Article

Homepage Article Desain Fesyen Pengertian, Fungsi, Model…

Pengertian, Fungsi, Model dan Bahan Pembuatan Wearpack Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Kurangnya kesadaran para pekerja untuk mematuhi prosedur yang berlaku ditempat kerja bukan tidak mungkin dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan. Atas dasar itulah untuk meminimalisir kemungkinan cidera yang tidak terduga keberadaan alat pelindung diri dalam bentuk wearpack sangat diperlukan.

Pengertian Wearpack

Baju keselamatan kerja atau pakaian safety (safety wear) yang lebih dikenal masyarakat sebagai wearpack. dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis pakaian yang biasa dipakai pada beberapa bidang pekerjaan tertentu, dengan tujuan agar pemakainya terlindung dengan baik dari kemungkinan cidera ringan hingga berat.

Wearpack

Sumber : https://www.arrowasiaindonesia.com/

Khusus untuk pada pekerja yang setiap harinya berada di lingkungan kerja yang memiliki resiko kecelakaan tinggi dan membutuhkan pengamanan khusus seperti pekerja tambang, mekanik kapal, mekanik bengkel, pemadam kebakaran maupun pekerja outdoor keberadaan wearpack menjadi suatu hal yang wajib.

Wearpack

Sumber : https://fjb.kaskus.co.id/

Selain digunakan untuk melindungi bagian tubuh pemakainya mulai dari bagian leher hingga kaki, komponen keselamatan kerja ini biasanya juga bisa dipakai untuk menunjukan identitas perusahaan dan divisi kerja pemakainya. Jadi hanya dengan melihat seragam kerjanya saja bisa langsung ditebak jabatan orang yang mengenakannya. 

Wearpack

Sumber : https://shopee.co.id/

Fungsi Wearpack

Sebagai salah satu jenis pakaian yang biasa digunakan untuk keperluan kerja, wearpack pada umumnya memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk melindungi tubuh pemakainya dari hal-hal yang dapat mengakibatkan kecelakaan saat bekerja. Tingkat perlindungan yang diberikan pun beragam sesuai dengan kebutuhan.

Tergantung pada jenis pekerjaannya wearpack sebenarnya juga memiliki fungsi perlindungan yang berbeda antara satu dengan lainnya.

  1. Untuk seragam kerja bagi pegawai bengkel misalnya, wearpack biasa digunakan untuk melindungi tubuh dari oli dan kotoran.
  2. Sementara untuk para pekerja di lingkungan pertambangan, wearpack juga melindungi tubuh dari bahaya uap panas dan percikan api.

Selain digunakan sebagai alat pelindung tubuh, wearpack juga mempunyai fungsi lain yaitu untuk menunjukkan identitas sebuah perusahaan, menyeragamkan pekerja dan membedakan jabatan pemakainya. Dengan begitu berkat adanya wearpack ini divisi pekerjaan seseorang akan dapat dibedakan dengan mudah.

Untuk lebih memudahkan seseorang dalam mengidentifikasi pekerjaan pemakainya, pakaian kerja dalam bentuk wearpack ini biasanya diberi pula tambahan bordir seperti logo perusahaan atau bordir tulisan pada bagian-bagian tertentu.

Pilihan bordir yang dapat diaplikasikan pada wearpack sendiri tersedia dalam dua jenis yakni berupa bordir manual dan bordir komputer.

  1. Bordir manual merupakan jenis bordir yang secara keseluruhan dikerjakan dengan mesin bordir manual. Bordir manual ini biasanya lebih sering digunakan untuk produksi polo shirt dalam jumlah sedikit
  2. Bordir komputer merupakan jenis bordir yang diproses dengan meggunakan komputer. Teknik bordir ini biasanya lebih sering digunakan untuk pesanan polo shirt dalam jumlah banyak.

Jenis Wearpack

Berdasarkan fungsi dan tujuan pemakaiannya, wearpack pada prinsipnya juga dapat dibedakan menjadi dua macam kategori yaitu berupa wearpack safety dan wearpack biasa. Meski keduanya sama-sama berperan penting untuk melindungi tubuh saat melakukan aktifitas kerja namun prioritas perlindungannya tetap saja berbeda.

1. Wearpack Biasa

Wearpack biasa merupakan sejenis wearpack yang sering dipakai untuk bidang pekerjaan yang membutuhkan tingkat perlindungan sedang. Fungsinya sendiri sama seperti pakaian kerja biasa dan umumnya memiliki desain yang sederhana. Misal bagian atasnya berbentuk baju lengan panjang dan bawahnya celana panjang.

Dengan desainnya yang simple dan tidak terlalu rumit wearpack biasa ini umumnya didesain untuk digunakan oleh para pekerja yang beraktivitas di lingkungan peternakan, perikanan, pertanian, perkebunan, dan juga pabrik seperti misalnya pabrik mesin, pabrik motor, bengkel, las serta pabrik bangunan.

2. Wearpack Safety

Wearpack safety merupakan pakaian keselamatan kerja yang dibuat untuk pekerja yang membutuhkan prioritas tingkat perlindungan tinggi. Wearpack safety ini biasanya juga dirancang dengan design khusus, bahan khusus seperti bahan anti api dan umumnya dilengkapi dengan pita scotlite.

Dalam lingkungan kerja wearpack safety sendiri biasanya lebih sering dipakai oleh para pekerja lapangan seperti petugas pemadam kebakaran, pekerja di lingkungan tambang, ataupun pekerjaan lain yang memiliki teingkat resiko kecelakaan cukup tinggi ketika melakukan aktivitas kerja.

Model Wearpack

Sebagai alat pelindung tubuh yang dapat dipakai untuk pakaian kerja lapangan, wearpack sendiri secara umum juga dapat dijumpai dalam banyak pilihan desain. Dua contoh model wearpack yang paling populer yakni berupa wearpack model one piece dan two piece yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan.

1. Wearpack One Piece

Wearpack model two piece merupakan sejenis pakaian seragam kerja lapangan yang dibuat menyatu antara bagian celana dan penutup tubuh bagian atasnya.

Wearpack

Sumber : https://coverall.id/

2. Wearpack Two Piece

Wearpack model one piece merupakan sejenis pakaian seragam kerja lapangan yang dibuat dalam model terpisah antara bagian atas dan bawahnya.

Wearpack

Sumber : https://e-katalog.lkpp.go.id/

Dari dua model dasar wearpack tersebut, sebenarnya wearpack juga dikembangkan kedalam berbagai macam variasi desain wearpack yang lebih menarik dan tidak monoton. Beberapa variasi desain wearpack yang bisa anda temukan di pasaran antara lain:

  1. Wearpack dapat dibuat dengan kombinasi warna yang berbeda untuk meningkatkan tampilan desainnya.
  2. Bukaan pada bagian depan wearpack bisa dibuat dengan menggunakan kancing depan atau resleting depan, bisa juga kombinasi keduanya.
  3. Wearpack umumnya dibuat dalam ukuran yang longgar tidak seperti baju kerja pada umumnya untuk menjamin penggunanya agar lebih leluasa saat bergerak.
  4. Saku merupakan variasi yang sangat dibutuhkan untuk pakaian safety. Karena itulah kebanyakan wearpack biasanya memiliki banyak saku di sisi kiri dan kanan kanan badan, baik dibagian atas maupun dibagian celana.
  5. Saku dapat di tambahkan di bagian kiri kanan wearpack sebanyak yang dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi kerja dan memudahkan pemakainya untuk menjangkau alat-alat kerja yang dibutuhkan.
  6. Untuk menambah visibilitas penggunanya beberapa wearpack ada juga yang diberi tambahan variasi reflektor, terutama untuk wearpack yang digunakan di lingkungan kerja yang redup cahaya atau jalan raya.

Kelebihan dan Kekurangan Wearpack

Sesempurna apapun desain yang diaplikasikan pada sebuah produk pakaian pasti tetap saja terdapat beberapa plus minusnya dan hal ini juga berlaku untuk pakaian kerja lapangan yang lebih dikenal dengan nama wearpack. Baik itu untuk wearpack yang dalam bentuk one piece maupun wearpack two piece.

1. Kelebihan Wearpack

  • Kelebihan dari adanya wearpack yaitu akan membuat pekerja merasa aman dan nyaman dalam bekerja. Tidak ada rasa was-was akan terjadinya kecelakaan karena teknis.
  • Wearpack akan membuat badan pekerja terlindungi dari berbagai hal berbahaya yang ada di sekeliling tempat kerjanya, seperti percikan api atau logam tajam.

2. Kekurangan Wearpack

  • Sementara itu kekurangan dari wearpack adalah ketidaknyamanan yang dirasakan penggunanya jika bahan kain yang dipilih tidak fleksibel.
  • Jika jahitannya tidak kuat serta modelnya tidak pas body pekerja yang mengenakannya pun tidak akan leluasa dalam melakukan gerakan saat bekerja dengan baju wearpack.

Bahan Wearpack

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuat wearpack setidaknya dikenal tiga kategori bahan utama yang lazim dipakai untuk produksi wearpack. Bahan-bahan yang dimaksud yakni berupa bahan standar, bahan khusus dan juga material reflektor yang memiliki keistimewaan tersendiri.

1. Bahan Standar

Bahan standar merupakan material yang biasa digunakan untuk membuat wearpack biasa. Jenis kain yang dipilih umumnya memiliki pola rajutan yang kuat, tidak mudah robek dan memiliki ketebalan tertentu. Pemilihan kualitas bahannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa bahan kain wearpack yang sering digunakan dalam dunia konveksi antara lain :

  • Kain Drill

Kain drill merupakan bahan kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Jenis kain ini biasanya memiliki permukaan yang berbeda antara bagian depan dan belakangnya, selain itu tenunannya juga lebih rapat dan kuat.

Sebagai bahan pembuatan wearpack kain drill yang paling banyak dipakai yaitu berupa American drill dan Japan drill.

  • American Drill ( #1860, 1919, Gloria 1788, Victoria 1668, Espero 1616, Putra Mill, Verlando, Ventura).
  • Japan Drill (2860, Suka-Suka, Takashimura, Obor, Cap Tugu, Nagata Drill, Verlando Japan, Taipan Drill).

Butuh bahan kain drill berkualitas dengan harga murah untuk membuat seragam kerja?. Mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain drill kami Di Sini.

  • Kain Twill

Kain twill merupakan sejenis bahan kain yang permukaannya sama dengan kain drill tapi sedikit lebih tebal. Tekstur kain twill ini biasanya cenderung sedikit kasar tapi terasa sangat lembut dan dingin jika dipakai sebagai bahan wearpack.

  • Taipan Tropical

Taipan tropical merupakan kain yang dibuat dari campuran polyester dan cotton, dengan perbandingan lebih besar cotton sehingga bila dipakai tetap dingin. Di pasaran tersedia pula berbagai merek kain jenis tropical dengan variasi harga dan kualitas.

  • Kanvas/Baby Canvas

Kain kanvas merupakan bahan yang memiliki tekstur berat, tebal, kuat dan nampak kokoh. Kain ini biasanya sering dipergunakan untuk membuat pakaian kerja lapangan pada lingkungan pertambangan.

  • Raphael

Kain raphael merupakan bahan kain untuk wearpack yang memiliki serat lebih besar dari pada kain drill jenis Japan.

2. Bahan Khusus

Bahan khusus merupakan jenis bahan yang biasa digunakan untuk menjadikan fungsi wearpack lebih sempurna sebagai alat pelindung diri (APD). Bahan khusus yang dimaksud diantaranya kain khusus anti api (flame retandant), anti air (water repellent), anti bahan kimia dan lain-lain.

  • Anti Api (Flame Reterdant)

Bahan anti api merupakan salah satu jenis bahan yang biasa dipakai untuk membuat wearpack pemadam kebakaran. Di pasaran sebenarnya ada dua tipe bahan flame retardant, yakni yang bahannya sendiri flame retardant misal nomex dan bahan katun biasa yang dicelup dengan zat kimia tertentu.

Bahan kimia yang ditambahkan sebagai sifat anti bakar bila bereaksi dengan api umumnya akan menghasilkan senyawa tertentu yang menghambat proses pembakaran. Dengan begitu laju pembakaran yang di akibatkan oleh kontak langsung api terhadap material kain akan diperlambat.

  • Anti Air (Water Repellent)

Bahan anti air merupakan bahan kain yang memiliki permukaan sangat rapat sehingga mampu menahan atau menolak air supaya tidak meresap ke bagian dalam bahan. Teknologi lapisan dalam yang biasa diterapkan pada kain anti air ini dapat dibagi menjadi dua macam yakni laminasi dan teknologi coating.

3. Scotlight

Reflector atau scotlight merupakan bahan pemantul cahaya yang biasa ditambahkan pada baju keselamatan kerja yang dikenakan di lingkungan yang redup cahaya. Reflektor atau scotlight ini juga memiliki tingkatan kualitas berbeda yang akan menentukan daya pantul dan ketahanan pemakaian (lamanya penggunaan).

Pita scotlight pada dasarnya tersusun atas jutaan bola kaca micro yang ditempelkan pada material backing yang berfungsi ganda yakni sebagai perekat dan sebagai reflektor cahaya. Disaat ada cahaya yang masuk, maka cahaya tersebut akan dipantulkan kembali dengan kekuatan yang sama atau lebih kuat dari cahaya aslinya.

Penggunaan Wearpack

Beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam penggunaan wearpack maupun pakaian keselamatan kerja yang lain diantaranya:

  1. Pemilihan bahan pakaian keselamatan, harus memperhitungkan kemungkinan bahaya yang akan dialami pekerja.
  2. Pakaian keselamatan kerja harus sesuai dengan ukuran dan tidak menghalangi kerja. Agar gerakan pemakainya bisa bergerak lebih fleksibel.
  3. Bagi anda yang bekerja diarea yang rawan meledak. Hindari pakaian kerja yang mudah terbakar.
  4. Gunakan baju dengan panjang lengan yang sesuai dengan pekerjaan.
  5. Jangan memasukkan benda tajam, runcing, dan bahan mudah terbakar kedalam kantong wearpack.
  6. Tenaga kerja yang menghadapi partikel yang mudah terbakar. Dilarang menggunakan pakaian kerja yang memiliki kantung.

Tips Merawat Wearpack

Untuk menjamin agar wearpack tidak mudah rusak dan dapat digunakan sebagaimana mestinya penting bagi anda untuk memperlakukan wearpack secara khusus tidak seperti baju lainnya. Cara paling mudah yang bisa diterapkan untuk merawat wearpack supaya tetap awet diantaranya:

  1. Setelah digunakan letakkan kembali wearpack di tempat semula.
  2. Cuci wearpack secara teratur, namun jangan terlalu sering juga.
  3. Simpan wearpack di tempat yang sejuk namun juga tidak lembab agar wearpack yang anda miliki tidak mudah menjamur.
  4. Sangat dianjurkan untuk menyimpan wearpack dalam posisi tergantung agar asesoris penting yang ada pada pakaian kerja tersebut misalnya scotlight tidak mudah rusak.

Khusus untuk wearpack dengan bahan tertentu seperti wearpack pemadam kebakaran yang memiliki sifat anti api cara perawatannya harus diawasi oleh ahli K3 (Keselamatan & Kesehatan Kerja), bahkan beberapa ada yang memiliki aturan berbeda dalam penggunaannya.

  1. Wearpack anti api memerlukan penanganan khusus pada sisa air yang digunakan saat mencucinya.
  2. Karena jika air tersebut langsung dibuang tanpa diproses lebih dulu maka air buangannya akan mencemari lingkungan.

Berencana untuk membuat wearpack sendiri untuk seragam kerja lapangan maupun keperluan lainnya tapi masih bingung dalam menentukan standar ukurannya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mendownload pola wearpack dari kami Di Sini.

Pola wearpack yang dimaksud merupakan pola baju kerja ringkas model one piece alias model terusan yang biasanya dipakai oleh pekerja di bengkel atau kerja lapangan lainnya. Standar ukuran untuk wearpack yang ada di Fitinline adalah sebagai berikut.

Ukuran Wearpack

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian, fungsi, model dan bahan pembuatan wearpack yang penting untuk anda ketahui. Kalau sahabat fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik terkait dengan desain fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.