Article

Homepage Article Fashion Design Konsep, Karakteristik dan…

Konsep, Karakteristik dan Jenis-Jenis Usaha Butik

Memesan busana wanita dan busana anak di butik bisa menjadi salah satu pilihan paling tepat jika anda ingin mendapatkan busana dengan kualitas terbaik yang tidak diproduksi secara masal. Buat anda yag mau tahu lebih detail mengenai konsep, karakteristik dan jenis-jenis usaha butik itu sendiri langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Butik

Ditinjau dari asal bahasanya kata butik sebenarnya berasal dari bahasa Perancis yaitu "boutique" yang berarti toko busana. Sementara menurut kamus bahasa Indonesia, butik (nomina) dapat diartikan sebagai toko yang menjual pakaian modern berikut segala kelengkapannya (terutama untuk wanita) yang sesuai dengan mode mutakhir.

  • Usaha butik biasanya didirikan oleh desainer sebagai tempat untuk menjual produk rancangannya, sehingga style tidak sama dengan yang ada di pasaran.
  • Butik juga menjual segala kelengkapan, seperti handbag, sepatu, aksesoris dan masih banyak lagi.
  • Sementara dari segi harga, busana buatan butik kebanyakan memang memang relatif lebih mahal karena dijahit halus dengan tangan dan dirancang sendiri oleh desainer.

Konsep Usaha Butik

Sumber : https://www.nashvillepedaltavern.com/

  • Berdasarkan pengertian tersebut bisa dilihat bahwa singkatnya busana butik termasuk jenis adi busana karena dikerjakan dengan tangan atau mesin halus. Untuk ukurannya sendiri busana yang dibuat di butik bisa disesuaikan dengan orang tertentu, bisa juga menggunakan ukuran standard mode.

Konsep Usaha Butik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Konsep Usaha Butik

Sebagai salah satu jenis usaha di bidang busana yang memberikan pelayanan jasa dan produk kepada konsumen yakni berupa pesanan pembuatan busana dan penjualan busana yang sudah jadi dengan model khusus dan istimewa, konsep usaha butik sendiri bisa dibilang berbeda dengan usaha fashion lainnya.

1. Bersifat Khusus dan Istimewa

Busana yang dibuat di butik bisa dikatakan khusus dan istimewa karena modelnya didesain khusus oleh desainer, tidak diproduksi secara masal dan dari segi desain tidak pasaran. Selain itu dari segi kualitasnya pun busana yang dihasilkan umumnya juga memiliki jahitan yang bermutu tinggi.

2. Pengerjaannya Banyak Menggunakan Tangan

Pengerjaan busana di butik lebih banyak menggunakan tangan karena menuntut kehalusan dan kerapian.

3. Menggunakan Bahan-Bahan Khusus

Jenis kain yang digunakan pada usaha butik biasanya didesain khusus oleh desainer atau khusus disediakan oleh usaha butik mulai dari pemilihan warna, motif dan tekstur.

4. Menerapkan Sistem Kerja Satuan

Sistem kerja pada usaha butik biasanya menggunakan sistem kerja satuan, artinya setiap satu busana pengerjaannya dilakukan oleh satu orang.

5. Proses Produksinya Cenderung Lama

Karena harus dikerjakan seteliti mungkin sesuai dengan tuntutan kualitas proses pembuatan busana di butik biasanya dapat memakan waktu yang cenderung lama.

Konsep Usaha Butik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Karakteristik Usaha Butik

Seperti halnya modiste dan tailor, butik sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejumlah karakteristik khusus. Beberapa karaktesitik paling khas yang membedakan usaha butik dengan usaha lain yang sama-sama bergerak di bidang jasa pembuatan pakaian diantaranya:

  • Busana yang dihasilkan butik adalah busana yang mempunyai kualitas tinggi baik dari segi bahan, teknik jahit dan hasil akhir yang dilakukan dengan sesempurna mungkin.
  • Model busana yang dihasilkan tidak ada dipasaran bebas, kecuali ditoko yang khusus menjual busana kualitas tinggi dan busana tersebut tidak diproduksi secara masal.
  • Selain memproduksi dan menjual busana yang sudah jadi butik juga menyediakan berbagai produk pelengkap busana yang terdiri dari aksesoris dan milineris yang disesuaikan dengan model busana.
  • Milineris sendiri merupakan pelengkap busana yang sifatnya mutlak dan mempunyai nilai guna di samping juga untuk keindahan.
  • Produk fashion yang termasuk ke dalam kategori milineris yakni berupa sepatu, tas, topi, kaus kaki, kaca mata, selendang, scraf, shawl, jam tangan dan lain-lain.

Konsep Usaha Butik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Busana wanita dan busana anak yang dibuat di butik biasanya hanya diproduksi satu potong hingga tiga potong untuk satu model. Butik-butik paling eksklusif bahkan hanya membuat satu setel busana dari satu model, lengkap dengan sepatu, tas tangan, kalung dan gelang yang senada dengan tema busana.

Konsep Usaha Butik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jenis-Jenis Usaha Butik

Berdasarkan jenisnya usaha butik sendiri dapat dibedakan dalam dua kategori yakni butik busana anak dan butik busana dewasa.

  • Jenis busana anak yang diproduksi pada usaha butik meliputi busana untuk kesempatan pesta dan busana bepergian.
    • Busana untuk kesempatan pesta merupakan busana yang digunakan pada kesempatan pesta. Menurut waktu pemakaiannya busana ini dapat dibagi dalam tig kategori yakni pagi, siang dan malam.
    • Busana bepergian merupakan busana yang didesain khusus untuk bepergian. Karenanya bahan yang dipakai haruslah yang nyaman, lembut, menyerap keringat  dan tidak memicu alergi.
  • Jenis busana dewasa yang diproduksi pada usaha butik meliputi busana untuk kesempatan kerja, busana pengantin dan busana daerah.
    • Busana untuk kesempatan kerja merupakan busana yang dipakai ketika melakukan pekerjaan. Berdasarkan sifatnya busana kerja ini secara umum dapat dibedakan ke dalam dua kategori, busana kerja dalam ruangan (indoor) dan busana kerja luar ruangan (outdoor).
    • Busana pengantin merupakan busana yang dikenakan oleh mempelai pengantin pada pesta pernikahan. Untuk modelnya busana pengantin ini beberapa ada yang dibuat dalam bentuk gaun, kebaya dan berbagai model lain.
    • Sedangkan busana daerah yang biasa dibuat di butik biasanya disesuaikan dengan daerah asal dari masing-masing busana.

Untuk anda yang berencana membuat pengantin simak juga pembahasan mengenai 10 Kesalahan Yang Wajib Anda Hindari Ketika Mempersiapkan Gaun Pengantin dan 10 Tips Membuat Gaun Pengantin Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai konsep, karakteristik dan jenis-jenis usaha butik yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi gambaran yang jelas kepada anda akan perbedaan konsep, karakteristik dan jenis-jenis usaha butik dengan jenis usaha yang sama-sama bergerak di bidang jasa pembuatan busana.

Ingin membuat busana wanita dan busana anak sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Busana Wanita dan Pola Busana Anak yang kami miliki.

Simak juga pembahasan mengenai Inspirasi Desain Butik Rumahan Sederhana Yang Nyaman dan Menarik kalau sahabat Fitinline tertarik untuk menggeluti usaha butik.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.