Article

Homepage Article Kain Tekstil Kenali Jenis-Jenis Kain…

Kenali Jenis-Jenis Kain Parasut Untuk Jaket Berikut Lengkap Dengan Cara Perawatannya

Mencari jaket yang bagus untuk pelengkap gaya penampilan?. Jika anda mencari jaket berkualitas tinggi yang terkenal dengan kemampuannya menahan perubahan cuaca maka anda bisa memakai jaket parasut. Sesuai dengan namanya jadi jaket ini sebenarnya dibuat dari kain parasut yang punya banyak keunggulan.

Pengertian Jaket Parasut

Jaket parasut dikenal sebagai salah satu pakaian penghangat tubuh yang cukup ringan dan memiliki kemampuan untuk menolak air yang cukup baik karena pada dasarnya kain parasut sendiri dibuat dari bahan sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi. 

Jaket Parasut

Sumber : https://www.alpinetrek.co.uk/

Dilihat dari bahan baku pembuatnya bisa dibilang bahwa jaket parasut ini cenderung panas saat digunakan dibawah terik matahari. Meski demikian sifat kain parasut yang menolak air memungkinkan jaket dengan bahan dasar kain parasut mampu menahan guyuran air ketika digunakan saat hujan.

Jaket Parasut

Sumber : https://www.pressto.id/

Walaupun saat musim kemarau hanya sedikit orang yang membutuh jaket parasut, namun ketika musim penghujan tiba jaket parasut ini akan memberikan banyak pertolongan. Dengan sifatnya yang menolak air jaket, parasut ini bisa dipakai sebagai alat perlindungan tubuh dari kemungkinan basah saat hujan.

Kain Parasut Untuk Jaket

Berdasarkan bahan utamanya jaket parasut sebenarnya tersedia dalam beberapa tingkatan, harga yang ditawarkan pun biasanya sebanding dengan kualitas bahan. Khusus untuk jaket pria dan jaket wanita sendiri beberapa jenis kain parasut yang biasa digunakan umumnya terdiri dari berbagai bahan berikut. 

Jaket Parasut

Sumber : https://pickingsandparry.com/

1. Kain Parasut Ripstop
Kain parasut ripstop merupakan jenis kain yang memiliki coating (lapisan anti air) bening/transparan dengan tektur kotak-kotak. Kain parasut ini umumnya bersifat water resistant.

2. Kain Parasut Bening
Kain parasut bening merupakan jenis kain yang mempunyai coating bening (transparant) di bagian buruk bahan kainnya sementara bagian baik kainnya tetap berwarna. Kain parasut bening ini bersifat water-resistant.

3. Kain Parasut Tipis
Kain parasut tipis dikenal pula sebagai bahan parasut furing. Kain ini umumnya tidak memiliki sifat waterproof maupun water-resistant sehingga lebih sering dipakai untuk furing. Untuk memberikan kesan tebal bisa dikombinasikan dengan dakron.

4. Kain Parasut Super
Kain parasut super merupakan jenis kain yang permukaannya mengkilap dan lebih tebal dari parasut tipis, tapi sama-sama tidak memiliki sifat anti air.

5. Kain Parasut Milky
Kain parasut milky merupakan jenis kain yang mempunyai sifat water-resistant (tahan air dalam kondisi air mengalir bukan menggenang). Kain parasut ini mempunyai coating milky (warna putih susu).

6. Kain Parasut Wajik
Kain parasut wajik (parasut diamond ripstop) merupakan jenis kain yang memiliki lapisan bening anti air dan permukaannya tampak agak mengkilap dengan motif wajik atau belah ketupat.

7. Kain Parasut Loreng Biway
Kain parasut loreng biway merupakan jenis kain yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna putih (biway).

8. Kain Parasut Loreng Bening
Kain parasut loreng bening merupakan jenis kain yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna bening/transparant.

9. Kain Parasut Silver
Kain parasut silver merupakan jenis kain yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna silver.

10. Kain Parasut Metalik
Kain parasut metalik merupakan jenis kain yang bagian dalamnya terdapat lapisan anti air berwarna mengkilap, lembut dan tidak kaku.

Model Jaket Parasut

Dengan memanfaatkan sejumlah kain parasut yang ada, sampai saat ini variasi dari jaket pria maupun jaket wanita sendiri bisa dibilang sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya lho. Beberapa model jaket yang dimaksud diantaranya ada jaket bomber, jaket puffer, jaket gunung dan lain sebagainya.

Jaket Parasut

Sumber : http://www.moonlitebunny.com/

1. Jaket Bomber
Jaket bomber merupakan sebuah jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk tentara militer dan hanya dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom. Jaket bomber ini umumnya memiliki ciri khas berupa kentung kecil dengan  resleting pada lengan bagian kiri.

2. Jaket Puffer
Jaket puffer termasuk ke dalam jenis jaket yang memiliki karakteristik lembut dan empuk karena terisi dakron. Dengan bentuknya yang mengembang jaket ini sangat cocok dipakai untuk menahan udara dingin ditengah cuaca ekstrim yang melanda.

3. Jaket Gunung
Jaket gunung merupakan jenis jaket yang biasa dipakai untuk perlengkapan mendaki gunung. Di kalangan pendaki umumnya sudah dikenal berbagai jenis jaket gunung, yaitu waterproof, windproof dan warm up.

4. Jaket Track Top
Jaket track top atau biasa disebut sebagai jaket training sebenarnya termasuk ke dalam jenis jaket sport yang identik dengan aktivitas olahraga. Jaket ini biasanya lebih sering dipakai oleh para atlit baik saat berlatih maupun saat beraktifitas sehari-hari.

5. Jaket Touring
Jaket touring merupakan sebuah jaket motor yang biasa dikenakan oleh para rider untuk melindungi tubuh mereka dari terpaan angin dan resiko berkendara lainnya yang mungkin terjadi. Jaket touring ini banyak digunakan oleh klub motor.

6. Jaket Varsity
Jaket varsity merupakan jaketnya para pemain baseball yang biasanya dilengkapi dengan kancing di bagian depan. Ciri lain yang lekat dengan jaket varsity yaitu memiliki dua warna yang berbeda untuk lengan dan badan.

7. Jaket Parka
Jaket parka merupakan sejenis jaket penghangat tubuh yang bisa dipakai dalam cuaca dingin. Ciri paling khas yang membedakan jaket parka dengan model jaket lain yaitu jaket parka dilengkapi dengan hoodie, tali pinggang dan panjangnya selutut.

8. Jaket Harrington
Jaket harrington merupakan jaket ringan dengan ukuran sebatas pinggang yang biasanya juga dihiasi dengan pola tartan berbentuk kotak-kotak yang tercipta dari garis vertikal dan horizontal dalam berbagai warna pada bagian dalam jaketnya.

9. Jaket Windbreaker
Jaket windbreaker merupakan jaket yang dirancang untuk mengantisipasi angin dan hujan ringan. Istilah windbreaker sendiri sangat populer di Amerika Utara dan Jepang, sementara di Inggris istilah tersebut lebih dikenal dengan “windcheater”.

Keunggulan Jaket Parasut

Meski sudah sering menjumpai jaket parasut mungkin anda tidak akan menyangka bahwa jaket parasut yang dapat menahan air, hujan dan angin ternyata awalnya lebih dulu populer di kalangan pengendara motor lho. Seiring dengan perkembangan zaman mulailah bermunculan model jaket dengan gaya yang lebih keren. 

Jaket Parasut

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Selain terkesan trendy, jaket parasut yang kini juga banyak dipakai untuk kegiatan olahraga seperti jogging, naik gunung dan sebagainya secara umum juga memiliki banyak keistimewaan tersendiri. Keunggulan jaket pria dan jaket wanita yang dibuat dari kain parasut diantaranya: 

  1. Saat beraktifitas di lingkungan terbuka jaket parasut bisa dijadikan sebagai jaket terbaik yang diandalkan untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.
  2. Jaket parasut juga dikenal tahan angin. Hal inilah yang membuat jaket parasut menjadi sangat unggul dari segi bahannya.
  3. Selain tahan angin, jaket parasut yang dilengkapi dengan fitur waterproof juga sanggup melindungi pemakainya dari hujan yang mendadak turun.
  4. Jaket parasut sangat mudah dibersihkan. Bila ada noda yang menempel anda tinggal membersihkan bagian tersebut dengan air mengalir kemudian tambahkan sabun. Setelahnya jaket parasut akan langsung bersih kembali.
  5. Permukaan badan jaket parasut yang licin memungkinkan anda untuk bebas beraktivitas dalam berbagai kesempatan.
  6. Bahan jaket parasut yang sejuk sekaligus hangat membuat pemakai serasa terlindungi dari udara dingin yang menusuk tanpa membuat air di luar merembes masuk ke dalam permukaan jaket.
  7. Bahan parasut identik dengan bahan yang mudah dibentuk sekaligus tidak mudah kusut meskipun digunakan seharian penuh. Jadi saat beraktifitas anda bisa tetap tampil menawan dengan jaket tersebut.

Cara Memilih Jaket Parasut

Tertarik untuk memakai jaket parasut sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Sebelum memutuskan untuk membeli atau membuat sendiri jaket yang sesuai dengan kebutuhan anda, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

  1. Pilih jaket parasut sesuai fungsinya agar aktifitas dan ruang gerak anda tidak terbatasi saat mengenakan jaket tersebut.
    • Bila anda yang berniat memakai jaket parasut untuk sekedar jalan-jalan maupun untuk jogging, jaket dengan fungsi tahan angin sudah cukup.
    • Bila anda membutuhkan jaket untuk kegiatan outdor biasa maka pilihlah jaket parasut yang lentur, tahan angin dan tahan air. Setiap jaket yang waterproof pasti juga bersifat windproof, tapi tidak berlaku sebaliknya.
    • Bila anda ingin menggunakan jaket parasut untuk kegiatan yang lumayan berat dengan medan yang sulit seperti mendaki gunung sebaiknya pilih jaket parasut yang tebal dengan banyak fungsi.
  2. Walau sama-sama dibuat dari bahan parasut, tetapi tingkat kenyamanan yang ditawarkan bisa saja berbeda. Maka dari itu pilih bahan yang tepat untuk dikenakan.
    • Untuk acara santai sebaiknya gunakan jaket parasut yang cenderung tipis, terasa halus, ringkas saat dibawa bepergian dan dapat digunakan sebagai outer.
    • Untuk menghangatkan badan pada saat cuaca dingin  sebaiknya gunakan bahan jaket parasut yang tebal dan dapat menjaga kestabilan suhu tubuh agar tetap hangat.
  3. Pilih jaket parasut dengan fitur breathability agar tubuh anda tidak merasa gerah saat beraktifitas. Untuk kegiatan hiking atau olahraga misalnya pastikan jaket yang anda pilih memiliki fungsi ventilasi untuk meningkatkan sirkulasi udara.
  4. Karena model jaket parasut yang ada di pasaran sangat banyak jadi sebaiknya pilih jaket parasut yang modelnya sesuai dengan selera anda. Beberapa model jaket parasut yang bisa anda pakai yaitu berupa jaket bomber, jaket puffer dan lain sebagainya.
  5. Pemilihan warna jaket juga menjadi salah satu hal penting. Biasanya warna-warna gelap dapat menyimpan panas lebih baik dari pada warna-warna cerah. Jadi jika anda ingin jaket yang hangat, anda tahu warna apa yang harus dipilih.
  6. Pastikan jaket parasut yang hendak anda pilih memiliki ukuran sedikit lebih besar di atas nomor pakaian anda, sehingga tubuh anda dapat bergerak dengan mudah dan nyaman meski sedang mengenakan jaket.
  7. Periksa kualitas jahitan yang terdapat pada jaket yang hendak anda beli. Semahal apapun jaket yang anda pilih jika jahitannya kurang rapi dan terlihat tidak kuat maka kualitas jaketnya juga akan turun.

Cara Merawat Jaket Parasut

Sebagai salah satu item fashion yang berkualitas tinggi jaket parasut sebenarnya tidaklah membutuhkan teknik perawatan khusus yang tergolong rumit karena prosesnya hampir sama dengan cara mencuci pakaian biasa. Tapi kalau anda masih ragu sebaiknya terapkan beberapa langkah-langkah di bawah ini. 

Jaket Parasut

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  1. Untuk mencuci jaket pria dan jaket wanita dari bahan kain parasut mula-mula siapkan ember yang berukuran besar kemudian campurkan air dan dan detergent ke dalamnya.
  2. Masukkan jaket parasut kedalam ember tersebut sambil di aduk-aduk secara perlahan supaya kotoran atau debu yang menempel mudah terangkat. Setelahnya diamkan jaket selama kurang lebih 15 menit di dalam ember.
  3. Selesai melakukan perendaman selanjutnya kucek jaket parasut anda secara perlahan. Jika terdapat noda atau kotoran yang membandel gunakanlah sikat yang berbulu halus untuk membersihkannya.
  4. Setelah jaket terlihat cukup bersih selanjutnya bilas menggunakan air bersih sampai tidak ada lagi busa sabun yang melekat pada jaket. Sisa detergen yang tertinggal pada jaket biasanya berpotensi besar untuk menimbulkan bercak-bercak putih.
  5. Jemur jaket parasut hingga kering dengan cara menggantungnya menggunakan hanger kemudian letakkan jaket tersebut ditempat yang bersih dan terkena sinar matahari secara langsung.
  6. Segera angkat jaket parasut yang sudah dirasa cukup kering kemudian simpan jaket parasut tersebut ke dalam almari pakaian. Untuk menyimpan jaket parasut anda bisa menggantung jaket ataupun melipatnya.

Sudah jelaskan bagaimana cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk merawat jaket parasut. Hal terpenting yang harus diingat untuk menjaga keawetan dari jaket parasut yaitu sebaiknya hindari beberapa larangan sebagai berikut.  

  1. Saat melakukan pencucian, sebisa mungkin jangan terlalu lama merendam jaket parasut dalam air yang mengandung deterjen. Kandungan detergen yang terdapat dalam air dikhawatirkan akan merusak serat kain parasut.
  2. Menjemur jaket parasut di bawah sinar matahari juga berpotensi besar untuk membuat warna jaket menjadi mudah pudar. Jadi sebaiknya segera pindahkan jaket anda ke tempat yang lebih teduh bila sudah kering.
  3. Hindari menyetrika jaket parasut khususnya untuk jaket parasut yang berbahan tipis secara langsung dengan suhu yang terlampau panas. Tujuan utamanya yaitu agar bentuk jaket tidak berubah menjadi mengkerut.
  4. Jangan terlalu lama menyimpan jaket parasut yang sudah dipakai meski hanya sekali jika anda tidak ingin jaket tersebut ditumbuhi jamur kain. Jamur kain ini biasanya akan sulit untuk dibersihkan.

Kesimpulan

  1. Jadi jaket parasut itu sebenarnya merupakan jenis jaket yang dibuat dari bahan kain parasut. Sejenis bahan sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi.
  2. Kain parasut yang biasa dipakai untuk membut jaket ada banyak sekali jenisnya. Begitu pula bentuk dan variasi dari jaket parasut yang dijual dipasaran juga tidak kalah banyak.
  3. Dibandingkan dengan jaket dari bahan lain, jaket parasut ini secara keseluruhan memiliki keistimewaan dan keunggulan tersendiri. Kebanyakan lebih bersifat tahan angin dan tahan air.
  4. Dengan karakteristiknya yang sangat unik jaket parasut bisa dirawat dengan cara yang sangat mudah. Bahkan anda bisa mencuci jaket tersebut seperti layaknya mencuci pakaian biasa.
  5. Meski cara merawatnya terbilang mudah tapi ada beberapa hal yang harus dihindari untuk menjaga keawetan jaket parasut. Salah satunya yaitu menyetrika jaket parasut secara langsung dengan panas tinggi.

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa model dan bahan jaket parasut yang bisa anda pakai untuk pelengkap penampilan, keunggulan jaket parasut beserta cara perawatannya yang mudah dilakukan. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain parasut berkualitas untuk membuat jaket, anda bisa melihat koleksi kain parasut kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.