Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Fashion Item Yang Wajib…

7 Fashion Item Yang Wajib Anda Miliki Untuk Tetap Tampil Stylish di Musim Hujan

Lebih suka menggunakan pakaian seadanya untuk membuat tubuh anda tetap hangat saat musim hujan?. Jangan biarkan hujan menghalangi anda untuk tetap tampil modis dan stylish. Supaya penampilan anda tidak terkesan monoton cari tahu dulu yuk beberapa item fashion yang bisa diandalkan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Turtleneck

Turtleneck sebenarnya merupakan model kerah pakaian yang didesain dalam bentuk ketat untuk menutupi dan menghangatkan seluruh bagian leher pemakainya. Dengan model dasarnya yang selalu dibuat tinggi item fashion yang dilengkapi dengan kerah turtleneck sendiri ternyata juga sangat beragam lho.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.bloomingdales.com/

Secara umum kerah pakaian dengan model turtleneck ini bisa dengan mudah dijumpai pada sweater, kaos maupun pakaian lainnya. Tidak hanya difungsikan sebagai penghangat tubuh, namun sebagian besar pakaian yang memiliki kerah tinggi pada dasarnya juga bisa dipakai untuk pelengkap penampilan.

  1. Busana berkerah turtleneck yang terbuat dari bahan rajut atau wol berlapis tebal dapat dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh dari hawa dingin dilingkungan sekitar.
  2. Busana berkerah turtleneck yang terbuat dari bahan kain tipis bertekstur lembut dan ringan bisa digunakan sebagai pakaian dalam dari sebuah blazer, coat maupun vest.

Coat

Coat yang dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama mantel merupakan busana penutup tubuh bagian luar yang dapat dipakai oleh pria maupun wanita untuk melindungi tubuh mereka agar tetap hangat. Pada musim dingin maupun musim hujan coat ini sering dipakai di atas setelan jas maupun cardigan.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://shopee.co.id/

Khusus untuk anda yang ingin memakai coat tapi belum menemukan desain dan potongan yang tepat berikut kami bagikan beberapa tips untuk memilih coat yang cocok dengan kebutuhan dan kepribadian anda.

  1. Usahakan untuk memilih coat yang bersiluet longgar sehingga memberikan kesan klasik sekaligus modis pada penampilan anda.
  2. Pilihlah coat yang sesuai dengan profesi anda, dalam hal ini anda harus bisa membedakan antara coat yang dipakai di dalam ruangan maupun di luar ruangan.
  3. Sebaiknya pilih coat dengan warna netral agar anda bisa lebih mudah menentukan padupadannya.
  4. Anda harus bisa memilih ukuran coat yang ideal artinya tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar.
  5. Coat yang terlalu kecil akan membuatmu terasa gerah.
  6. Coat yang terlalu terlalu longgar tidak akan maksimal menghangatkan tubuh.
  7. Pilih lapisan isolasi coat yang tidak terlalu tebal, hal ini dimaksudkan agar panas tubuh tetap stabil dan terjaga dengan baik.

Simak juga pembahasan mengenai 27 Model Coat Wanita dan Pria Yang Bisa Anda Pakai Untuk Kesempatan Formal Maupun Casual kalau anda masih bingung ketika harus memilih model coat yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sweater

Sweater merupakan outerwear serbaguna berkontur tebal yang dapat dipakai di atas pakaian lain seperti kemeja, kaos dan blouse. Dari segi desain dan potongannya sweater ini bisa juga dikategorikan sebagai baju terusan karena dibuat tanpa kancing maupun resleting serta tidak menggunakan tudung kepala.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.harpersbazaar.com/

Untuk menyemurnakan penampilan saat musim hujan terdapat beberapa model sweater yang dapat digunakan sebagai pakaian hangat. Beberapa model sweater yang dimaksud yaitu:

1. Sweater O neck atau sweater crew neck yang memiliki lubang leher bulat sehingga tampilannya terkesan sangat simple.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.alibaba.com/

2. Sweater V neck yang memiliki lubang leher berbentuk huruf V dengan sudut siku di dada atas tengah.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.hollisterco.com/

3. Sweater turtleneck yang memiliki garis leher berbentuk bulat dengan ribs panjang mendekati kerongkongan.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Terkait dengan bahan yang dipakai untuk membuatnya, sampai saat ini terdapat banyak sekali bahan kain yang dapat dipilih sebagai bahan sweater agar sesuai digunakan saat musim hujan. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa bahan wool, bahan rajut, bahan sintetis, kain katun, kain fleece, hingga baby terry.

Jumper

Jumper merupakan salah satu pakaian penghangat tubuh yang lazim dipakai di atas kemeja, blus bahkan kaos. Jenis bahannya bermacam-macam tergantung harga dan kualitas, dimana model jumper yang paling cocok untuk pelengkap gaya penampilan saat musim hujan biasanya dilengkapi dengan hoodie (tudung bertali).

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.blanja.com/

Sebagai busana penutup tubuh bagian luar yang sangat populer, hoodie jumper sendiri biasanya juga selalu dilengkapi dengan saku pada bagian depan dan memiliki tali untuk menyesuaikan penutup kepala. Beberapa jenis hoodie jumper ada yang memiliki pembuka resleting dibagian depan namun ada juga yang tidak.

1. Hoodie Jumper Dengan Resleting

Khusus untuk hoodie jumper yang dilengkai dengan resleting, jenis resleting yang digunakan biasanya sama dengan resleting pada jaket yakni menggunakan resleting open end.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

2. Hoodie Jumper Tanpa Resleting

Tapi kalau untuk hoodie jumper yang dibuat tanpa resleting maka pada bagian badan depannya dibiarkan tertutup.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.blanja.com/

Buat anda yang masih sering kesulitan untuk membedakan hoodie jumper dengan jaket dan juga sweater kenali dulu yuk beberapa karakteristik paling khas yang membedakan hoodie jumper dengan item fashion yang lainnya.

  1. Jumper memiliki ukuran panjang yang cukup fleksibel, ada yang dibuat sebatas pinggang atau pinggul namun ada juga yang panjangnya sampai di atas lutut.
  2. Jumper relatif longgar dan tidak ketat, jadi lebih nyaman dipakai untuk beraktifitas.
  3. Jumper bisa disablon, hal ini dapat dilihat dari banyaknya desain jumper yang dihias dengan detail sablon pada bagian depan maupun belakangnya.
  4. Jumper memiliki hoodie alias penutup kepala yang talinya dapat dikencangkan dan dilonggarkan sesuai kebutuhan.
  5. Jumper tidak memiliki kancing namun bagian kepala dibuat dengan lingkar yang lebar agar lebih mudah dipakai.
  6. Bahan kain yang digunakan untuk membuat jumper umumnya berupa bahan fleece, sejenis bahan kain yang memiliki karakteristik lumayan tebal dan hangat.

Tertarik untuk membuat hoodie jumper sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan anda saat musim hujan?. Kalau anda kebetulan ingin membuat hoodie jumper untuk keperluan pribadi tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya maka anda bisa mendownload pola siap pakai dari kami.

  1. Pola Hoodie Jumper Wanita Dengan Lengan Raglan
  2. Pola Hoodie Jumper Wanita Dengan Lengan Licin
  3. Pola Hoodie Jumper Pria Dengan Lengan Raglan
  4. Pola Hoodie Jumper Pria Dengan Lengan Licin

Perbedaan paling mendasar dari hoodie jumper lengan raglan dengan lengan licin yaitu terletak pada sambungan lengan dan badannya.

1. Lengan Licin

Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.

2. Lengan Raglan

Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

Jaket

Jaket dengan ukuran panjang hingga pinggang atau pinggul menjadi item fashion berikutnya yang wajib anda miliki sebagai pelengkap gaya penampilan saat musim hujan. Untuk memudahkan pemakainya pada bagian depan jaket biasanya ditambahkan pula pembuka seperti resleting maupun kancing.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://lookbook.nu/

Sebagai busana penutup tubuh yang dikenakan di bagian terluar dari kaos, kemeje maupun blouse sampai saat ini model jaket yang berkembang juga cukup beragam lho. Buat anda yang kebetulan sedang membutuhkannya anda bisa memilih satu diantara beberapa jenis jaket pria dan jaket wanita berikut.

1. Jaket Bomber

Jaket bomber merupakan sebuah model jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk pilot militer dan hanya dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom, sehingga jaket ini disebut dengan istilah bomber jacket.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://shop.iamhardstyle.com/

2. Jaket Harrington

Jaket harrington merupakan sebuah jaket berbahan ringan yang biasa didesain menggunakan lapisan dalam atau lining bermotif kotak-kotak. Pada bagian sekitar pinggang jaket ini biasanya ketat dengan manset dan bawah hem yang melebar elastis.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.aliexpress.com/

3. Jaket Parka

Jaket parka merupakan sejenis jaket pria maupun jaket wanita berbahan tebal yang umumnya dilengkapi dengan hoodie, panjangnya selutut dan dibagian dalam dilapisi bulu untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap stabil dalam kondisi apapun.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://kiddiposh.com/

4. Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker biasa dirancang untuk mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan. Khusus di negara Inggris jaket pria dan jaket wanita dengan model ini biasa dikenal juga dengan nama “windcheater”.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.visvalbags.com/

5. Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan salah satu jenis model jaket yang pada awalnya sering dipakai para pelajar di Amerika, namun seiring perkembangan zaman dimodifikasi untuk pelengkap  kebutuhan fashion pria dan wanita.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://www.graffitishop.net/

6. Jaket Kulit

Jaket kulit merupakan model jaket yang banyak terbuat dari kulit binatang meski ada juga yang dibuat dari bahan kulit sintetis. Dengan karakteristik bahannya yang kokoh jaket ini sangat cocok digunakan saat cuaca dingin dan berangin.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://leatherwear.com.au/

7. Jaket Sukajan

Jaket sukajan merupakan model jaket pria dan jaket wanita berdetail unik yang sempat hits lantaran kerap dikenakan oleh para artis maupun fashion blogger. Ciri paling khas dari jaket ini yaitu memiliki ornamen bergambar naga maupun bunga sakura.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://solekoi.com/

Ingin membuat jaket bomber, jaket parka, jaket varsity dan juga model jaket lainnya tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola jaket pria dan jaket wanita siap pakai dari kami.

1. Pola Jaket Bomber

Pola jaket bomber adalah pola jaket model bomber yang biasanya dikenakan oleh para pilot pesawat perang tapi saat ini lebih banyak digunakan untuk bergaya.

2. Pola Jaket Parka 

Pola jaket parka adalah pola jaket model parka yang biasanya dipakai jaket penghangat di daerah dingin.

3. Pola Jaket Varsity 

Pola jaket varsity adalah pola jaket varsity yang biasanya dikenakan oleh mahasiswa-mahasiswa sebagai identitas kampus saat kegiatan perkuliahan.

4. Pola Jaket Raglan Zn

Pola jaket Zn adalah pola jaket casual berlengan raglan yang dapat dibuat menggunakan kain Zn.

5. Pola Jaket Parka Parasut

Pola jaket parka parasut adalah pola jaket berlengan raglan dari bahan parasut loreng biway yang biasa dipakai sebagai pakaian penghangat tubuh ketika musim hujan.

6. Pola Jaket Parka Parasut Metalik

Pola jaket parka parasut metalik adalah pola jaket model parka pendek yang dapat dibuat menggunakan kain parasut metalik. Bahan ini secara umum mempunyai sifat anti air dan bisa dipakai untuk menahan angin.

Cardigan

Cardigan termasuk ke dalam salah satu jenis busana penutup tubuh bagian atas yang tetap populer untuk tahun 2020. Jadi buat anda yang mau tampil keren saat musim hujan maka anda bisa memasukkan unsur cardigan yang dibuat dari kain kain berwarna netral atau cenderung gelap ke dalam gaya penampilan anda.

Baju Musim Hujan

Sumber : https://shopee.co.id/

Supaya cardigan yang anda pakai terasa lebih nyaman saat dikenakan dan terasa pas dengan bentuk tubuh anda, pastikan pemilihan model, bahan dan jahitannya juga sudah tepat ya.

  1. Sesuaikan model cardigan dengan bentuk tubuh anda, kalau asal yang ada penampilan anda akhirnya justru bisa menjadi kurang bagus.
  2. Hindari membeli cardigan yang memakai banyak kancing depan serta ketat, karena bisa mengurangi kecantikan penampilan anda.
  3. Sebelum membeli cardigan pertimbangkan terlebih dulu apakah panjang cardigan tersebut cocok dengan selera anda.
  4. Cardigan memiliki warna dan motif yang banyak jadi sebaiknya pilih yang motif dan warnanya sesuai dengan kulit anda.
    • Hindari warna cardigan yang bisa membuat kulit anda menjadi terlihat semakin pucat dan gelap.
    • Pilih motif cardigan yang sesuai kepribadian dan usia anda.
    • Bila anda lebih menyukai gaya yang simpel anda bisa memilih cardigan yang polos atau tanpa motif.
    • Bila anda lebih gemar menggunakan cardigan yang bermotif ramai, pilih yang sesuai dengan keinginan.
  5. Sesuaikan bahan cardigan dengan kebutuhan karena hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan cardigan saat dikenakan begitu pula dengan harga cardigannya.  
    • Bila anda ingin memakai cardigan tapi tidak mau merasa kepanasan lebih baik pilih bahan yang menyerap keringat.
    • Bila anda ingin tampil keren dengan cardigan yang lebih ringan maka anda bisa memilih bahan rajut yang lebih tipis.
  6. Terakhir pilih cardigan yang benar-benar berkualitas. Jadi sebelum melakukan pembelian lakukan pengecekan kembali kulitas jahitannya.

Lebih tertarik untuk membuat cardigan sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Simak kembali pembahasan mengenai Cara Mudah Membuat Cardigan Yang Bisa Anda Coba Sendiri di Rumah.

Aksesoris

Khusus untuk anda yang ingin memakai aksesoris saat musim hujan sebaiknya pilih beberapa barang sederhana tapi memiliki banyak fungsi, asal dipilih dengan baik aksesoris dapat menjadi teman terbaik anda dikala hujan.

  1. Jaga rambut anda agar tetap kering dengan menggunakan beanie hat atau topi musim dingin.
  2. Untuk sementara tukar tas kain yang biasa anda pakai dengan tas yang bersifat anti air dan yang paling penting jangan lupa selalu memasukkan payung kecil ke dalamnya.
  3. Sebisa mungkin kenakan sepatu yang terbuat dari material tahan air, jadi bila sepatu yang anda pakai terkena lumpur maupun air hujan bisa lebih mudah untuk dibersihkan.
  4. Saat musim hujan anda juga bisa menambahkan syal untuk menghangatkan tubuh di bagian leher.
  5. Jika anda ingin memakai jam tangan sebaiknya pilihlah jam yang juga bersifat anti air.

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi beberapa item fashion yang bisa anda pakai untuk menyempurnakan gaya penampilan ketika musim hujan. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan dunia fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.