Article

Homepage Article Kain Tekstil Kenali Ciri Khas, Kelebihan…

Kenali Ciri Khas, Kelebihan dan Kekurangan Kain Mayer Serta Pemanfaatannya Pada Produk Jaket

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat jaket namun tetap membuat anda merasa nyaman saat melakukan aktivitas?. Sebagai referensi mungkin anda bisa memilih kain mayer yang menawarkan banyak keunggulan. Selain ketersediaan warnanya cukup melimpah, kain mayer juga bisa menimbulkan kesan eksklusif pada jaket lho.

Pengertian Kain Mayer

Kain mayer dapat dikategorikan ke dalam jenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik lembut, lemas dan mengkilap walaupun kainnya memiliki ketebalan medium. Kain ini secara umum memiliki sifat hidrofobik sehingga sangat cocok dipakai untuk membuat jaket karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

Kain Mayer

Sumber : https://fitinline.com/

Sesuai dengan karakteristik bahannya yang bersifat hidropobik dan memiliki kemampuan untuk menolak air yang cukup baik, kain mayer pada umumnya tidak dapat ditembus air jika jumlah airnya tidak terlalu banyak. Selain itu kain ini juga mampu menahan angin sehingga cocok digunakan sebagai bahan jaket outdoor.

Kain Mayer

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Jadi untuk anda yang hobi berpetualang di alam terbuka seperti melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai sepeda motor maupun mendaki gunung saat musim kemarau dan membutuhkan jaket penghangat tubuh yang bisa menangkal angin, embun dan hujan ringan sangat disarankan memilih jaket dengan bahan kain mayer.

Ciri Khas Kain Mayer

Tidak jauh berbeda dengan bahan kain yang lainnya, kain mayer secara umum juga memiliki sejumlah ciri-ciri khusus. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan menemukan kain mayer yang berkualitas kenali dulu yuk ciri khas kain mayer yang dapat dirasakan secara langsung.

  1. Kain mayer cenderung lebih tipis jika di bandingkan dengan kain taslan.
  2. Kain mayer memiliki karakteristik lembut dan tidak kaku sehingga sangat nyaman jika diguakan sebagai bahan pakaian. .
  3. Kain mayer juga tipis, ringan serta memiliki banyak variasi warna mulai dari warna metalik sampai warna-warna cerah lainnya.
  4. Kain mayer memiliki sifat hidrophobik (kemampuan menolak air) yang cukup baik.  
  5. Kain mayer tidak dapat ditembus air jika jumlah airnya tidak terlalu banyak.
  6. Kain mayer juga mampu menahan angin sehingga kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan jaket pria, jaket wanita dan jaket outdor.

Butuh bahan kain mayer berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sahabat Fitinline bisa melihat dulu koleksi Kain Mayer dan Kain Mayer Lokal (MG) dari kami.

Kelebihan Kain Mayer

Sebagai salah satu bahan kain yang memiliki kandungan polyester di dalamnya, kain mayer jelas menawarkan sejumlah kelebihan tersendiri yang membedakannya dengan bahan kain yang lain. Beberapa kelebihan kain mayer yang paling mencolok diantaranya:
Kain mayer bersifat lembut.

  1. Tahan terhadap angin dan air.
  2. Tersedia dalam banyak pilihan warna.
  3. Tekstur kainnya lebih tipis dan ringan.
  4. Memberikan efek hangat pada jaket.

Kekurangan Kain Mayer

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya kain mayer pada prinsipnya juga memiliki sejumlah kekurangan lho. Beberapa kekurangan dari bahan kain mayer diantaranya:

  1. Kain mayer tidak elastis.
  2. Rawan sobek bila tidak dirawat dengan cara yang kurang tepat.
  3. Memiliki batas untuk ketahanan air dan angin, jadi kalau mau digunakan untuk melindungi tubuh dari angin besar dan hujan lebat masih kurang maksimal.

Pemanfaatan Kain Mayer

Dengan karakteristik bahannya yang relatif tipis jika dibandingkan dengan taslan, kain mayer sendiri sangat cocok dipakai untuk jaket pria dan jaket wanita. Model jaket yang dibuat dari bahan inipun sangat beragam, mulai dari jaket harrington, jaket bomber, jaket parka, jaket windbreaker hingga jaket varsity.

1. Jaket Harrington

Jaket harrington merupakan jaket bergaya klasik yang dapat difungsikan sebagai pakaian hangat oleh orang-orang yang bermukim di wilayah tropis saat malam hari. Jaket ini pada prinsipnya dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan casual maupun semi-formal tergantung kreatifitas dan kebutuhan pemakainya.

Kain Mayer

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Jaket ringan dengan ukuran sebatas pinggang yang banyak dibuat dari kain mayer ini biasanya juga dihiasi dengan pola tartan pada bagian dalam jaketnya. Tartan sendiri merupakan pola berbentuk kotak-kotak yang tercipta dari garis vertikal dan horizontal dengan warna dasar merah yang cukup mencolok.

Kain Mayer

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket harrington dengan jenis jaket yang lainnya yaitu:

  • Jaket harrington kebanyakan dibuat dengan ukuran panjang hingga sebatas pinggang.
  • Jaket harrington biasanya memiliki tampilan yang polos di bagian luar karena bahannya dibuat satu warna sementara bagian dalamnya dibuat dari bahan bermotif kotak-kotak.
  • Bagian pinggang dari jaket harrington biasanya ketat dengan manset dan bawah hem yang bersifat elastis.
  • Terdapat resleting di bagian depan dari ujung bawah sampai ujung leher, kerah yang dilengkapi kancing pengait untuk mencegah masuknya air ke dalam jaket serta dua kantong dengan kancing di kedua sisi penutupnya yang miring. 

Tertarik untuk menjadikan jaket harrington sebagai item fashion andalan anda?. Simak kembali pembahasan mengenai 4 Inspirasi Gaya Pemakaian Jaket Harrington yang bisa anda coba untuk pelengkap penampilan anda.

2. Jaket Bomber

Jaket bomber alias “flight jaket” sebenarnya merupakan sebuah jaket yang dibuat dan dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom pada era perang dunia. Bila di masa lalu jaket bomber hanya dipakai oleh pilot pesawat tempur, kini jaket bomber juga banyak dipakai sebagai item pelengkap fashion.

Kain Mayer

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket bomber dengan jenis jaket yang lainnya yaitu:

  • Jaket bomber umumnya berbentuk bulky alias gemuk.
  • Jaket bomber memiliki ciri khas berupa manset, hem dan resleting pada bagian depan serta garis leher yang mencolok.
  • Jaket bomber teredia dalam beragam desain, mulai dari yang panjangnya standar seukuran pinggang hingga longline.
  • Beberapa jaket bomber bahkan ada juga yang dilengkapi dengan tudung kepala (hoodie).
  • Jaket bomber rata-rata berdesain tebal dan terkesan berat sehingga anda yang bertubuh gemuk harus berhati-hati saat memakainya.

Kain Mayer

Sumber : https://www.blanja.com/

Tertarik untuk membuat jaket bomber dengan pola yang sudah jadi?. Anda bisa mendownload pola jaket bomber dari kami Di Sini. Pola jaket bomber ini dibuat untuk konsumsi rumahan dimana pola dalam bentuk file PDF. Berikut standar ukuran untuk jaket bomber di Fitinline.

Ukuran Jaket Bomber

Simak juga pembahasan mengenai 6 Inspirasi Penggunaan Jaket Bomber kalau anda mau tampil lebih fashioanble dengan model jaket yang satu ini.

3. Jaket Parka

Jaket parka termasuk ke dalam jenis jaket pria maupun jaket wanita yang memiliki tampilan seperti coat dan beberapa diantaranya dilengkapi tali serut di bagian pinggang. Mulanya jaket ini dipakai orang Eskimo untuk melindungi tubuh dari suhu ekstrem namun kemudian juga dikembangkan untuk keperluan fashion.

Kain Mayer

Sumber : https://www.maskoolin.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket parka dengan jenis jaket yang lainnya yaitu:

  • Jaket parka merupakan model jaket pria dan jaket wanita yang tampilannya sepintas tampak menyerupai coat.
  • Jaket parka biasanya berpotongan besar dan panjang hingga mencapai lutut.
  • Jaket parka umumnya dilengkapi dengan tudung bulu berlapis (hoodie) untuk melindungi bagian kepala agar tetap hangat.
  • Jaket parka berkantung banyak.
  • Di luar negeri jaket parka biasanya digunakan saat musim dingin tiba.
  • Beberapa jaket parka ada juga yang dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang untuk mengatur besar kecilnya jaket sesuai ukuran tubuh pemakainya.

Sebagai pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish jaket parka pada prinsipnya dapat dipakai untuk kesempatan casual maupun semi formal. Bukan hanya itu saja tapi jaket parka ini juga sangat cocok digunakan untuk pelengkap kebutuhan fashion pria dan wanita dari berbagai kalangan usia.

Sama halnya dengan trench coat jaket parka juga termasuk salah satu item yang versatile (mudah dipadu padan). Kunci mengenakan jaket parka yaitu keseimbangan baik secara siluet ataupun tampilan. Kesimpulannya coba memadukan jaket parka yang longgar dengan fashion item yang pas badan.

  • Jaket parka yang bersiluet besar dan boxy bisa dipadukan dengan celana panjang yang berpotongan lurus.
  • Selain itu jaket parka juga dapat dikenakan degan rok pensil. Kesan kontras yang timbul antara parka dan rok pensil juga bisa memberikan tampilan yang unik.
  • Pilihan kombinasi yang tepat seperti t-shirt dengan skinny jeans berwarna hitam dapat memaksimalkan penampilan anda saat menggunakan jaket parka.
  • Untuk memunculkan sisi stylish dan keren jaket parka juga bisa dipadupadankan dengan t-shirt polos dan joger pants.
  • Jaket parka untuk wanita yang dipadupadankan dengan hot pants dan t-shirt akan membuat penampilan anda jadi tampak makin modis.

Kain Mayer

Sumber : https://shopee.co.id/

Ingin membuat jaket parka sendiri tapi bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Bila anda masih menemukan kesulitan ketika membuat pola jaket pria dan jaket wanita dengan model parka anda bisa mendownload pola jaket parka dari kami Di Sini. Berikut standar ukuran jaket parka di Fitinline. 

Ukuran Jaket Parka

Simak juga pembahasan mengenai Cara Mudah Memilih dan Membuat Jaket Parka Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda kalau anda lebih suka membeli jaket siap pakai untuk pelengkap gaya penampilan.

4. Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker merupakan sebuah jaket yang dapat digunakan untuk menahan terpaan angin dan hujan rintik. Dengan karakteristik bahannya yang tidak terlalu tebal dan tipis jaket ini sangat cocok digunakan pada saat pendakian di musim kemarau, untuk mencegah masuknya angin ke bagian badan.

Kain Mayer

Sumber : https://www.independenttradingco.com/

Beberapa ciri paling khas yang membedakan jaket windbreaker dengan jenis jaket pria dan jaket wanita yang lainnya yaitu:

  • Jaket windbreaker tidak memiliki seemsheeld atau perisai jahitan pada jahitan sambungan bahan maupun resleting.
  • Untuk membedakan jaket waterproof dan windbreaker anda bisa memegang dan menggesekkan bahan, jika licin maka jaket tersebut berarti merupakan jaket windbreaker.
  • Selain digunakan untuk mendaki gunung, jaket windbreaker juga cocok dipakai untuk aktifitas harian mulai latihan lari, bersepeda ataupun touring.
  • Model jaket windbreaker juga cukup variatif sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera dari masing-masing penggunanya.
  • Pada model jaket windbreaker biasanya terdapat tali elastis yang dipasangkan di bagian pinggang dan pergelangan tangan. Beberapa kadang juga dilengkapi dengan tudung (hoodie) yang dilepas.

Banyak model jaket windbreaker yang memiliki kantong besar di bagian dalam maupun bagian luarnya sehingga memungkinkan pemakainya untuk melindungi barang-barang penting yang mereka bawa dari terpaan angin maupun hujan. Tapi bisa juga hal ini justru membuat jaket jadi lebih berat.

Khusus untuk anda yang ingin membeli jaket windbreaker tapi masih bingung bagaimana cara memilihnya maka ada baiknya perhatikan beberapa hal penting sebagai berikut.

  • Perhatikan fitur-fitur ekstra dalam sebuah jaket windbreaker. Supaya jaket windbreaker yang anda pilih tidak semakin berat sebaiknya pilih yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Untuk memilih jaket windbreaker dengan hoodie, pastikan bisa disesuaikan dengan kepala.
  • Sebaiknya pilih jaket windbreaker yang pas di badan, jangan terlalu sempit dan jangan terlalu longgar karena akan menyulitkan saat memakai pakaian berlapis.
  • Sebelum membeli jaket windbreaker biasakan untuk selalu mencobanya dahulu, lalu rasakan apakah jaket tersebut nyaman dipakai.
  • Perhatikan bagian resleting karena angin mudah menyusup. Untuk mengantisipasi al tesebut pastikan bagian dalam ritsleting jaket windbreaker memiliki lapisan penutup.

Tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan jaket, kain mayer pada prinsipnya juga sangat cocok jika dipakai untuk pembuatan dalaman rompi, tas dan alas karpet karena sifat kainnya yang waterresistant tidak dapat ditembus air jika jumlahnya tidak terlalu banyak.

Merawat Pakaian Berbahan Mayer

Berencana untuk membuat pakaian dari bahan kain mayer tapi masin bingung memikirkan cara perawatannya?. Untuk merawat pakaian berbahan mayer anda bisa mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Pisahkan pakaian berbahan mayer dari jenis pakaian lain seperti halnya celana jeans dan juga kaos.
  2. Kain mayer secara umum memiliki karakteristik yang cenderung tipis jadi saat anda ingin mencucinya lebih baik langsung di rendam dalam air berisi detergent cair dan di kucek.
  3. Bila anda ingin mencuci pakaian berbahan mayer dengan menggunakan mesin cuci sebaiknya gunakan detergent cair yang tidak terlalu keras.
  4. Setelah selesaimelakukan pencucian cukup peras pakaian dengan menggunakan tangan, menggunakan pengering otomatis juga bisa.
  5. Hindari menjemur pakaian berbahan mayer di bawah terik matahari karena akan membuat bahan mengkilap. Sebagai gantinya cukup jemur di tempat yang teduh dan berangin hingga benar-benar kering.
  6. Setrika pakaian berbahan mayer saat kondisinya sudah benar-benar kering, jika anda menyetrikanyay dalam keadaan lembap dikhawatirkan akan membuat kain jadi cepat bau.
  7. Simpan pakaian berbahan mayer di tempat yang bersih dan bebas dari lembab, jika anda menyimpannya terlalu lama dalam keadaan lembap yang ada bahannya akan menjamur dan sobek.

Demikian pembahasan singkat mengenai ciri khas kain mayer, kelebihan dan kekurangan kain mayer serta pemanfaatannya dalam industri fashion. Kalau sahabat Fitinine mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait bahan kain yang lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.