Article

Homepage Article Fashion Design 7 Cara Mencuci Baju Preloved…

7 Cara Mencuci Baju Preloved Dengan Baik dan Benar

Lebih suka berbelanja baju preloved ketimbang baju baru, karena dari segi desain dan kualitasnya pun kebanyakan tidak kalah bagus dari baju-baru baru?. Untuk memastikan agar baju tersebut tetap terjaga kebersihannya yuk cari tahu bagaimana cara terbaik mencuci baju preloved.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Preloved

Mengacu pada istilah “preloved” alias “previously loved” yang berarti sudah pernah digunakan atau dipakai sebelumnya, baju preloved bisa diartikan sebagai baju koleksi pribadi yang pernah dimiliki atau dipakai oleh seseorang tapi kemudian dijual kembali kepada orang lain.

Baju Preloved

Sumber : https://shopee.ph/

Bergantung pada intensitas pemakaiannya, baju preloved sendiri pada prinsipnya dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori berbeda. Lebih lanjut beberapa contoh baju yang bisa di kategorikan sebagai barang preloved yaitu:

  • Baju yang dibeli dan hanya dipakai selama beberapa kali saja sehingga kondisinya masih sangat baik.
  • Baju yang sudah dibeli namun belum sempat dipakai sama sekali.
  • Baju pemberian dari orang lain yang belum sempat dipakai sekalipun.

Baju Preloved

Sumber : https://id.pinterest.com/

Adapun beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa banyak orang lebih  memilih untuk membeli baju preloved yaitu:

  • Baju preloved sering kali dijual dengan harga yang lebih rendah daripada pakaian baru, sehingga menjadi pilihan yang lebih ekonomis bagi konsumen.
  • Baju preloved sering kali menawarkan pilihan yang lebih unik dan beragam, terutama jika mencari pakaian vintage atau desain yang sudah tidak diproduksi lagi.
  • Baju preloved menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari pakaian berkualitas dengan harga terjangkau.

Baju Preloved

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tapi ingat jika kamu lebih suka membeli baju preloved alias baju bekas pakai dari orang lain, pastikan kamu benar-benar  mencuci dan merawatnya dengan cara yang baik dan benar untuk menjaga kebersihan, memperpanjang umur pakai, dan menjaga kualitas pakaian tersebut ya.

Cara Mencuci Baju Preloved

Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan untuk mencuci dan merawat baju-baju preloved antara lain berupa:

1. Sortir Baju Preloved

Sortir baju preloved berdasarkan jenis bahan maupun warnanya untuk membantu mencegah perubahan warna atau kerusakan yang disebabkan oleh pencampuran warna yang berbeda.

2. Periksa Label Pencucian

Periksa label pakaian untuk mengetahui petunjuk pencucian yang diberikan oleh produsen kemudian ikuti instruksi pencucian yang tertera pada label.

3. Pre-Treatment

Periksa noda atau perubahan warna yang mungkin ada pada baju sebelum kamu mencucinya.

  • Untuk membersihkan noda pada baju preloved gunakan deterjen atau produk pembersih noda yang sesuai dengan jenis noda yang ada.
  • Hindari menggunakan terlalu banyak deterjen, karena hal terebut justru hanya akan meninggalkan residu pada baju dan merusak serat kain pada baju.
  • Biarkan deterjen bekerja selama beberapa menit sebelum kamu mencuci baju secara menyeluruh.

Jika diperlukan kamu juga bisa merendam baju preloved yang kamu miliki dengan menggunakan cairan antiseptik selama kurang lebih 15 sampai 30 menit untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada baju kamu.

4. Hindari Pemutih Berbasis Klorin

Hindari menggunakan pemutih berbasis klorin pada baju preloved, kecuali jika hal tersebut tertera pada label pencucian atau kamu benar-benar yakin bahwa baju tersebut tahan terhadap pemutih.

5. Cuci Manual Dengan Tangan

Cuci baju preloved secara maual dengan menggunakan kedua tangan untuk memastikan agar noda, bakteri dan kuman sudah tidak menempel pada baju. Mencuci dengan tangan juga mencegah baju preloved menjadi rusak jika melewati proses pencucian menggunakan mesin cuci.

Tapi kalau kamu ingin tetap menggunkan mesin cuci, ada baiknya tambahan laundry bag untuk membungkus baju preloved yang kamu miliki lalu pilih siklus pencucian yang tepat sesuai jenis baju yang kamu cuci.

  • Pilih siklus pencucian lembut untuk pakaian yang bahannya tidak terlalu tebal dan sensitif terhadap kerusakan.
  • Pilih siklus pencucian normal untuk pakaian yang bahannya lebih tebal dan lebih tahan lama.

6. Tambahkan Pewangi dan Pelembut

Jika sudah dirasa cukup bersih kamu bisa membilas dan merendam baju preloved dengan menggunakan pewangi dan pelembut pakaian selama kurang lebih 30 menit. Selain membuat baju jadi lebih lembut, hal tersebut juga akan membuat baju kamu lebih mudah untuk disetrika.

7. Jemur di Bawah Matahari

Jemur baju preloved langsung dibawah sinar matahari untuk membantu proses sterilisasi alami dari baju preloved yang kamu miliki, sehingga sisa-sisa kuman dan bakteri dari proses pencucian akan benar-benar hilang.

  • Sinar matahari dapat membunuh bakteri dan jamur yang mungkin telah menempel pada baju preloved.
  • Sinar matahari memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu memudarkan noda atau bercak pada baju.
  • Sinar matahari bisa membantu mengurangi kelembaban yang mungkin terperangkap pada baju dan membuatnya terlihat lebih segar.
  • Sinar matahari dapat membantu melembutkan serat kain dan membantu menghilangkan lipatan pada baju preloved.

Tetapi ingat biar warnanya tetap cemerlang dan tidak mudah pudar pastikan kamu menjemur baju tersebut dengan cara terbalik, alias bagian luar ada di dalam dan bagian daam berada di luar. 

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk merawat baju preloved. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas semoga kamu bisa lebih mudah untuk menjaga kebersihan dan kualitas baju preloved alias baju bekas pakai yang kamu miliki ya.

Download Pola Baju siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kaos, kemeja, blus, celana, rok, jaket dan hoodie jumper sendiri dengan pola baju yang sudah jadi.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.