Article

Homepage Article Kain Tekstil 3 Bahan Utama Yang Biasa…

3 Bahan Utama Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Wearpack

Dalam melaksanakan tugas di lapangan keberadaan wearpack sebagai seragam safety sangatlah penting untuk melindungi tubuh dari bahaya. Tingkat perlindungan yang diberikan oleh wearpack ini juga bermacam-macam tergantung desain dan juga bahan yang digunakan untuk membuatnya. 

Bahan Wearpack

Sumber : https://www.indotrading.com/

Meski sudah sering menjumpai yang namanya wearpack mungkin banyak diantara anda yang belum tahu kalau secara garis besar, pilihan bahan kain yang digunakan untuk pembuatan wearpack dapat dikelompokkan dalam 3 kategori yakni bahan standar, bahan khusus, dan juga material reflektor.

Bahan Standar

Bahan standar merupakan material yang biasa digunakan untuk membuat wearpack biasa. Jenis kain yang dipilih umumnya memiliki pola rajutan yang kuat, tidak mudah robek dan memiliki ketebalan tertentu. Pemilihan kualitas bahannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Bahan Wearpack

Sumber : https://dirtycurls.net/

Beberapa bahan kain wearpack yang sering digunakan dalam dunia konveksi antara lain :

  1. Kain Drill
    • American Drill ( #1860, 1919, Gloria 1788, Victoria 1668, Espero 1616, Putra Mill, Verlando, Ventura),
    • Japan Drill ( 2860, Suka-suka, Takashimura, Obor, Cap Tugu, Nagata Drill, Verlando Japan, Taipan Drill ).
  2. Twill.
  3. Taipan Tropical.
  4. Kanvas / Baby Canvas.
  5. Raphael.

Bahan Wearpack

Sumber : https://pesanbaju.com/

Bahan Khusus

Bahan khusus merupakan jenis bahan yang biasa digunakan untuk menjadikan fungsi wearpack lebih sempurna sebagai alat pelindung diri (APD). Bahan khusus yang dimaksud diantaranya kain khusus anti api (flame retandant), anti air (water repellent), anti bahan kimia dan lain-lain.

Karena dibuat hanya untuk kebutuhan khusus misalnya bahan anti api untuk pemadam kebakaran, maka penggunaan wearpak ini harus diawasi oleh ahli K3 (Keselamatan & Kesehatan Kerja), bahkan beberapa ada yang memiliki aturan berbeda dalam penggunaannya.

Wearpack dengan bahan tertentu umumnya membutuhkan teknik perawatan khusus sehingga cukup langka di pasaran. Ada yang hanya sekali pakai jadi tidak boleh dipakai berulang kali (seperti bahan anti kimia), tapi ada juga yang membutuhkan perawatan khusus seperti bahan anti api.

Wearpack anti api memerlukan penanganan khusus pada sisa air yang digunakan saat mencucinya. Karena jika air tersebut langsung dibuang tanpa diproses lebih dulu maka air buangannya akan mencemari lingkungan.

Bahan Wearpack

Sumber : https://www.indotrading.com/

Material Reflektor

Reflector atau scotlight merupakan bahan pemantul cahaya yang biasa ditambahkan pada baju keselamatan kerja yang dikenakan di lingkungan yang redup cahaya. Reflektor atau scotlight ini juga memiliki tingkatan kualitas berbeda yang akan menentukan daya pantul dan ketahanan pemakaian (lamanya penggunaan).

Bahan Wearpack

Sumber : https://kakonindo.wordpress.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.