Article

Homepage Article Desain Fesyen Perbedaan Lengan Baju Terpasang…

Perbedaan Lengan Baju Terpasang (Set-in) dan Lengan Setali (Unmounted)

Sebagai bagian terpenting dari sebuah busana, lengan pakaian memang memiliki fungsi dan peranan yang sangat besar yakni untuk melindungi seluruh atau sebagian lengan pemakainya.

Berdasarkan bentuk dasarnya, model lengan pakaian yang biasa diaplikasikan pada sebuah busana umumnya dapat di bedakan menjadi dua. Model lengan yang dimaksud yaitu berupa lengan baju terpasang (set-in) dan lengan baju setali (unmounted). Bedanya apa ya?...

Lengan Pakaian

Sumber : https://quinceandco.com/

Lengan Baju Terpasang (Set-In)

Lengan baju terpasang (set-in) merupakan jenis lengan pakaian yang secara konstruksi berdiri sendiri sehingga terdapat jahitan atau sambungan pada kerung lengannya. Untuk menjahit lengan ini ada dua teknik yang bisa digunakan.

  • Cara pertama yaitu dengan menyatukan bahu kemudian memasang lengan ke kerung lengan, baru setelah itu bagian sisi atau pinggirnya dijahit.
  • Cara kedua yaitu dengan menjahit dulu bagian pinggir lengan dan bagian sisi badan, baru setelah itu lengan dipasangkan pada kerung lengan.

Lengan Pakaian

Sumber : http://www.cherrytreecountryclothing.com/

Jenis lengan pakaian yang termasuk ke dalam kategori lengan baju terpasang (set-in) diantaranya lengan puff, baloon, draped, peasant, dan bishop.

Lengan Pakaian

Sumber : http://kursusjahityogya.blogspot.co.id/

Lengan Pakaian

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Lengan Baju Setali (Unmounted)

Lengan baju setali (unmounted) merupakan jenis lengan pakaian yang dibuat menjadi satu dengan badan, dengan begitu tidak terdapat potongan atau jahitan sambungan di bagian lengannya. Lengan setali dapat dibuat dalam dua model, yaitu lengan setali lurus dan lengan setali bengkok pada posisi pundaknya.

Lengan Pakaian

Sumber : https://www.trishnewbery.com/

Jenis lengan pakaian yang termasuk ke dalam kategori lengan setali diantaranya berupa lengan batwing, dolman, dan magyar. Lengan baju jenis ini banyak dipakai untuk lengan kaos olah raga, lengan baju santai dan lengan baju tidur.

Lengan Pakaian

Sumber : https://www.pinterest.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahu kan perbedaan dari lengan baju terpasang (set-in) dan lengan baju setali (unmounted). Jika harus memilih kira-kira anda lebih suka yang mana?. Share ya...

Kalau sahabat Fitinline tertarik untuk mempelajari bagaimana cara mudah membuat pola baju beserta cara menjahitnya, anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.