Article

Homepage Article Fashion Design Hindari 6 Hal Berikut Ketika…

Hindari 6 Hal Berikut Ketika Anda Memakai Jaket Denim

Sering mengenakan jaket denim sebagai pelengkap gaya busana anda?. Untuk memaksimalkan gaya penampilan anda sebaiknya hindari beberapa kesalahan dalam memakai jaket denim pria dan jaket denim wanita yang masih sering dilakukan oleh banyak orang seperti contoh berikut.

Pengertian Jaket Denim

Jaket denim merupakan sejenis jaket berbahan kain denim yang selalu berhasil memberikan kesan keren pada tampilan penggunanya. Jauh sebelum digunakan secara luas seperti sekarang, konon jaket denim lebih dulu dijual dan dipakai untuk pakaian kerja lapangan terutama bagi para pekerja di lingkungan tambang.

Jaket Denim

Sumber : https://www.calvinklein.com.au/

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada jaket denim pria dan jaket denim wanita diantaranya:

  • Jaket denim didesain secara khusus sehingga mampu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.
  • Jaket denim biasanya memiliki kancing sebagai penutup bukaan jaket mulai dari dari ujung bawah sampai bagian leher jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Pada jaket denim standar terdapat kerah yang berfungsi untuk melindungi leher.
  • Selain itu jaket denim biasanya juga dilengkapi dengan dua buah saku di bagian dada kanan dan dada kiri.
  • Entah itu dipadupadankan dengan kemeja, dress, blouse bahkan kaos oblong sekalipun, jaket denim pasti selalu punya pesonanya sendiri.

Jaket Denim

Sumber : https://www.qoo10.sg/

Kesalahan Memakai Jaket Denim

Berkeinginan untuk mengenakan jaket denim sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk seperti salah dalam memilih dan memadupadankan jaket, berikut kami bagikan beberapa hal penting yang harus dihindari jika anda ingin memakai jaket denim.

1. Memilih Model Yang Salah 

Hal paling utama yang harus anda perhatikan jika ingin tampil keren dengan jaket denim jangan sampai salah memilih model jaket denim pria dan jaket denim wanita. Lebih baik pertimbangkan dulu konstruksi jaket dan bayangkan penampilan macam apa yang hendak anda hadirkan dengan jaket denim tersebut.

Jaket Denim

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jika anda lebih suka tampil simple, anda bisa mencoba jaket denim yang memiliki potongan sederhana supaya lebih mudah untuk dipadupadankan dengan outfit sehari-hari. Tapi kalau anda mau tampil sedikit beda anda bisa memilih jaket denim yang memiliki potongan unik dan lebih modern.

Berdasarkan fungsi dan tujuan pemakaiannya, berikut beberapa contoh model jaket denim modern yang bisa anda pilih untuk menyempurnakan penampilan.

  • Jaket Denim Trucker

Jaket denim trucker menjadi salah satu bagian dari tiga tipe otentik jaket Levi’s. Dengan potongannya yang simple jaket ini menjadi pilihan yang sangat pas untuk dikenakan saat hangout.

Jaket Denim

  • Jaket Denim Cropped

Jaket denim croped secara umum memiliki bentuk yang sangat khas yakni berpotongan pendek dan jika dikenakan jatuhnya menggantung tepat di atas pusar alias mengekspos perut pemakainya.

Jaket Denim

  • Jaket Denim Coat

Jaket denim coat dengan potongan cukup panjang layaknya sebuah coat atau mantel bisa menjadi alternatif pilihan berikutnya yang dipakai di musim dingin.

Jaket Denim

  • Jaket Denim Oversized

Jaket denim oversized termasuk ke dalam jenis model jaket yang memiliki potongan sangat longgar alias kebesaran. Jaket ini cocok dipakai untuk menampilkan kesan santai dan cuek.

Jaket Denim

  • Jaket Denim Riped

Jaket denim riped merupakan model jaket yang memiliki aksen sobek di beberapa bagian. Jaket yang terkesan tampak usang ini bisa menjadi pilihan yang keren untuk tampil gaya ala rock and roll.

Jaket Denim

  • Jaket Denim Vest

Jaket denim vest memiliki ciri paling menonjol yakni dibuat tanpa tambahan lengan. Jaket denim pria dan jaket denim wanita dengan model vest ini sangat cocok diandalkan saat udara sedang panas.

Jaket Denim

  • Jaket Denim Tanpa Kerah

Jaket denim tanpa kerah merupakan model jaket denim yang bisa dikenakan sebagai pelapis dalam ketika mengenakan coat panjang terutama saat musim dingin.

Jaket Denim

  • Jaket Denim Kerah Flanel

Jaket denim dengan kerah flanel akan memberi kesan country atau pedesaan. Model jaket yang satu ini sangat cocok dipakai oleh anda yang ingin mencari penampilan tradisonal.

Jaket Denim

  • Jaket Denim Shearling

Jaket denim shearling memiliki ciri khas berupa detail berbulu halus pada bagian dalamnya. Bulu-bulu tersebut siap memberikan kehangatan ekstra jadi sangat cocok dipakai saat udara sedang dingin.

  • Jaket Denim Kerah Bulu

Jaket denim dengan kerah bulu yang keren dan trendy dapat dijadikan sebagai jaket penghangat tubuh bagi anda yang kerap bekerja di luar ruangan dengan cuaca tak bersahabat.

Jaket Denim

2. Salah Memilih Ukuran Jaket

Salah memilih ukuran jaket tidak hanya membuat penampilan jadi kurang menarik tetapi juga berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan seseorang saat mengenakan jaket. Maka dari itu jika anda ingin mengenakan jaket denim sebaiknya pilihlah jaket denim yang sesuai dengan ukuran tubuh anda.

  • Usahakan untuk memakai ukuran jaket denim pria dan jaket denim wanita yang pas supaya lengan jaket tidak terasa sempit ketika dipakai.
  • Saat membeli sebuah jaket denim lihat dulu label yang tertera pada produk tersebut agar anda tidak salah dalam memilih ukuran.  
  • Jangan pernah berani membeli sebuah jaket denim kalau tidak memiliki keterangan size atau ukuran yang lengkap, bahkan tidak memiliki keterangan size sama sekali.

Beberapa bagian tubuh yang perlu diukur ketika anda hendak membeli jaket denim pria dan jaket denim wanita diantaranya:

  • Bagian Leher

Untuk menentukan ukuran jaket yang pas, anda bisa memulainya dengan mengukur bagian lingkar leher. Beri sedikit jarak antara kulit dan bagian kerah agar jaket lebih nyaman saat dipakai.

  • Bagian Lengan

Selesai mengukur bagian leher selanjutnya ukur diameter lengan dan panjang lengan mulai dari pundak hingga pergelangan tangan. Biar lebih mudah ambil contoh dari salah satu jaket yang biasa anda pakai.

  • Bagian Dada

Bagian dada menjadi bagian berikutnya yang harus diukur ketika hendak membeli jaket denim. Dalam hal ini pastikan postur tubuh anda berada dalam posisi berdiri tegak.

  • Bagian Pinggang

Bagian pinggang menjadi bagian terakhir yang harus diukur untuk menentukan panjang jaket.

Jaket Denim

Sumber : https://bravestarselvage.com/

3. Salah Memilih Material Jaket

Kurang memperhatikan material jaket kelihatannya memang terkesan sepele, tapi hal ini justru akan sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan jaket saat digunakan. Oleh sebab itu untuk mendapatkan penampilan yang sempurna mulailah memperhatikan material jaket yang anda pakai.

Jaket Denim

Sumber : https://fitinline.com/

Salah satu kelebihan jaket denim yang berkualitas bagus yaitu terasa dingin di kulit serta nyaman ketika digunakan. Selain nyaman, memilih jaket denim pria dan jaket denim wanita dengan material terbaik juga akan membuatnya lebih awet.

  • Kalau anda ingin memakai jaket denim hanya sebagai outer saja, sebaiknya pilih jaket denim dengan material lembut, ringan dan tidak terlalu tebal.
  • Tapi kalau anda mencari sebagai pelindung badan dari angin, maka anda bisa mencoba untuk memilih material selvedge denim yang kualitasnya lebih bagus.

Selvedge denim sendiri merupakan sebuah istilah yang biasa digunakan untuk mendefinisikan finishing tepian kain denim yang bertuliskan kode merk atau motif dari sebuah produk kain. Dimana arti dari selvedge itu sendiri adalah “sebuah tepi tenun yang dianyam”.

Dibandingkan dengan jenis bahan denim yang lainnya, kain selvedge denim pada dasarnya termasuk kedalam jenis kain berkualitas unggul. Kain denim yang dibuat dengan teknik penyelesaian seperti ini biasanya memiliki hasil tenunan yang lebih rapat dan lebih berat.

4. Salah Memakai Warna Jaket

Hindari kebiasaan memilih jaket denim hanya berdasarkan warna yang anda sukai. Kalau mau aman sebaiknya kenakan jaket yang berwarna netral agar lebih mudah dipadupadankan dengan keseluruhan outfit atau sesuaikan jaket denim dengan warna rambut.

  • Dari sekian banyak warna yang ada, warna biru tua (indigo) bisa menjadi pilihan jaket denim yang pertama. Jaket denim dengan warna biru tua ini akan membuat tampilan anda jadi terlihat klasik.
  • Untuk  alternatif yang kedua anda bisa mengenakan jaket yang warnanya kontras dengan jaket yang biasa anda pakai sehari-hari, misal jaket denim dengan efek washed.
  • Kalau mau mendapatkan tampilan yang variatif anda bisa juga memakai jaket denim yang diproduksi dengan warna biru muda, navy dan navy tua.

Jaket Denim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Memadupadankan Jaket Secara Asal

Jangan pernah memadupadankan jaket denim dengan  item fashion lain yang berbahan sama kecuali jika keduanya memiliki tekstur dan intensitas warna yang berbeda. Bila anda sudah  memakai jaket denim warna biru itu artinya jangan kenakan celana jeans yang berwarna biru juga. 

  • Untuk menghindari kesan yang terkesan menumpuk sebaiknya kenakan jaket denimdengan inner atau baju dalam yang berwarna polos dan tidak terlalu tebal.
  • Bila anda ingin mengombinasikan jaket denim dan fashion item lain yang berbahan sama sebaiknya pilih kombinasi tekstur dan warna yang berbeda.
  • Celana jeans yang memiliki warna super gelap dan jaket denim lusuh yang berwarna terang merupakan salah satu contoh kombinasi yang sempurna.

Jika anda ingin mengkombinasikan jaket denim pria dan jaket denim wanita dengan celana jeans yang memilki nuansa warna hampir sama sebaiknya pilih celana jeans yang berbahan lebih berat dan jaket denim yang lebih ringan bukan sebaliknya.

Berdasarkan ukuran beratnya kain denim yang dapat dijadikan sebagai bahan jaket dan celana jeans sendiri secara umum dapat dibedakan kedalam tiga kategori, yakni berupa lightweight denim, midweight denim dan heavyweight denim.

  • Lightweight denim (denim ringan) di bawah 12 Oz.
  • Midweight denim di antara 12 dan 16 Oz.
  • Heavyweight denim (denim berat) di atas 16 Oz.

Oz merupakan ukuran ketebalan denim sedangkan angka-angka yang tertera di depan Oz menunjukkan berat satu yar/yard kain yang digunakan.

  • Secara mudahnya Oz = ounce = auns = ukuran berat. Dimana 1 Oz = 28.3495 gram.
  • Semakin kecil Oz denim maka semakin lemas karakteristik kainnya, sebaliknya semakin besar Oz denim maka semakin kaku tekstur kainnya.

6. Mengikuti Gaya Yang Monoton

Sekalipun anda termasuk orang yang suka tampil simple sebaiknya jangan mengikuti gaya yang itu-itu saja setiap harinya. Untuk mengantisipasi hal tersebut usahakan untuk terus berinvoasi dan juga mengikuti tren fashion yang sedang berkembang supaya gaya penampilan anda jauh dari kesan monoton.

  • Buat anda yang selama ini sudah sering memakai jaket denim dengan kaos polos sesekali anda wajib mencoba untuk memadupadankan jaket denim dengan stripes t-shirt atau kaos bergaris.

Jaket Denim

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Khusus untuk anda para muslimah anda bisa memadukan jaket denim dengan bawahan rok lipit model maxi. Padupadan yang simple seperti ini akan membuat anda terlihat tetap sopan dan feminim.

Jaket Denim

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Untuk menampilkan kesan smart casual anda bisa memadupadankan jaket denim dengan kaos dan celana chino. Supaya lebih rapi anda bisa juga masukkan ujung kaos ke dalam celana.

Jaket Denim

Sumber : https://buttondownvintej.com/

Lebih tertarik untuk membuat jaket denim sendiri untuk keperluan pribadi?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Denim yang paling umum dipakai untuk suasana kasual dari kami Di Sini. Berikut standar ukuran untuk jaket denim di Fitinline.

Ukuran Jaket Denim

Kalau anda ingin membuat jaket denim sendiri tapi masih bingung harus memilih bahan kain yang seperti apa maka anda bisa memilih satu diantara beberapa pilihan Kain Denim yang ada di katalong kain kami.

Sama halnya seperti bahan jaket yang lain, kain denim pada prinsipnya juga memiliki sejumlah kelebihan tersendiri. Untuk mengetahui lebih lengkap lagi tentang kelebihan dari kain denim anda bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Tenunan kain denim merupakan salah satu jenis kain yang terbilang kuat, tahan lama dan tidak mudah rusak. Buktinya  dimasa lalu kain denim ini banyak digunakan oleh pakaian lapangan bagi para pegawai tambang.

2. Nyaman Saat Dikenakan

Selain bahannya kuat dan tahan lama kain denim juga sangat nyaman digunakan untuk beraktifitas dan dipasangkan dengan berbagai jenis baju serta aksesoris yang menarik.

3. Bersifat Menghangatkan

Kain denim juga terbilang cocok untuk berbagai kegiatan yang dilakukan di musim dingin. Hal ini disebabkan karena jenis kainnya yang relatif tebal.

4. Tampak Elegan Saat Dipakai

Kain denim memiliki tampilan yang terlihat elegan dan indah. Dengan tampilan yang sedemikian eksklusif kain denim dapat meningkatkan rasa percaya diri pada pemakainya.

5. Tidak Mudah Sobek

Kain denim tidak mudah sobek ketika dikenakan karena model dan teksturnya yang tebal. Jadi bila anda menggunakan kain denim sebagai bahan jaket tingkat keamanan pada kulit dan goresan akan dapat diatasi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa kesalahan yang harus anda hindari ketika memakai jaket denim. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan jaket denim sebaiknya selalu utamakan kenyamanan dan pilih model serta material yang sesuai dengan aktifitas sehari-hari.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan jaket yang tepat sesuai kebutuhan. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik yang dapat dijadikan referensi dalam memilih dan memadupadankan model busana lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.