Article

Homepage Article Kain Tekstil Klasifikasi Wearpack Berdasarkan…

Klasifikasi Wearpack Berdasarkan Fungsi dan Tujuan Pemakaiannya

Sahabat Fitinline ada yang tahu apa itu wearpack?. Jika anda pernah berkunjung ke bengkel atau berkesempatan untuk bertemu petugas pemadam kebakaran pasti anda bisa menemukan jenis pakaian yang polpuler dengan nama wearpack tersebut.

Sebagai salah satu pakaian kerja wearpack sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda seperti baju kerja pada umumnya yaitu untuk melindungi tubuh dan membuat pemakainya merasa nyaman. Bedanya pada beberapa jenis wearpack tertentu terdapat fungsi tambahan pelindung diri yang memungkinkan penggunanya tetap aman saat bekerja. 

Wearpack

Sumber : http://www.mersie-seragam.com/

Berdasarkan fungsi dan tujuan pemakaiannya, wearpack yang didesain untuk pakaian kerja pada prinsipnya dapat dibagi menjadi dua macam kategori yaitu berupa wearpack safety dan wearpack biasa. Meski sama-sama berfungsi sebagai alat pelindung diri namun prioritas perlindungan keduanya tetap memiliki sejumlah perbedaan lho.

Wearpack Biasa

Wearpack biasa merupakan jenis wearpak yang biasa dipakai untuk bidang pekerjaan yang membutuhkan tingkat perlindungan rendah sampai sedang. Fungsinya sama seperti pakaian kerja biasa dan umumnya memiliki desain yang sederhana. Misal bagian atasnya berbentuk baju lengan panjang dan untuk bawahnya berupa celana panjang.

Wearpack biasa ini umumnya didesain untuk digunakan oleh para pekerja yang beraktivitas di lingkungan peternakan, perikanan, pertanian, perkebunan, dan juga pabrik seperti misalnya pabrik mesin, pabrik motor, bengkel, las serta pabrik bangunan.

Wearpack

Sumber : https://zweep.co.za/

Wearpack Safety

Wearpack safety merupakan jenis pakaian keselamatan kerja yang dirancang khusus untuk bidang pekerjaan yang membutuhkan prioritas tingkat perlindungan tinggi seperti petugas pemadam kebakaran, pekerja di lingkungan tambang, ataupun pekerjaan lain yang memiliki teingkat resiko tinggi.

Wearpack

Sumber : http://agency.governmentjobs.com/

Bahan yang digunakan untuk membuat wearpack safety kebanyakan adalah bahan khusus yang tahan api atau benda-benda panas, jadi saat digunakan di lokasi kebakaran pemakainya tidak akan mengalami cidera atau kesulitan yang berarti. Hal inilah yang menjadikan fungsi wearpack menjadi lebih sempurna sebagai pakaian pelindung.

Wearpack

Sumber : http://www.glodok-safety.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas, sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahu kan jenis-jenis wearpack apa saja yang dapat digunakan dalam lingkungan kerja. Nantikan pembahasan mengenai jenis-jenis kain yang dapat digunakan untuk membuat wearpack pada artikel Fitinline yang akan datang.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.