Article

Homepage Article Kain Tekstil Makna Dibalik Warna Seragam…

Makna Dibalik Warna Seragam Wajib SD, SMP dan SMA di Indonesia

Sadar tidak kalau seragam sekolah yang dipakai oleh pelajar tingkat SD, SMP dan SMA di Indonesia itu dari dulu sampai sekarang warnanya cenderung sama dan tidak banyak mengalami perubahan?.

Meski semasa sekolah sudah sering mengenakan seragam tersebut, mungkin banyak di antara anda yang belum tahu kalau pemilihan warna seragam wajib untuk tiap tingkatan pendidikan itu sebenarnya memiliki alasan tersendiri lho. Tidak sekedar asal pilih tapi ada makna yang tersirat di setiap jenjang pendidikannya.

Seragam Sekolah

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

Seragam Putih Merah Untuk SD

Pada umumnya, warna seragam SD yaitu berupa atasan putih bawahan merah. Warna tersebut dipilih sebagai perlambang energi dan semangat yang tinggi yang menunjukkan keceriaan anak dengan rentang umur seusia SD. Warna ini juga diharapkan mampu mendorong mereka untuk rajin belajar.

Seragam Sekolah

Sumber : http://yogyakarta.gardena.co.id/

Seragam Putih Biru Untuk SMP

Berbeda dengan seragam SD, jenjang pendidikan SMP umumnya memiliki seragam warna putih biru dengan makna yang lebih mendalam. Biasanya warna yang dipakai adalah biru tua. Warna biru tua dipilih karena mencerminkan rasa percaya diri dan mandiri, sesuai jiwa pelajar SMP yang mulai memasuki usia remaja. 

Seragam Sekolah

Sumber : https://jualseragamsekolah.wordpress.com/

Seragam Putih Abu Untuk SMA

Seragam dengan warna putih abu dipilih sebagai seragam SMA untuk menunjukkan kedewasaan dan ketenangan. Masa SMA merupakan masa peralihan dari remaja menuju dewasa dimana para pelajar berkesempatan untuk mulai mengenal atau mencari jati diri mereka.

Seragam Sekolah

Sumber : https://bbkonveksi.blogspot.com/

Ketentuan penggunaan seragam sekolah dengan warna berbeda untuk tiap tingkat pendidikan sebenarnya sudah mulai diberlakukan sejak zaman pemerintahan Soeharto tepatnya pada tahun 1982, melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982. 

Seragam Sekolah

Sumber : https://www.indotrading.com/

Sekalipun pemilihan warnanya sudah diatur tapi ada juga lho sekolah dasar di Indonesia yang siswanya tidak berseragam putih merah melainkan memakai putih hitam. Sekolah yang dimaksud yaitu Sekolah Dasar Negeri 351 yang berada di kawasan Adat Ammatoa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. 

Seragam Sekolah

Sumber : https://www.brilio.net/

Sekolah ini ingin menunjukkan ciri khas suku Kajang Ammatoa yang menjunjung tinggi warna hitam sebagai lambang kejujuran yang harus dipatuhi sedangkan warna putih sebagai lambang penerangan. Dengan seizin pemerintah daerah, SD tersebut akhirnya diperbolehkan memakai seragam wajib yang berwarna putih hitam.

Seragam Sekolah

Sumber : https://travel.kompas.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.