Article

Homepage Article Kain Karakteristik Bahan Gabardin…

Karakteristik Bahan Gabardin dan Pemanfaatannya Dalam Industri Fashion

Mencari alternatif bahan kain yang bagus untuk membuat celana, seragam sekolah, rok wanita, jas almamater maupun seragam kantor?. Kalau anda ingin mendapatkan bahan kain yang memiliki tampilan cukup khas dan berbeda dari bahan pada umumnya, mungkin ada bisa memanfaatkkan bahan gabardin sebagai material utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bahan Gabardin

Bahan gabardin termasuk ke dalam jenis kain tekstil berkualitas tinggi yang memiliki ciri khas berupa garis-garis berbentuk diagonal pada bagian permukaannya dan jika dilihat secara sepintas tampak mirip sekali dengan kain twill ataupun kain drill. Meski tampak mirip namun kerapatan bahan gabardin sebenarnya sedikit lebih renggang.

Bahan Gabardin

Sumber : https://fitinline.com/

Hanya dengan melihat bentuk fisiknya banyak juga orang yang mengira jika garbadine dan kain wool 100 % diciptakan dari bahan yang sama. Padahal bahan gabardin sebenarnya dapat dibuat dari polyester, wool, katun, rayon, sutra atau campuran serat lainnya. Bisa juga dibuat dari serat-benang yang telah dicelup atau diwarnai.

Bahan Gabardin

Sumber : https://id.wikipedia.org/

Sejarah Bahan Gabardin

Catatan sejarah menyebutkan bahan gabardin konon pertama kali ditemukan pada tahun 1879 oleh Thomas Burberry, pendiri rumah mode Burberry di Basingstoke, Hampshire, Inggris dan dipatenkan pada tahun 1888. Ide awalnya Thomas Burberry ingin menciptakan kain serbaguna yang tahan lama dalam pemakaiannya.

Bahan gabardin aslinya termasuk ke dalam jenis kain yang tahan air dan biasa dibuat dari benang-benang wol atau kapas yang ditenun dengan kerapatan tinggi. Sedangkan nama gabardin sebenarnya diambil dari kata “gaberdine”, sejenis jubah panjang atau longgar yang dikenakan di Abad Pertengahan sebagai baju pelindung.

Untuk membuat bahan gabardin Burberry mengandalkan pemakaian worsted wool (benang wol qualitas tinggi) yang dianyam dengan teknik tenunan kepar (twill). Tenunan yang dihasilkanpun relatif halus atau rata pada satu sisi dan tampak bergaris kepar pada sisi yang lainnya.

Dari yang awalnya dibuat dari material wool, bahan gabardin yang diciptakan dari serat campuran seperti kapas maupun serat sintetis pun kemudian menjadi sangat populer. Penambahan serat selain wool sendiri biasanya dilakukan untuk mendapatkan bahan kain dengan karakteristik tertentu misal memiliki kilau yang  lebih baik.

Karakteristik Bahan Gabardin

Tidak jauh berbeda dengan bahan pakaian yang lainnya bahan gabardin secara umum memiliki karakteristik khusus yang mungkin tidak dapat dijumpai pada bahan lain. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan menemukan bahan gabardin yang berkualitas kenali ciri khas dari bahan gabardin yang membedakannya dengan bahan lain.

Beberapa karakterstik paling khas yang menjadikan bahan gabardin sangat cocok digunakan untuk berbagai macam produk pakaian diantaranya:

  • Bahan gabardin umumnya memiliki tekstur yang unik dan berbeda dengan bahan kain lainnya.
  • Bahan gabardin memiliki ciri khas berupa garis-garis berbentuk diagonal pada permukaan kainnya.
  • Bila dilihat secara sekilas bahan gabardin sangat mirip dengan kain twill, namun kerapatan kainnya lebih renggang.
  • Bahan gabardin cukup tebal namun cenderung ringan jadi sangat cocok dipakai untuk membuat berbagai produk pakaian.
  • Bahan gabardin memiliki anyaman benang yang sangat kuat dan sangat awet meski digunakan dalam jangka waktu lama.
  • Bahan gabardin memiliki kecenderungan stabil dalam bentuknya dan tidak mudah berkerut asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.
  • Untuk masalah harga, bahan gabardin bisa dijumpai dalam berbagai macam variasi tergantung kualitas dan bahan dasar yang menyusun gabardin itu sendiri.

Kain gabardin cenderung kuat dan tahan lama karena dibuat dengan teknik anyaman kepar. Teknik anyaman kepar sendiri secara umum dilakukan dengan cara menyilangkan benang pakan dibawah benang lungsi, dengan titik pertemuan antara kedua benang berjalan miring pada tenunannya.

Tekstur gabardin yang unik dan berbeda dengan bahan umumnya, diperoleh melalui proses khusus “clear-finish” yaitu dengan menggunting atau menggosongkan bulu-bulu halus pada permukaan kain. Karena alasan itulah tidak mengherankan jika bahan gabardin umumnya memiliki permukaan yang halus dan lembut.

Pemanfaatan Bahan Gabardin

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri sandang, bahan gabardin akan sangat cocok jika digunakan untuk membuat berbagai macam produk pakaian yang mengedepankan tampilan rapi dan profersional. Beberapa produk fashion yang dimaksud antara lain berupa celana, seragam sekolah, rok wanita, jas almamater serta seragam kantor.

1. Celana

Celana menjadi salah satu produk pelengkap sandang yang cukup banyak dibuat dari bahan gabardin. Tidak hanya terbatas pada celana pria atau celana wanita saja tetapi bahan gabardin ini secara umum juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam model celana yang diperuntukan bagi keduanya.

  • Bahan gabardin dapat digunakan untuk membuat berbagai macam model celana baik itu celana formal maupun casual.
  • Celana untuk wanita biasa disebut dengan slack sedangkan celana untuk pria biasa disebut dengan pantalon.

Bahan Gabardin

Sumber : https://www.cordings.co.uk/

Tertarik untuk membuat celana pria dan celana wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis anda bisa mendownload pola celana siap pakai dari kami.

2. Seragam Sekolah

Seragam sekolah dikenal sebagai salah satu jenis pakaian wajib yang harus dikenakan oleh para pelajar ketika berada di lingkungan sekolah. Beberapa contoh seragam sekolah yang banyak menggunakan bahan gabardin sebagai material utamanya yaitu:

  • Seragam SD

Seragam sekolah yang dibuat untuk para siswa SD umumnya terdiri dari kemeja warna putih yang dipadukan dengan rok warna merah untuk pelajar perempuan dan celana warna merah untuk pelajar laki-laki.

Khusus untuk pelajar perempuan rok yang digunakan umumnya merupakan rok yang banyak dihias dengan detail lipit pipih.

  • Lipit pipih sendiri merupakan jenis lipit yang diciptakan dari satu garis lipatan dan satu garis peletakan.
  • Arah lipatan dari lipit pipih ini biasanya selalu dibuat sama, sedangkan untuk variasinya bisa juga diciptakan dua kelompok lipit yang arahnya berlawanan.

Bahan Gabardin

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Berencana untuk membuat seragam SD sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload pola rok dan celana seragam SD dari kami.

  • Seragam SMP

Seragam yang dibuat untuk para siswa SMP umumnya terdiri dari kemeja warna putih yang dipadukan dengan rok warna biru untuk pelajar perempuan dan celana warna biru untuk pelajar laki-laki.

Khusus untuk pelajar perempuan rok yang digunakan umumnya merupakan rok yang dihias dengan dua lipit hadap di bagian depan.

  • Lipit hadap merupakan jenis lipit yang mempunyai dua garis lipatan dan kedua garis lipatan tersebut bertemu pada garis penempatan lipit (bagian tengah lipit).
  • Dua lipatan dari setiap lipit yang dihasilkan saling berhadapan dan harus bersinggungan.
  • Lipatan yang dihasilkan di belakang tepinya saling membelakangi.

Bahan Gabardin

Sumber : http://smpcahayaharapanbekasi.sch.id/

Berencana untuk membuat seragam SMP sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload pola rok dan celana seragam SMP dari kami.

  • Seragam SMA

Seragam yang dibuat untuk para siswa SMA umumnya terdiri dari kemeja warna putih yang dipadukan dengan rok warna abu untuk pelajar perempuan dan celana warna abu untuk pelajar laki-laki.

Khusus untuk pelajar perempuan rok yang digunakan umumnya merupakan rok yang dihias dengan satu lipit hadap di bagian tengah depan. Selain memperindah tampilan seragam sekolah lipit tersebut juga memiliki fungsi penting untuk menambah kelonggaran pakaian.

Bahan Gabardin

Sumber : https://kids.woffi.co.id/

Berencana untuk membuat seragam SMA sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload pola rok dan celana seragam SMA dari kami.

3. Rok Wanita

Busana penutup tubuh bagian bawah yang dikenal dengan nama rok banyak juga yang dibuat dari bahan gabardin. Tidak hanya bagus digunakan untuk keperluan kerja, tapi rok yang diciptakan dari bahan gabardin bisa juga dipakai untuk hangout.

Bahan Gabardin

Sumber : https://www.ebay.com/

Beberapa jenis model rok yang dapat dibuat dari bahan gabardin antara lain berupa:

  • Rok dari pola dasar yang diciptakan tanpa lipit atau kerut seperti halnya pola dasar pada rok.
  • Rok span dan rok semi span yang didapat dari pengembangan model rok basic (rok dari pola dasar).
    • Rok span merupakan jenis rok wanita yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah.
    • Rok semi span memiliki ciri yang sangat khas yakni bagian sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.
  • Rok pias yang diberi nama tergantung jumlah pias atau potongan yang dibuat, misalnya rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.
  • Rok kembang yang bagian bawahnya lebar. Model rok wanita yang satu ini dapat dibagi lagi menjadi dua jenis yakni rok kembang bentuk setengah lingkar dan rok kembang bentuk lingkar penuh.
  • Rok lipit yang mempunyai garis-garis lurus dari pinggang ke bawah. Bergantung pada arah jatuhnya lipit model rok wanita ini bisa dibedakan lagi menjadi tiga jenis yakni:
    • Rok lipit pipih yang lipitannya dibuat searah seperti rok sekolah murid SD.
    • Rok lipit hadap yang lipitnya dibuat berhadapan sehingga lipatan yang dihasilkan di belakang tepinya saling membelakangi.
    • Rok lipit sungkup yang lipitannya dibuat berlawanan, misalnya kekanan dan kiri.

4. Jas Almamater

Sebagai simbol kehormatan dan kebanggan para mahasiswa, jas almamater bisa juga dibuat dari bahan gabardin. Untuk membedakannya dengan kampus lain, jas almamater yang dipakai di setiap kampus pun kebanyakan memiliki desain yang berbeda satu sama lain.

  • Kerah yang umum digunakan pada jas almamater yaitu berupa notch lapel, walaupun ada juga yang menggunakan jenis krah shanghai atau mandarin.
  • Saku pada jas almamater biasanya terdiri dari dua macam model, pertama saku vest dibagian atas dan yang kedua saku klep di bagian bawah.
  • Kancing jas almamater terdiri dari kancing dua baris dan tiga baris, tergantung dari desain institusi pendidikan.
  • Belahan yang ada pada bagian belakang jas almamater bisa dibuat dalam model single vent tetapi ada pula yang tidak menggunakan belahan sama sekali.
  • Desain lengan jas almamater biasanya dibuat licin supaya terkesan lebih formal, rapi dan lebih tegas.

Bahan Gabardin

Sumber : https://www.smartschoolwear.co.uk/

Tertarik untuk membuat jas almamater sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis anda bisa mendownload pola jas almamater siap pakai dari kami.

Pola jas almamater yang ada di Fitinline merupakan pola jas sederhana yang dibuat tanpa menggunakan teknik tailoring dan meminimalisasi penggunaan interlining sehingga pengerjaannya lebih mudah dan lebih cepat.

5. Seragam Kantor

Sebagai salah satu atribut kerja yang biasa dipakai oleh karyawan sebuah perusahaan, seragam kantor belakangan banyak juga yang memanfaatkan bahan gabardin. Selain difungsikan sebagai busana penutup tubuh, seragam kantor ini sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai identitas perusahaan.

Hal lain yang menjadi alasan mengapa keberadaan seragam menjadi sangat penting diantaranya:

  • Seragam kantor bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk membantu mempromosikan nama perusahaan dan menarik perhatian konsumen baru.
  • Penggunaan seragam kantor akan menjadikan perusahaan terlihat lebih profesional.
  • Sebagai penanda identitas personal, seragam kantor dapat digunakan untuk meningkatkan rasa bangga bagi karyawan yang mengenakannya.
  • Kepatuhan mengenakan seragam kantor menjadi cermin kedisiplinan dan penghargaan karyawan kepada perusahaan.

Butuh bahan bahan gabardin berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana, jas almamater dan produk pakaian lainnya?. Khusus untuk anda yang ingin membeli bahan gabardin secara online anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Gabardin (NGR) kami Di Sini.

Bahan gabardin yang di jual di Fitinline merupakan varian gabardin yang terbuat dari campuran serat poliester. Dengan karakteristik bahannya yang cukup unik kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat celana, seragam sekolah, rok, jas almamater dan seragam kantor.

Merawat Pakaian Gabardin

Berbicara mengenai teknik perawatannya, produk pakaian yang terbuat dari bahan gabardin biasanya selalu dibubuhi care label “dry clean only” sebagaimana tipikal pakaian yang dibuat dari kain wool. Tapi untuk saat ini ada juga beberapa pakaian berbahan gabardin yang bisa dibersihkan dengan mesin cuci putaran rendah.

Kalau pakaian yang anda memiliki kebetulan banyak mengandung serat wool, maka sangat disarankan untuk menggunakan teknik dry cleaning agar terhindar dari penyusutan dan kerusakan secara umum.

  • Pisahkan pakaian berbahan gabardin menurut warna, berat dan kandungan serat benangnya.
  • Lakukan proses pencucian sekitar 8 sampai 10 menit atau antara 15 sampai 18 menit dengan kelembaban yang rendah.
  • Terakhir keringkan pakaian berbahan gabardin pada suhu sekitar 60 derajat celcius.

Pakaian berbahan gabardin yang mengandung campuran serat wool atau sutra biasanya juga sangat sensitif terhadap sifat basa dari obat penghilang noda. Jadi untuk mencegah agar warnanya tidak luntur atau berubah, anda bisa membilas dan menyemprotnya dengan air atau uap kemudian menetralkannya dengan asam asetat 28 % atau formula tannin.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik bahan gabardin dan pemanfaatannya untuk produk pelengkap sandang yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain memiliki karakteristik yang sangat khas pemanfaatan bahan gabardin dalam industri sandang ternyata juga sangat luas ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.