Article

Homepage Article Fashion Design 10 Kesalahan Yang Wajib…

10 Kesalahan Yang Wajib Anda Hindari Ketika Mempersiapkan Gaun Pengantin

Mengenakan gaun pengantin yang cantik dan berkesan mewah seolah sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari acara pernikahan. Namun sayangnya sampai saat ini masih ada wanita yang sering melakukan kesalahan dalam proses mempersiapkan dan memilih gaun pengantin.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Gaun Pengantin

Gaun pengantin dapat didefinisikan sebagai suatu busana yang lazim dikenakan oleh pengantin wanita pada upacara pernikahan. Sedikit berbeda dengan busana wanita yang lainnya, gaun ini biasanya dibuat dengan keahlian khusus dan ketelitian yang tinggi sehingga hasilnya benar-benar berkualitas.

Gaun Pengantin

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesalahan Memilih Gaun Pengantin

Mau tampil cantik dan mempesona di hari pernikahan anda?. Sebaiknya hindari sejumlah kesalahan berikut saat memilih dan menyiapkan gaun pengantin. Selain memberikan rasa tidak puas hal ini bisa saja mengurangi kesempurnaan pernikahan yang anda impikan.

1. Memilih Model Yang Heboh

Saat mempersiapkan gaun pengantin perhatikan kesesuaikan desain dan warna gaun dengan tema acara pernikahan secara keseluruhan. Supaya lebih mudah tetapkan standar atau konsep baju pengantin yang ingin anda cari dengan memperhatikan sejumlah hal berikut.

  • Perhatikan lokasi dimana acara pernikahan akan diadakan, apakah di rumah, gedung berukuran besar, taman, pantai atau tempat lain.
  • Kapan acara pernikahan akan diselenggarakan. Desain gaun pengantin untuk resepsi pagi, siang dan malam hari tentu akan berbeda.
  • Ketahui seperti apa tema pernikahan dan warna dekorasi yang dipilih untuk acara pernikahan.

Setelah mengetahui semua hal tersebut sekarang anda bisa fokus dalam memilih bahan kain, warna dan desain gaun pengantinnya.

Gaun Pengantin

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Tidak Mementingkan Bahan

Salah memilih bahan gaun pengantin tidak hanya akan membuat penampilan anda tampak buruk, tapi juga bisa membuat anda merasa tidak nyaman sepanjang acara. Maka dari itu pilih bahan gaun pengantin yang berkualitas dan sesuai dengan dekorasi serta tema acara.

  • Kalau anda menginginkan gaun pengantin yang terkesan lebih jatuh sebaiknya hindari memilih bahan kain yang tebal dan kaku.
  • Tapi kalau anda menginginkan gaun yang lebih mengembang maka anda bisa memilih bahan kain yang lebih tebal.

Gaun Pengantin

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Untuk anda yang ingin membuat gaun pengantin sendiri, mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Satin Bridal (NGR) yang kami miliki.

3. Tidak Memperhatikan Waktu

Hindari menyiapkan gaun pengantin terlalu cepat atau terlalu lama dari hari pernikahan. Hal ini penting untuk dilakukan agar anda tidak meyesal saat memilih model gaun pengantin, yang selalu berubah setiap musim.

  • Idealnya pengantin wanita bisa mulai belanja persiapan gaun pengantin 10 bulan sebelum tanggal pernikahan dan menyerahkannya ke penjahit 6-7 bulan sebelum acara berlangsung.
  • Selain karena modelnya terus berganti, cara ini juga bisa dilakukan untuk menghindari ketidaksesuaian gaun pengantin akibat perubahan bentuk tubuh.

4. Membeli Diluar Budget

Boleh-boleh saja anda punya ekspektasi tinggi saat mempersiapkan gaun pengantin, tapi dalam satu kondisi anda juga harus realistis. Jangan sampai hanya karena ingin tampil cantik dengan gaun impian lantas anda mengorbankan semua tabungan yang seharusnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Mengingat acara pernikahan sendiri sudah membutuhkan pengeluaran yang cukup besar maka siapkan pula anggaran untuk beberapa hal berikut:

  • Aksesoris tambahan seperti veil, hijab (untuk wanita muslim), sepatu pengantin dan juga perhiasan.
  • Biaya untuk penambahan hiasan atau perubahan desain.
  • Pakaian dalam seperti bra, korset dan juga stocking.

Gaun Pengantin

Sumber : https://www.blibli.com/

5. Membeli Semuanya Bersamaan

Saat meniapkan gaun pengantin setidaknya jangan beli semuanya dalam satu waktu. Belilah sedikit demi sedikit mulai dari bahan utama untuk gaun, aksesoris untuk gaun, baru disusul dengan perlengkapan lainnya agar pengeluaran anda tidak terasa berat.

6. Menjadi Tidak Realistis

Kesalahan berikutnya yang harus anda hindari ketika mempersiapkan gaun pengantin yaitu membayangkan tubuh anda akan terlihat sama bagusnya dengan model yang memperagakan gaun idaman anda.

  • Selalu ingat bahwa setiap bentuk tubuh memiliki tipe pakaiannya sendiri yang dapat membuat nyaman.
  • Selain itu gaun yang bagus dipakai orang lain belum tentu bagus dengan badan anda.

Kalau anda masih galau untuk memilih model gaun pengantin coba terapkan tips berikut.

  • Jika anda memiliki tubuh berbentuk buah apel sebaiknya pilih model gaun yang bergaris pinggang empire dan bersiluet A.
  • Jika anda memiliki tubuh berbentuk buah pir sebaiknya pilih model gaun pengantin modern dengan rok mengembang dan bersiluet A.
  • Jika anda memiliki tubuh berbentuk persegi sebaiknya pilih model gaun pengantin yang bermodel putri duyung dan bergaris pinggang empire.
  • Jika anda memiliki tubuh berbentuk  jam pasir sebaiknya pilih model gaun pengantin yang bergaris pinggang natural lalu berikan aksen pinggang sebagai tambahan.

7. Terpengaruh Diskon

Buat anda yang ingin membeli gaun pengantin siap pakai, jangan sampai terpengaruh dengan diskon walaupun kelihatannya memang sangat menggiurkan. Diskon besar yang ditawarkan bridal biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal.

  • Pertama bisa saja gaun yang ada hanya satu dan merupakan gaun display yang sudah dicoba banyak orang.
  • Kedua gaun pengantin yang dijual merupakan koleksi gaun lama dan warnanya sudah mulai memudar.
  • Berikutnya bisa jadi gaun tersebut hanya tersedia dalam satu ukuran.

8. Tergiur Dengan Gaun Lain

Melihat gaun lain setelah menemukan pilihan hanya akan membuat anda bimbang, ragu dan merasa menyesal dengan keputusan sebelumnya. Maka dari itu ketika anda sudah menemukan gaun yang cocok langsung fokus saja dengan pilihan anda.

Gaun Pengantin

Sumber : https://la.racked.com/

9. Ragu Untuk Menyewa Gaun

Kalau anda merasa tidak yakin untuk membuat gaun pengantin sendiri, maka membeli gaun pengantin yang sudah jadi atau menyewa gaun pengantin dari desainer bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

  • Menyewa gaun pengantin bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran.
  • Menyewa gaun pengantin menjadi salah satu cara hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan.
  • Menyewa gaun pengantin dapat dilakukan dengan cara yang mudah, semudah berbelanja online.

Gaun Pengantin

Sumber : https://bestweddinganniversary.blogspot.com/

10. Mencoba Banyak Gaun

Kalau anda lebih tertarik untuk menyewa gaun pun sebaiknya fokuskan pilihan pada dua atau tiga model gaun saja, jangan terlalu banyak. Selain membuat bingung, mencoba terlalu banyak gaun pengantin bisa membuat anda lupa apa penampilan awal yang anda cari.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kesalahan yang sebaiknya anda hindari ketika mempersiapkan gaun pengantin. Tidak peduli apakah anda akan membeli gaun pengantin siap pakai, memesan sendiri gaun pengantin ke desainer atau penjahit, atau justru menyewanya dari butik.

Kalau anda lebih tertarik untuk membuat gaun pengantin sendiri untuk acara pernikahan, simak juga 10 Tips Membuat Gaun Pengantin Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.