Article

Homepage Article Desain Fesyen Kenali Karakteristik Celana…

Kenali Karakteristik Celana Cargo, Model, Bahan Kain dan Cara Mudah Untuk Memilihnya

Mencari model celana yang keren namun juga berbahan kuat untuk menunjang aktifitas anda ketika melakukan kegiatan di luar ruangan?. Khusus untuk anda yang lebih suka berpakaian praktis dan simple mungkin mengenakan celana cargo (panjang maupun pendek) bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa di andalkan.

Sejarah Celana Cargo

Celana cargo dapat dikategorikan ke dalam jenis celana yang secara khusus didesain untuk mengakomodir kebutuhan para pecinta kegiatan diluar ruangan. Karena sering digunakan ketika bertugas di lapangan celana ini bisa disebut pula sebagai celana PDL (Pakaian Dinas Lapangan) atau BDU (Battle Dress Uniform).

Celana Cargo

Sumber : https://eigerindostore.com/

Dilihat dari sejarahnya celana cargo sendiri pada awalnya hanya didesain untuk dikenakan oleh tentara militer Inggris pada tahun 1938 untuk membawa amunisi dan radio. Untuk menunjang aktifitas pemakainya celana cargo yang digunakan pada masa itu dilengkapi satu saku samping dan satu saku dibagian font hip (panggul).

Celana Cargo

Sumber : https://www.lakenzie.com/

Dari yang awalnya digunakan untuk keperluan militer seiring berjalannya waktu celana cargo kemudian mulai mengalami pergeseran fungsi jadi semakin luas. Bahkan sejak tahun sejak tahun 1990-an celana tersebut semakin populer menjadi komoditi fashion di dunia yang banyak diminati oleh banyak orang.

Celana Cargo

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Karakteristik Celana Cargo

Sebagai busana penutup tubuh bagian bawah yang memang didesain untuk pelengkap kebutuhan outdor, celana cargo jelas memiliki sejumlah karakteristik khusus yang membedakannya dengan jenis celana lain. Salah satu karakteristik celana cargo yang paling khas yaitu memiliki banyak kantong penyimpaan.

  1. Normalnya jumlah kantong celana cargo ada 6 yaitu 2 di bagian samping, 2 di bagian belakang dan 2 di bagian bawah.
  2. Masing-masing kantong pada celana kargo tersebut biasanya memakai tutup lipat yang dikunci dengan kancing snap atau velcro.
  3. Kantong dari celana cargo inipun juga memiliki ukuran cukup besar, sehingga mampu menampung banyak barang, seperti dompet, kompas, gadget hingga barang kecil lainnya.

Bisa dikatakan pula kalau celana cargo memang berbeda dengan celana lain karena dibuat dari bahan khusus yang umumnya bersifat ringan, kuat dan tidak mudah sobek sehingga sangat nyaman sekali untuk digunakan kegiatan outdoor. Dengan bahannya yang ringan cara perawatannya juga tergolong mudah.

Warna dari celana cargo juga sangat menarik serta unik karena sebagian memang didesain dengan warna-warna netral seperti abu-abu, hijau ataupun coklat. meski demikian tidak dipungkiri juga kalau ada beberapa pilihan warna lainnya dari celana cargo yang sangat cocok apabila dipadukan dengan busana apapun. 

Jenis-Jenis Celana Cargo

Sama halnya dengan model celana pria maupun celana wanita yang lainnya, celana cargo ini secarumum tersedia dalam berbagai variasi panjang yang berbeda. Sebab berdasarkan ukuran panjangnya celana cargo sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dalam ukuran panjang maupun pendek.

Bila anda membutuhkan sebuah celana yang dapat melindungi bagian kaki secara maksimal maka anda bisa memakai celana kargo panjang.

  • Celana cargo panjang sangat cocok dipakai di tempat yag bersuhu dingin ataupun tempat-tempat dengan medan cukup berat.
  • Dengan ukurannya yang sedemikian rupa, celana cargo panjang bisa menjadi pelindung kaki dari duri dan benda tajam lainnya ketika melakukan perjalanan jauh.

Celana Cargo

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebaliknya saat ingin lebih santai dan leluasa bergerak anda bisa mengenakan celana cargo pendek yang berdesain simple.

  • Untuk anda yang ingin traveling ke tempat-tempat dengan suhu udara cukup panas, tentu celana cargo pendek bisa menjadi pilihan.
  • Dengan menggunakan celana cargo pendek anda bisa bebas untuk menjalani aktivitas terlebih celana pendek ini juga tidak luput dari kantung besar.

Celana Cargo

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

Selain dua jenis celana yang sudah disebutkan di atas terdapat pula jenis celana cargo multifungsi yang dapat pakai dalam bentuk panjang maupun pendek. Jika menghendaki untuk memakai celana cargo yang pendek bagian bawah celananya tinggal dilepas, tapi kalau mau panjang tinggal disambung kembali. 

Celana Cargo

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bahan Celana Cargo

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya secara umum celana cargo dengan model kantong banyak ini memang umumnya dibuat dari bahan kain yang bertekstur tebal dan kuat. Bagi anda yang memang sedang mencari sebuah celana dengan model cargo kenali dulu yuk bahan pembuatannya.

1. Kain Ripstop Nilon

Kain ripstop merupakan sejenis kain bertekstur kotak-kotak yang terbuat dari tenunan benang nilon dan diperkuat dengan selingan benang yang lebih besar. Karakteristiknya yang kuat mampu melindungi tubuh dari cuaca dingin dan ancaman cuaca ekstrim yang berdampak buruk pada tubuh manusia.

Celana Cargo

Sumber : https://www.lucreindustries.com/

Dibandingkan dengan bahan lain yang sejenis kain ripstop nilon memang tidak mudah sobek dan jika terdapat sayatan pada bagian tertentu maka sobeknya tidak akan melebar. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian unik maka sangatlah tepat jika kain ini dipakai untuk membuat celana cargo.

2. Kain Polyester

Kain poliester merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat sintetis kemudian diolah dan di tenun menjadi lembaran kain. Karakteristiknya yang tidak mudah kusut, susut maupun melar menjadikan kain poliester sangat sesuai jika digunakan untuk membuat celana pria dan celana wanita dengan model cargo.

Celana Cargo

Sumber : https://www.grainger.com/

Meskipun tidak sekuat bahan berjenis ripston nilon namun bahan pembuatan celana cargo ini secara keseluruhan memiliki kelebihan tersendiri yaitu lentur dan cepat kering, sehingga akan sangat membantu para penggunanya dalam melakukan pergerakan tanpa perlu merasa terbebani dengan celana yang dipakainya.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain polyester dengan jenis bahan celana cargo yang lainnya yaitu:

  • Kain polyester memiliki ketahanan terhadap bakteri , jamur dan bahan kimia termasuk proses pencucian dry cleaning ataupun menggunakan pelarut jenis organik.
  • Pewarnaan kain poliester umumnya dilakukan dengan menggunakan zat warna terurai yang mempunyai ketahanan tinggi terhadap pencucian, sehingga warna kainnya tidak mudah luntur.
  • Serat dari kain polyester sangatlah lentur, tetapi tidak mudah melar sehingga sangat tepat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Selain tidak mudah melar, kain polyester juga sangatlah awet, memiliki masa pakai yang panjang tanpa menurunkan kondisi serat atau kualitas bahan secara keseluruhan.
  • Kain polyester sangatlah mudah terbakar sehingga sebaiknya dijauhkan penyimpanannya dari sumber api ataupun peralatan yang bermuatan listrik.
  • Selain mudah dicuci kain polyester juga sangat mudah kering dan tidak perlu dijemur terlalu lama.

3. Kain Twill

Selain kedua bahan celana cargo yang sudah disebutkan diatas, celana pria maupun celana wanita dengan model cargo ini beberapa ada juga yang dibuat dari bahan kain twill. Bahan ini secara umum memiliki tekstur serat kain yang membentuk garis diagonal, sehingga jika dilihat akan terlihat kasar pada bagian permukaannya.

Celana Cargo

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Meskipun memiliki tekstur yang terlihat kasar, namun sejatinya bahan twill ini justru akan terasa sangat lembut dan dingin ketika digunakan. Sifatnya yang kuat dan tahan lama pun juga menjadi alasan mengapa kain twill ini banyak digunakan sebagai bahan celana pria maupun celana wanita.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain twill dengan jenis bahan celana cargo yang lainnya yaitu:

  • Kain twill memiliki permukaan kain yang sama dengan bahan drill. Sama-sama bertekstur diagonal tetapi sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan bahan drill.
  • Tekstur kainnya cenderung sedikit kasar tetapi akan terasa sangat lembut dan dingin jika dipakai sebagai bahan pakaian.
  • Kain twill juga memiliki tingkat kelenturan yang cukup baik apabila mendapatkan tekanan.
  • Kain twill memiliki kemampuan yang sempurna untuk mengunci warna sehingga tidak mudah pudar.
  • Kain twill yang ditenun dari serat wol umumnya memiliki kualitas bahan yang bagus, meski tidak begitu efektif jika digunakan didaerah yang bersuhu dingin.
  • Karena sifatnya yang kuat dan tahan lama, bahan kain twill lebih banyak digunakan untuk membuat seragam lapangan (outdor) hingga celana cargo.

Seperti halnya jenis bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, di pasaran kain twill ini sebenarnya juga tersedia dalam berbagai tingkat ketebalan dan kerapatan tenunan yang berbeda-beda. Maka jangan heran jika anda menemukan jenis bahan twill yang stretch dan twill no stretch.

Kain twill stretch termasuk ke dalam jenis kain twill yang memiliki tingkat ketebalan sedang dan bersifat melar. Kain dengan sifat melar sangat nyaman jika dipakai untuk pakaian yang pas karena bisa menyesuaikan bentuk tubuh.

Kain twill no stretch yang biasa digunakan untuk keperluan garment sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kain twill stretch yaitu sama-sama memiliki tingkat ketebalan sedang. Bedanya kain twill no stretch ini tidak melar.

Sebagai bahan kain yang berkualitas tinggi, baik kain twill stretch maupun kain twill no stretch keduanya sama-sama bagus jika digunakan sebagai bahan pembuatan produk pakaian pria termasuk celana pria maupun celana wanita dengan model cargo. Semua bergantung kebutuhan anda masing-masing.

Pemanfaatan Celana Cargo

Sebagai salah satu jenis celana yang memang didesain untuk dipakai di lapangan, celana kargo memang identik dengan celana gunung. Padahal tidak hanya itu saja, celana ini sebenarnya juga dapat digunakan oleh para pria maupun wanita dari berbagai macam profesi yang berbeda yang membutuhkan kekuatan fisik dan mental.

  1. Celana cargo yang memiliki banyak saku dapat dipakai sebagai celana taktis lapangan oleh para tentara militer, tim SAR dan tim ekspedisi.
  2. Teknisi, engineer, hingga orang-orang yang bekerja di lapangan biasanya selalu memilih celana cargo untuk pelengkap gaya penampilan mereka karena alasan kenyamanan.
  3. Untuk keperluan traveling dan touring celana cargo bisa menjadi pilihan paling tepat karena desainnya yang longgar dapat mendukung perjalanan anda.
  4. Ketika melakukan kegiatan sehari-hari celana cargo juga dapat diandalkan, jadi jangan heran  apabila sahabat Fitinline sering melihat banyak orang yang menggunakan celana cargo sebagai pelengkap gaya casual.

Memilih Celana Cargo

Sejak awal ditetapkan sebagai bagian dari pelengkap style masa kini, hampir sebagian besar merk pakaian ternama bahkan mulai menyediakan celana kargo dalam produk mereka. Buat anda yang mau tampil gaya dan trendy dengan celana cargo tapi masih bingung menentukan pilihan simak dulu tips berikut ini yuk.

  1. Untuk mendapatkan celana cargo yang tepat usahakan untuk memilih satu model celana yang paling sesuai dengan aktifitas anda.
    • Bila anda mencari celana cargo yang bisa menutup dan melindungi bagian kaki dengan sempurna anda bisa memilih celana cargo panjang.
    • Untuk aktifitas yang leih santai maka anda bisa memilih celana cargo pendek yang berpotongan lebih sederhana.
  2. Pertimbangkan untuk memilih warna celana cargo panjang maupun celana cargo pendek yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara ini secara tidak langsung anda juga bisa meminimalisir keringat berlebih dari dalam tubuh sehingga tidak mudah kelelahan.
  3. Pastikan celana cargo panjang maupun celana cargo pendek yang anda pilih terbuat dari bahan kain berkualitas dan tidak panas.
    • Pilih bahan celana cargo yang bisa menyerap keringat tetapi tidak membuat basah dan berat saat digunakan agar anda terhindar dari bahaya masuk angin.
    • Pilih celana yang mempunyai sirkulasi udara cukup baik agar tubuh anda tetap terasa sejuk selama beraktifitas.
    • Pilih celana yang berpori agar kemungkinan munculnya bau badan akibat keringat berlebih juga bisa diminimalisir semaksimal mungkin.
  4. Biasakan untuk mencoba celana cargo terlebih dahulu walaupun anda sudah suka dengan model ataupun warnanya. Sebisa mungkin pilih celana yang pas, dalam artian tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar.
    • Memilih celana cargo yang terlalu kecil bisa membuat bagian tubuh bawah anda menjadi tertekan dan menyebabkan aliran darah menjadi terhambat.
    • Penggunaan celana cargo yang terlalu kecil juga tidak disarankan karena akan membuat selangkangan sakit dan membuat anda tidak bebas saat bergerak.
    • Sementara jika celana cargo yang anda pilih ukurannya terlalu longgar yang ada pergerakan anda akan jadi terganggu dan tidak bebas.
  5. Sebisa mungkin pilih celana yang memiliki kualitas unggul namun harganya tetap bersahabat dengan isi kantong anda. Ingat jangan sampai anda menghabiskan seluruh tabungan hanya demi sebuak celana cargo.
    • Biasakan untuk membeli celana cargo yang benar-benar berkualitas baik sehingga anda tidak asal membeli celana cargo karena harganya murah.
    • Kalau anda ingin mendapatkan celana cargo yang berkualitas tapi dari segi harga tetap terjangkau anda bisa bandingkan dulu dengan produk sejenis.
    • Tidak masalah bila anda anda membeli celana cargo dengan harga miring, asal kualitasnya bagus pasti pakaian tersebut akan tetap terasa nyaman saat dikenakan.
  6. Untuk memastikan bahwa celana cargo yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan bentuk jahitanya. Celana cargo yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus.
    • Jahitan celana cargo yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng,  tidak loncat dan tidak mengkerut.
    • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
    • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
    • Obrasan pada tepi celana harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
    • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, resleting, maupun pelengkap pakaian lainnya.

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah, karakteristik, bahan kain, pemanfaatan celana cargo serta cara mudah untuk memilihnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan dunia fashion simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.