erat pada tubuh sehingga mampu membuat lekukan-lekukan indah pada bagian tubuh pemakainya.
  • Camisol dapat dikenakan sebagai atasan tunggal (single top) kemudian dipadukan dengan rok yang bernuansa drape, rok lurus (tight skirt) maupun celana panjang (pants).
  • Jenis kain yang digunakan untuk membuat busana wanita model camisol umumnya berupa kain crepe, kain satin crepe de chine, kain georgette, kain tissue, kain sutra dan kain charmeuse.

Busana Eksklusif Pas Badan

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Model Tanktop

Busana wanita model tanktop atau singlet merupakan busana atasan pendek yang bisa dipakai di dalam blus atau jaket (jas) sebagai pengganti camisol ataupun dipakai sebagai atasan tunggal. Kain yang dipilih mulai dari kain yang biasa untuk busana casual (busana santai) sampai kain yang mewah dan mahal untuk busana pesta malam.

Busana Eksklusif Pas Badan

Sumber : https://shopee.co.id/

Pembuatan Busana Eksklusif Pas Badan

Layaknya busana casual yang biasa dikenakan sebagai busana sehari-hari, untuk membuat busana eksklusif pas badan model strapless dan busana model camisol dan model tanktop yang benar-benar pas badan dan nyaman saat digunakan pada prinsipnya diperlukan ukuran yang tepat.

Dalam mengambil ukuran untuk pembuatan busana wanita model pas di badan, orang yang hendak diambil ukurannya hanya memakai pakaian dalam. Adapun bagian tubuh yang perlu diukur dalam pembuatan busana eksklusif pas badan sendiri di antaranya:

  • Bust (lingkar dada), diukur sekeliling bagian terpenuh dari bust, lurus melintang ke belakang.
  • High bust (lingkar dada atas), diukur langsung dari bawah ketiak, lurus melintang ke belakang dan di atas bust.
  • Waist (lingkar pinggang), talikan sepotong karet elastik di sekitar pinggang, biarkan menyesuaikan letaknya secara normal. Ukurkan di atas karet elastik melintang lurus di sekeliling pinggang dan biarkan karet elastik pada tempatnya dulu untuk ukuran berikutnya.
  • Hip (lingkar panggul), diukur di sekeliling bagian terpenuh dari hip dan biasanya 18 – 21 cm di bawah pinggang.
  • Back waist length diukur dari dasr tulang leher belakang (panjang punggung) yang menonjol ke pinggang normal.

Setelah didapatkan ukuran yang tepat selanjutnya anda bisa mulai membuat pola, menjiplak pola pada bahan kain, memotong bahan kain sesuai pola kemudian menjahitnya sesuai desain busana yang suduah anda rencanakan.

Untuk memberi membentuk dan menyempurnakan tampilan busana wanita, terutama yang diciptakan dalam model strapless maupun camisol diperlukan pula bahan pendukung seperti Rangka Balein.

  • Rangka balein sendiri dapat didefinisikan sebagai salah satu bahan pelengkap busana yang diproses sedemikian rupa hingga diperoleh bentuk seperti batang atau tulang pipih yang lentur
  • Berdasarkan material utamanya rangka balein sendiri dapat dijumpai dalam dua macam tipe,  yakni yang terbuat dari jaringan plastik dan jalinan kawat.
  • Kedua jenis rangka balein tersebut ada yang sudah terbungkus selongsong atau telanjang tanpa bungkus.
  • Untuk aplikasinya pada busana wanita kedua jenis rangka balein tersebut masih diperlukan bahan pembantu lain yang biasanya dari bisban atau veterban dengan lebar 1 cm.

Selain rangka balein perlu ditambahkan pula yang namanya kom alias bantalan dada agar busana yang dihasilkan jadi lebih nyaman saat dikenakan.

  • Kom merupakan pelengkap busana berbahan busa anginatau dacron yang biasa dipasangkan pada bagian dada model busana strapless.
  • Fungsi utama dari kom (mungkum) ini salah satunya untuk membentuk payudara yang kurang sempurna agar terlihat lebih berisi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai 3 model busana wanita eksklusif pas badan yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya pilihan model busana yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk memilih dan menemukan busana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Dowload juga E-Book Longtorso dan Bustier Sebagai Penyempurna Kebaya dari kami kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang perbedaan, karakteristik dan hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih longtorso dan bustier.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.