Article

Homepage Article Fashion Muslim Kenali Ciri-Ciri Bahan Gamis…

Kenali Ciri-Ciri Bahan Gamis Syar'i Yang Nyaman dan Berkualitas

Kenyamanan dalam berbusana tidak hanya dipengaruhi oleh kesesuaian model dan ukuran sebuah pakaian tetapi juga bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya. Karena alasan itulah untuk anda yang mau membeli atau membuat gamis, ada baiknya kenali dulu seperti apa ciri-ciri bahan gamis syar'i yang adem dan berkualitas. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Gamis Syar'i

Gamis syar’i termasuk ke dalam salah satu jenis pakaian yang didesain dengan model panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari dada sampai mata kaki. Untuk urusan desain atau modelnya gamis sendiri dapat dibuat dalam berbagai macam variasi yang beragam, sebut saja:

  • Gamis dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis lengan lonceng yang memiliki lengan mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan.
  • Gamis full kancing yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depannya.
  • Gamis layering yang memiliki aksen bertumpuk pada bagian badannya.

Gamis Syar'i

Sumber : https://shopee.co.id/

Tak hanya desainnya saja yang bervariasi, gamis syar’i inipun umumnya juga dapat dijumpai dalam berbagai jenis bahan yang berbeda. Tapi kalau anda mau mendapatkan gamis yang sejuk dan nyaman dipakai seharian, setidaknya bahan yang digunakan harus terasa dingin di kulit dan mudah menyerap keringat.

Gamis Syar'i

Sumber : https://shopee.co.th/

Bahan Gamis Syar'i Yang Nyaman

Butuh rekomendasi bahan kain yang bagus untuk membuat gamis syar’i?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana maka anda bisa memilih bahan gamis syar’i yang memiliki ciri-ciri berikut.

1. Mudah Menyerap Keringat

Pertama bahan gamis syar’i yang adem umumnya memiliki daya serap keringat cukup baik dan tidak menimbulkan rasa gerah walau dipakai dalam waktu lama.

  • Bahan gamis yang mudah menyerap keringat akan membuat anda nyaman saat melakukan banyak aktifitas.
  • Bahan gamis yang mudah menyerap keringat juga sangat cocok dengan iklim Indonesia yang cenderung panas.

2. Serat Kainnya Halus dan Lembut

Tak hanya sekadar memiliki daya serap keringat yang baik, bahan gamis syar'i yang adem biasanya juga memiliki handfeel yang halus, lembut, tidak kasar ataupun kakusaat bersentuhan dengan permukaan kulit.

3. Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik

Bahan gamis syar’i yang adem kebanyakan memiliki pori-pori yang memudahkan terjadinya sirkulasi udara dan menjadikan kulit mudah bernapas, sehingga tidak membuat alergi atau membuat kulit iritasi.

4. Bahannya Tidak Terlalu Tebal

Untuk meminimalisir rasa gerah bahan gamis syar’i yang adem biasanya dibuat tidak terlalu tebal, tapi tetap memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari panas matahari.

5. Ringan Tapi Tidak Menerawang

Bahan gamis syar’i yang adem umumnya memiliki tampilan yang ringan namun tidak tembus pandang atau menerawang. Dengan begitu saat digunakan sebagai bahan pakaian tidak perlu lagi menambahkan furing sebagai dalamannya.

6. Memiliki Kandungan Serat Alami

Bahan gamis syar’i yang adem biasanya terbuat dari 100% serat alami dan ada juga yang terbuat dari campuran sintetis. Walaupun namun prosentase serat alaminya kebanyakan lebih besar.

Untuk pilihan bahannya beberapa contoh bahan kain yang memenuhi syarat tersebut di antaranya:

  • Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam jenis bahan kain yang terkenal sangat ringan, adem, nyaman dipakai dan memiliki daya serap keringat cukup tinggi jadi wajar jika gamis syar’i yang terbuat dari katun sangat adem ketika digunakan.

Untuk membuat gamis syar’i yang berkualitas, kain katun inipun dapat dibedakan lagi dalam berbagai jenis kain yang berbeda-beda. Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 7 Jenis Bahan Katun Terbaik Untuk Membuat Gamis Wanita.

  • Kain Rayon

Kain rayon umumnya memiliki tekstur halus, dingin dan sangat mudah menyerap keringat, jadi memang sangat ideal untuk bahan gamis syar’i di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia.

  • Kain Linen

Kain linen merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat alami tumbuhan linen. Karakteristik kainnya yang adem, tidak begitu kaku, halus, lembut dan jatuh akan membuat anda nyaman saat memakainya.

  • Bahan Wolfis

Bahan wolfis bagus dipakai untuk membuat gamis syar'i karena sangat adem dan nyaman ketika digunakan. Dengan ketebalannya yang ideal, gamis dari bahan wolfis juga sangat cocok digunakan untuk santai.

  • Kain wolfis mempunyai tekstur yang hangat, namun tetap terasa adem ketika digunakan untuk beraktifitas.
  • Kain wolfis cenderung mudah menyerap keringat dan mempunyai karakter ringan sebagai kain.
  • Kain Balotelli

Kain balotelli merupakan sejenis bahan kain yang memiliki tekstur sangat khas yakni tampak seperti kotak-kotak kecil. Karakteristik kainnya yang jatuh, halus, adem dan tidak mudah kusut sangat cocok digunakan untuk membuat gamis syar'i.

  • Bahan Kaos

Bahan kaos menjadi pilihan bahan berikutnya yang ideal untuk membuat gamis syar'i. Dalam hal ini bahan kaos yang dimaksud antara lain berupa kain cotton combed, cotton carded, cotton slub, cotton spandex, cotton tri-blend, cotton bamboo, cotton supima maupun hyget.

  • Kain Jersey

Kain jersey merupakan kain yang memiliki tekstur licin, mengkilap, bersifat sangat elastik dan fleksibel. Walau  bhannya cenderung tipis namun kainnya sendiri memang terasa dingin di kulit dan mudah menyerap keringat.

Sebagai bahan dasar pembuatan gamis, kain jersey sendiri hadir dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda. Beberapa bahan jersey yang dimaksud antara lain berupa jersey rayon, jersey crepe, jersey high twist, jersey ITY hingga jersey stella.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah ciri-ciri bahan gamis syar’i yang adem dan berkualitas tinggi. Dengan mengetahui hal tersebut semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan bahan gamis yang tepat dan paling sesuai dengan kebutuhan anda.

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat gamis wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Gamis yang kami miliki.

Untuk anda yang ingin membuat gamis sendiri anda juga bisa mendownload pola gamis siap pakai dari kami. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.